Bahaya dan manfaat media sosial facebook



Bahaya dan manfaat media sosial facebook

Bahaya facebook

Kita tentu sudah mengenal atau setidaknya pernah mendengar yang namanya Facebook yaitu sebuah media sosial online, facebook telah memberikan layanan yang lumayan lengkap dibanding media sosial lainnya seperi twitter, google + dan lian sebagainya walaupun media sosial facebook lebih muda dari pada media sosial twitter namun jika dilihat dari respon publik media sosial facebook lebih banyak yang menggandrungi khususnya para anak muda karena selain lebih bermasyarakat facebook lebih mudah dipahami dalam layanan-layanan yang ada pada akun facebook berbeda dengan media sosial twitter jika anda terbilanng masih pemula dalam menggunakan akun twitter maka akan dihadapkan beberapa pertanyaan dalam hati anda seperti pada awal saya dulu mengenal akun twitter, namaun jika menggunakan facbook walaupun anda terbilang pemula maka saya rasa tidak ada yang dipertanyakan lagikarena memang sangat mudah menggunakan akun facebook ini, sekarang kita kembali kejudul yaitu bahaya dan manfaat facebook, apakah benar ada bahaya bagi anda? atau ada manfaatnya? lalu apakah bahaya dan manfaatnya facebook tersebut

A. Bahaya media sosial Facebook

Jika kita berbicara tentang bahaya tentunya kita akan melihat atau merasa akan ada sebuah yang merugikan bagi diri kita sendiri dalam kapasitas mengerikan jika memang adanya kerugian yang terjadi pada kita secara nyata. bahaya yang kan saya uraikan disini  tergolong global, jika anda merasa nyaman tanpa adanya bahaya dalam menggunakan akun facebook maka hal ini juga masih berlaku bagi anda hanya saja belum terjadi bagi anda (tidak berharap) jika anda tidak hati-hati dalam memelihara akun facebook anda. baiklah langsung saja demikianlah bahaya media sosial facenbook bagi anda yang akan saya uraikan kemungkinan-kemungkinan gejala yang timbul dalam menggunakan akun facebook
  1. siap di area kotor, bahaya yang pertama adalah terpelesetnya kaki kita kesungai yang kotor, facebook saya ibaratkan sebuah sungai dimana terdapat beberapa belantara yang ada pada sungai tersebut, terkadamg kita menemukan tumbuhan yang rimbun yang menyejukkan mata, rumput-rumput, bebatuan bahkan kita terkadang juga menemukan (ma'af) kotoran manusia disungai itu juga, jika kita ceroboh dan tidak hati-hati dalam melangkahkan kaki maka bisa saja kotoran tersebut terinjak oleh kaki indah kita. dari ibarat yang telah saya uraikan di atas semoga anda dapat memetik kesimpulannya, facebook memang menyenangkan, bermasyarakat, dan bisa berinteraksi dengan teman-teman lama kita, namun ingat facebook juga ada kotorannya, apakah anda siap di area kotor, bisakah anda menghindar dari kotoran yang dibawa lalat.
  2. Penipuan, layanan media sosial seperti facebook ini jika saya amati layaknya kita berinteraksi dalam dunia nyata kita bisa ngobrol baik lewat text, gambar. vidio streaming kita bisa berpendapat, berkomentar, menyapa, mencolek dan lain sebagainya. dalam kenyataannya pada interaksi di dunia nyata sudah banyak kejadian yang sudah tidak asing lagi dengan "Penipuan" apalgi di dunia maya yang jelas-jelas lebih mudah lagi di manfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab, logikanya 1 orang bisa saja membuat beberapa akun facebook yang berbeda dengan berpura-pura orang lain, objeknya adalah anda. apalagi jika tergolong abg yang masih pemula, masih senang-senangnya menggunakan facebook, apakah anda memiliki anak gadis? silahkan anda awasi dengan hati-hati.
  3. Sia-sia waktu, ingat orang eropa berkata "waktu adalah uang" jika saya setidaknya jangan sampai ada waktu yang tersia-siajika kita menggunakan facebook tanpa tujuan yang jelasm hanya bersuka ria melihat laporan, komentar, pujian teman facebook padahal komentar dan pujian tersebut belum tentu benar-benar memuji anda karena bisa jadi yang komentar dan yang memuji anda hanyaniseng dan berharap anda juga mengomentari dan memuji dia, dan seterusnya hingga waaktu solat tiba anda pun baru berhenti (masih jika mau)
  4. Kecanduan, yang ini banyak dialami oleh pelaku yang masih pemula, saking keasyikan dia rela membeli kuota pulsa data untuk memenuhi nafsu belaka karena sudah ketagihan atau kecanduan layanan facebook, mungkin anda tidak merasa di awal, betapa lebih pentingnya membantu orang tua memasak di dapur dari pada ber Fb ria, seakan-akan facebook itu terdapat bahan metampitamin yang bisa membuat pelakunya senang, ceria, lupa masalah dan lain sebagainya. dan akan merasa lesu. malas, putus asa jika berhenti menggunakannya.
  5. Dampak psikologis, rentan terjadi pada anak-anak sehingga ia malas belajar lagi, bahaya yang ini masih berhubungan dengan poin nomor 4 di atas, yaitu jika ia sudah kecanduan dari layanan facebook maka hari-hari tidak bisa lepas dari facebook dan tidak bisa membeli lagi paket pulsa data untuk berfacebook ria, maka seketikamakan dihadapkan sebuah situasi yang aneh dan kacau, malas dan bahkan bisa saja putus asa, sehingga akan mengakibatkan rasa acuh tak acuh kepada orang tua karena adanya sesuatu yang belum bisa terpenuhi yaitu facebookan, sehingga jika dilihat orang yang semascam ini terlihat aneh dari yang lainnya, raut wajah yang sering murung, cepat marah tanpa alasan dan tidak peduli sesama. inilah dampak secara Psikologis.

