cara cepat input data dengan mail merge di ms word



cara cepat input data dengan mail merge di ms word

salam semangat untuk terus belajar microsoft office word, kali ini kami akan berbagi tentang tutorial yang berjudul cara cepat input data dengan mail merge di ms word atau microsoft word, cara ini sangat penting namun banyak orang yang belum tahu tool yang satu ini, jika anda sering input data dengan program aplikasi ms word maka cara ini sangat cocok buat anda, seperti halnya input data siswa, data karyawan, data guru dan lain sebagainya. sehingga anda nanti cukup mengisi beberapa data hanya beberapa klik saja namun format file ms word anda harus sama dari segi menu-menunya seperti halnya formulir atau sejenisnya, untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti tutorial cara cepat input data dengan mail merge berikut ini:

cara cepat input data dengan mail merge di microsoft word

Ok langsung saja anda simak cara cepat input data dengan mail merge di ms word di bawah ini:
  1. Pertama yang perlu anda lakukan adalah silahkan anda buat data di ms word atau microsoft word terserah anda akan membuat sebuah menu-menu data yang anda inginkan atau lebih mudahnya perhatikan data saya yang mana disini akan saya ambil sebuah contoh data siswa meliputi nama, alamat, tempat tanggal lahir dan lain sebagainya anda juga boleh menambah data lainnya, seperti pada gambar berikut ini:
  2. kemudian langkah selanjutnya setelah anda selesai membuat sebuah data seperti pada gambar di atas sekarang saatnya kita akan membuat sebuah mail merge caranya silahkan anda pilih "Mailings" pada menu tab kemudian pilih "Start mail merge" lalu pilih "Step by step mail merge wizard" untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut ini:
  3. kemudian setelah anda lakukan seperti langkah-langkah di atas maka nantinya akan muncul sebuah jendela seperti berikut:
  4. pada jendela yang muncul seperti gambar di atas maka silahkan anda klik letters lalu klik starting dokument sehingga nantinya akan muncul sebuah gambar seperti berikut:
  5. silahkan anda klik "use the current dokument" lalu klik "next: select recipients" sehingga nantinya akan muncul sebuah jendela seperti berikut:
  6. silahkan anda klik menu "type a news list" lalu Klik "next: writee your letter" setelah muncul sebuah pop up seperti pada gambar di bawah ini maka silahkan anda kli "customize columns"perhatikan gambar berikut: 
  7. setelah anda klik "customize columns" maka akan ada sebuah pop up seperti pada gambar di bawah ini maka silahakan anda hapus pada menu-menu yang ada di dalam mail merge terlebih dahulu seperti pada gambar di bawah ini:
    maka pada tahap ini silahkan anda hapus semua menu yang ada di dalam mail merge seperti di atas, atau sebenarnya anda juga bisa dengan cara lain yaitu merubah nama saja dengan cara "rename" pada menu yang ada tepat di bawah delet, namun untuk mempermudah anda mengisi data yang anda inginkan silahkan anda hapus semua saja, setelah anda hapus semua menu yang ada dan tiada satupun yang tersisa, maka selanjutnya silahkan anda membuat sebuah data baru dengan cara klik " add" pada menu tepat di atas menu "delet" untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
  8. pada saat inilah silahkan anda masukkan data-data yang ingin anda masukkan di mail merge, seperti pada gambar pertama di atas seperti nama, tempat tgl lahir dan lain-lain, namun ingat anda harus mengurutkan nama-nama menu yang akan anda buat di mail merge ini sesuai dengan data word anda, seperti pada gambar pertama di atas yang telah saya buat misalnya datanya berurutan dari nama,tempat tanggal lahir, NISN, agama dan jenis kelamin, di mail merge pun harus urut seperti nama, tempat tanggal lahir dan seterusnya. jadi pada gambar gambar ini silhakan anda ketikkan "nama" terlebih dahulu di lanjutkan data-data yang lain sesuai data word anda perhatikan pada gambar berikut:
  9. setelah anda mengisi menu-menu yang anda harapkan di mail merge tersebut kemudian silahakna anda masukkan sekalian data-data anak atau siswa anda di mail merge tersebut seperti di atas, meliputi nama, alamat tempat tanggal lahir dan lain sebagainya. untuk menambahkan data siswa silahkan anda klik "New entry" dan seterusnya. kemudian jika sudah anda selesai mengisi data siswa anda maka klik "OK" maka nantinya ada sebuah perintah untuk menyimpan, maka silahakan anda simpan terlebih dahulu mail merge anda di tempat sekira aman dari penghapusan, setelah anda klik save selesai jika ada sebuah peringatan maka silahkan anda klik "OK" saja
  10. kemudian silahkan anda ikuti pada tahap selanjutnya yaitu letakkan kursor anda tepat di samping titik dua dari menu "Nama"pada data yang telah anda buat di ms word tadi, perhatikan pada gambar berikut:
    setelah itu silahkan anda klik "More items" seperti pada gambar yang telah saya beri tanda lingkaran merah di atas, dan pada menu mail merge pun juga harus sesuai yaitu anda pilih menu "Nama" lalu klik "Insert" kemudian klik "close" silahkan anda lakukan pada menu-menu data yang lain dengan cara yang sama hingga menu "Jenis kelamin"
  11. Setelah anda selesai melakukan langkah-langkah di atas maka data pun akan menjadi seperti gambar di bawah ini:
  12. Kemudian silahakan anda klik "Next priview your letters" perhatikan pada gambar berikut:
  13. sehingga nantinya akan muncul seperti pada gambar berikut:
    dan setelah muncul seperti pada gambar di atas maka silahakan anda klik navigasi kekiri dan kekanan yang telah saya beri tanda lingkaran di atas guna mencari data siswa yang kita harapkan. selesai.
  14. jika anda berhasil maka data anda pun akan menjadi seperti pada gambar berikut:

Ok demikianlahtutorial tentang cara cepat input data dengan mail merge di ms word, semoga memberi manfaat, dan dapatkan juga tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam. by tentangwebsites.blogspot.com

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "cara cepat input data dengan mail merge di ms word"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top