Tehnik dan Instrumen penilian pada kurikulum 2013



Tehnik dan Instrumen penilaian pada kurikulum 2013

Perubahan kurikulum dari KTSP Ke K13 membuat sebuah perubahan yang sangat besar di antaranya adalah perubahan tehnik penilaian, Penilaian pada kurikulum 2013 ini yang masih hangat di perbincangkan dan di sosialisasikan oleh menteri pendidikan se indonesia berbeda dengan tehnik penilaian pada kurikuluk KTSP yang sebelumnya.

Penilaian Pada kurikulum 2013

Tehnik Secara singkat adalah sebuah cara, namun cara disini cara yang secara materi bukan secara manual,  ibarat orang mengatakan “tehnik membuat Blog” Berarti cara membuat blog yang tepat dn sistematik”,  sedangkan maksud instrument disini adalah sebuah media atau alat untuk menjalankan roda tehnik tersebut. adapun  tehnik dan instrument penilaian dalam kurikulum 2013 ini sangat banyak tergantung tehnik dan instrument penilaian pada kompetensi apa? Karena di atas sudah kami tulis bahwa ada tiga kompetensi yang harus dinilai yaitu: Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan, Penilaian Kompetensi Keterampilan, dan disini saya belum langsung menjelaskan rincian-rincian tehnik tersebut namun terlebih dahulu saya uraikan tehnik penilaian kurikulum 2013 secara global.
Penilian dalam kurikulum 2013 ini berbeda dengan penilaian kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dalam penilaian Kurikulum 2013 ini mencakup 3 aspek penilaian yaitu:
  1. Penilaian Sikap
  2. Penilaian Pengetahuan
  3. Penilaian Keterampilan
Sedangkan dalam penilaian sikap itu terbagi menjadi 2 macam yaitu :
  1. Sikap Spiritual
  2. Sikap Sosial
Jadi Jenis Penilaian tersebut menjadi 4 macam yaitu:
  1. Penilaian kompetensi Sikap Spiritual dilambangkan dengan Ki1 (Kompetensi Inti 1)
  2. Penilaian kompetensi Sikap Sosial di lambangkan dengan Ki 2 (Kompetensi inti 2)
  3. Penilaian Kompetensi Pengetahuan dilambangkan dengan  Ki 3 (Kompetensi inti 3) dan
  4. Penilaian Kompetensi Keterampilan dilambangkan dengan Ki 4 (Kompetensi inti 4)
Anda harus mengingat kode-kode tersebut di atas karena lambang atau kode ini nantinya akan sering anda jumpai pada pembahasan selanjutnya, selain itu juga karena nantinya pada silabus juga memang di lambangkan dengan kode tersebut jadi jika anda tidak hafal kode maka anda nantinya akan kerepotan membuat sebuah silabus atau RPP. Mungkin akan lebih baiknya saya bagikan sekalian kode-kode yang ada pada istilah Kurikulum 2013.

Kode-kode yang ada pada penilaian kurikulum 2013

SKL  : Standar Kompetensi Lulusan
KI  : Kompetensi Inti
KD : Kompetensi Dasar
Ki1 : Kompetensi Inti 1
Ki2 : Kompetensi Inti 2
Ki3 : Kompetensi Inti 3
Ki 4 : Kompetensi Inti 4

Demikianlah sekilas tentang Tehnik dan Instrumen Penlaian pada Kurikulum 2013, anda dapat memahami lebih lanjut tentang kurikulum 2013 ini pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tehnik dan Instrumen penilian pada kurikulum 2013"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top