Contoh penggunaan fungsi left, mid, right pada excel



Prakti rumus fungsi left, mid, right pada excel

Para pembaca yang budiman kali ini akan saya bagikan sebuah materi tentang microsoft excel yaitu Contoh penggunaan fungsi left, mid, right pada excel, setelah kita praktik penggunaan fungsi penjumlahan angka kuadrat sekarang kita akan praktik menerapkan fungsi rumus left, mid dan right pada excel.

1. Contoh penggunaan fungsi left 

Fungsi left adalah sebuah fungsi yang di gunakan untuk mengambil sebuah karakter di bagian kiri dari sebuah text atau tulisan. adapun rumus atau sintaxnya adalah =LEFT(A3,3) ENTER. Ok sekarang kita praktik:
Praktik menggunakan fungsi rumus LEFT
  • Buka program aplikasi microsoft excel anda
  • buatlah text atau tulisan, disini saya membuat contoh text atau kata BELAJAR
  • masukkan rumus berikut pada range/cell =LEFT(A3,3) kode A3 anda bisa menyesuaikan pada data excel anda sendiri karena kemungkinan berbeda, lihat saja letak cell text/tulisan BELAJAR tadi (pertemuan antara kolom dan baris). untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
 fungsi left pada excel
Pada gambar di atas, saya mengambil karakter dari text BELAJAR dari kiri dengan 3 huruf jadi menghasilkan BEL

2. Contoh penggunaan fungsi MID

Fungsi MID digunakan untuk mengambil sebuah karakter dari tengah text/tulisan yang ada pada cell, rumus/sintaxnya adalah =MID(A4,3,3) untuk lebih jelasnya perhatikan gambar:
fungsi left, mid, right pada excel
Pada gambar di atas, saya mencoba mengambil karakter text BELAJAR dari tengah dari huruf ke 3 dan mengambil 3 karakter sehingga menghasilkan kata LAJ. jika anda ingin mengambil karakter Text BELAJAR dari heruf ke 2 dengan rumus =MID(A4,2,3) maka akan menghasilkan kata ELA.

3. Contoh penggunaan fungsi Right

Fungsi RIGH adalah sebuah fungsi yang di gunakan untuk mengambil sebuah karakter dari kanan sebuah text/tulisan, adapun rumus atau sintaxnya adalah =RIGHT(A5,3) enter. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar:
fungsi left, mid, right pada excel
Ya kira-kira sama kan pada contoh di atas saya rasa anda sudah tidak butuh diterangkan lagi ya.
Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Contoh penggunaan fungsi left, mid, right pada excel, cara ini bisa anda terapkan pada data-data excel yang anda punya, silahkan update terus materi menarik lainnya pada post berikutnya. semoga bermanfaat sampai jumpa salam. Silahkan anda baca juga yang tak kalah pentingnya Rumus penjumlahan, pengurangan bilangan kuadrat di excel

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Contoh penggunaan fungsi left, mid, right pada excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top