Keutamaan dan niat puasa bulan rojab



Keutamaan dan niat puasa bulan rojab 

Keutamaan bulan rojab
Para pembaca yang budiman kali ini saya akan berbagi sebuah materi keislaman yaitu tentang Keutamaan dan niat puasa bulan rojab , kemungkinan anda para pembaca ada yang sudah tahu dan juga ada yang belum tahu apa keutamaan dan bagaimana niat puasa bulan rojab, perlu kita ketahui bahwasanya bulan rojab adalah bulan ke tujuh dari bulan-bulan dengan menggunakan penanggalan islam (hijriyah) penanggalan hijriyah di mulai ketika Nabi hijrah dari mekkah ke madinah.


Keutamaan bulan rojab

bulan rojab adalah salah satu bulan yang masuk dalam kategori bulan muharrom atau harom (Dzulko'dah, dzulhijjah, muhaarram dan rojab) arti harom disini terdapat dua sudut pandang yaitu harom bisa diartikan mulia karena memang bulan rojab adalah satu satu bulan mulia dan barang siapa yang berpuasa di bulan rojab ini maka sunnah  hukumnya, sangat banyak hadist-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan bulan rojab. dan harom larangan karena memang ketika di bulan-bulan tersebut  terdapat larangan-larangan pada bulan tersebut seperti perang dan lain sebagainya. sebenarnya tiada hadist yang kuat perintah di bulan rojab hal ini disampaikan oleh ulama' yang bernama as-syaukani dalam kitab nailul autar yang telah menceritakan bahwa imam ibnu subki menceritakan dari muhammad bin mansur assam'ani yang mengatakan tidak ada dalil kuat kesunnahan bulan rojab khusus, bahkan abu bakar attarthusi telah memakruhkan puasa di bulan rojab.

Namun demikian dalam pernyataan imam syaukani juga bahwa bila semua hadist-hadist yang menceritakan keutaman-keutamaan bulan rojab serta puasa bulan rojab dianggap tidak kuat maka kita merujuk pada hadist nabi yang memerintakan kita untuk puasa dibulan-bulan haram dan bulan-bulan haran tersebut adalah dulko'dah, dzulhijjah, muharrom dan rojab. dan nabi juga pernah bersabda bahwa puasa paling utama setelah bulan romadhon adalah di bulan muharrom ( Dzulko'dah, dzulhijjah, muharrom dan rojab )

Disamping itu imam al-ghozaly juga mengatakan bahwa kesunnahan puasa akan lebih kuat ketika di lakukan pada bulan bulan utama dan imam ghozaly memasukkan bulan rojab dalam kategori sahru fadlilah (bulan utama) disamping dzulhijjah muharrom dan sya'ban, bulan rojab juga di masukkan dalam kategori syahru al haram disamping dzulko'dah, dzulhijjah dan muharrom. imam. dukunganpun juga datang dari kitab kifyatul ahyar bahwa "bulan paling utama untuk puasa setelah romadhan adalah di bulan haram yaitu dzulko'dah, dzulhijjah, muharram dan rojab.

Pada kesimpulannya saya ambil perkataan imam nawawi dalam syarah nawawi 'ala shohih muslim : "memang benar tidak satupun ditemukan hadits sohih mengenai puasa rojab, namun dari namun sangat jelas dan sohih yang diceritakan bahwa nabi sangat suka berpuasa dan beribadah di bulan haram, sedangkan bulan rojab adalah salah satu bulan haram, maka jika tidak ada sebuah larangan khusus untuk puasa dan ibadah di bulan rojab maka tiada alasan yang kuat untuk melarangnya puasa dan beribadah di bulan rojab. fahimtum? berpuaslah..!

 

Niat puasa bulan rojab

Sebenarnya yang namanya niat adalah kesengajaan didalam hati, jadi jika anda sudah menyengaja di dalam hati untuk berpuasa di bulan rojab maka termasuk telah melakukan niat bahkan kesengajaan atau niat dalam hati ini adalah yang wajib di lakukan, namun ada kesunnahan ketika kita niat yaitu niat dengan di ucapkan dengan ucapan yaitu "Nawaitu shouma ghoddin min yaumi rojab sunnatan lillahi ta'ala" maka setelah anda berniat dengan ucapan dan hati maka sangat sempurna niat anda.

Ok demikianlah saharing kami kali ini tentang Keutamaan dan niat puasa bulan rajab, semoga bermanfaat bagi anda, selain kita terus menanam saham melalui post artikel juga menanam saham di ahirat yang akan kita petik hasilnya kelak di yaumul ahiroh.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Keutamaan dan niat puasa bulan rojab "

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top