B. Manfaat media sosial Facebook

Disamping banyaknya bahaya maka media sosial facebook ternyata ada manfaatnya yang kita bisa petik, diantaranya adalah:
  1. Ketemu teman lama, walaupun hanya dalam dunia maya, anda bisa saja menemukan teman lama di facebook karena jika memang profil faceebook yang anda lengkapi dari segi nama, alamat, lulusan sekolah, tahun lulus maka layanan facebook akan menampilkan akun-akun facebook yang relevan dan berhubungan dengan tahun lulus yang sama, dengan begitu akan memberi kesempatan bagi anda menjumpai teman-teman lama anda
  2. Berbagi informasi, anda akan menemukan berbagai informasi khususnya yang baru, pada status-status yang telah dikirim oleh teman facebook anda, misalnya anda mempunyai teman dari kabupaten sleman dan mengirin sebuah status " wah merapi meletus lagi" maka kita akan otomatis mengetahui informasi terbaru dari gunung merapi tersebut jika memang kita sedang update/online, karena kita memiliki teman facebook yang dari kabupaten sleman. anda juga sebaliknya bisa berbagi informasi seputar kejadian-kejadin yang terjadi di sekitar lokasi anda kepada teman facebook jika anda bagi secara publik
  3. Menambah ilmu, begitu banyaknya group pada facebook mungkin bisa menghabiskan waktu anda untuk melihat informasi terbaru dari group tersebut, saran saya bergabunglah pada group yang sekira memberi manfaat bagi anda seperti group tanya jawab seputar masalah-masalah agama. jika kita aktif maka bisa saja ilmu kita terus bertambah.
  4. Media promosi gratis, jika anda pelaku bisnis maka facebook adalah target yang tidak kalah penting untuk sebuah promosi pemasaran produk anda, dengan mengirim melalui status maka otomatis semua teman facebook anda yang kebetulan update/online akan melihat status anda, semakin banyak teman facebook yang anda miliki semakin besar kemungkinan produk anda dikenal oleh dunia, apalagi anda mempunyai sebuah fans page atau group. jika anda ingin memperkenalkan produk anda kepada dunia silahkan anda daftar facebook sekarag juga dan perbanyak pertemanan.
  5. Refessing, jiwa juga butuh istirahat, jika jasmani anda lelah, letih capek, maka istirahatkanlah jasmani anda, jika jiwa anda lelah, letih, capek maka istirahatkanlah jiwa anda dengan refressing sekira menyenangkan jiwa anda, namun refressing yang kami maksud disini adalah bukan refressing dengan tanpa arah dan tujuan, jika jiwa kita sedang letih maka kita bisa browsing ke facebook untuk melepas keletihan, karena banyak status teman facebook yang tergolong unik dan lucu yang bisa membuat kita tersenyum.
Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Bahaya dan manfaat media sosial faceebook, artikel saya ini dengan dasar kasih sayang dengan para anak remaja, generasi penerus bangsa jangan biarkan mereka terjerungus di lembah kehancuran, perjalanan kita masih panjang, indonesia terus berharap pada remaja-remaja yang berpotensi untuk mampu memimpin bukan remaja yang ber Fb ria yang melupakan belajar, kita bayangkan pencipta facebook setiap detik mendapatkan uang, namun kalau kita apa yang kita dapatkan, jangan habiskan waktu ini hanya bersenang-senang namun belajar dan berkresilah bagaimana bisa seperti pencipta facebook. silahkan anda bagikan artikel ini kepada teman, saudara anda agar mereka tahu betapa bahayanya media sosial facebook jika tidak bisa mengendalikan dengan tepat, dan juga ada manfaat bagi yang bisa memanfaatkannya. semoga bermanfaat. salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bahaya dan manfaat media sosial facebook"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top