Contoh Cara Penulisan Daftar Pustaka yang benar



Berdasarkan Pengalaman saya saat saya sekolah dulu Contoh Cara Penulisan Daftar Pustaka yang benar sesuai panduan, cara penulisan daftar pustaka itu sangat beraneka ragam, satu dosen mengatakan begini, dosen yang lain mengatakan begitu dan bermacam-macam lah pokoknya, jika di hadapan dosen 1 benar namun giliran dosen 2 salah, jadi lumayan membingungkan bukan, berbeda halnya jika kita tahu referensinya Cara Penulisan Daftar Pustaka yang benar. pasti kita bisa mempertahankan cara kita dalam pembuatan daftar pustaka andai saja tetap disalahkan karena kita sudah punya dasar. lalu dari mana kita dapat dasar referensi tersebut? biasanya pihak kampus mengeluarkan buku panduan untuk membuat sebuah skripsi jadi buku itulah yang harus anda pelajari dan pahami betul agar makalah atau skripsi anda benar dan dapat anda pertahakan. karena beda perguruan tingi beda juga aturan dalam pembuatan skripsi salah satunya adalah aturan dalam penulisan daftar pustaka.

Silahkan anda baca juga: Cara membuat daftar isi yang rapi pada Ms word

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Baiklah langsung saja berikut adalah macam-macam Cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar untuk tugas makalah/skripsi anda, karena makalah dan skripsi itu wajib di beri daftar pustaka atau footnote (catatan kaki) dan inilah caranya menurut beberapa versi.

Penulisan Daftar Pustaka dalam Buku

Contoh Cara Penulisan Daftar Pustaka yang ini saya dapatkan dari buku yang berjudul Sejarah kebudayaan Islam yang dikarang oleh Dr. Badri yatim, MA. sehingga tidak meragukan lagi cara penulisannya, karena beliau sudah sekaliber Doktor dan buku tersebut sudah beredaran di tengah masyarakat salah satunya saya sendiri. dan tidak pernah ada yang menyalahkan cara penulisan daftar pustaka tersebut, sehingga bisa saja kita jadikan pegangan. Sebenarnya pada dasarnya penulisan Daftar pustaka itu ada rumusnya yaitu sebagai berikut:

Nama Pengarang-Judul buku-Tempat terbit:penerbit-tahun terbit-nomor halaman.
Silahkan anda ganti tanda penghubung (-) dengan koma (,) dan Judul buku di cetak Miring.

Baiklah langsung saja salah satu contoh penulisan beliau Dr. Badri yatim, MA adalah sebagi berikut:

1. Koentjarningrat, Kebudayaan, Mentalistas, dan Pembangunan, (Jakarta: Gramedia 1985), hlm.5.
2. M. Nasir, Capita Selecsa, (Bandung:N.V. Penerbitan W. van Hoeve, Tanpa tahun), hlm 4 (yang jika buku referensi tidak ada tahun terbitnya)

Penulisan Daftar Pustaka dalam Ensiklopedi Islam

Berbeda halnya cara penulisan daftar putaka yang ada didalam buku Ensiklopedi Islam Yang sangat fenomenal dan terkenal yang ada 8 jilid dan alhamdulillah ada semua disini. cara penulisannya yaitu sebagai berikut:

1. Almana, Mohammed. Arabia Unified: A Portrait of Ibn Sa'ud. London: t.p 1980
2. Hitti, Philip K. History of the Arabs. London: Macmillan, 1974

Demikianlah cara penulisan daftar pustaka yang ada di dalam buku ensiklopedi islam PT ICHTIAR BARU VAN HOEVE Jilid 1 huruf A hlm 16.

Penulisan Daftar Pustaka Karya Ilmiyah

Daftar pustaka karya ilmiyah ini sering saya lihat daftar pustakanya dari internet jadi misalnya seperti berikut:
http://tentangwebsites.blogspot.co.id/2015/10/fungsi-fungsi-toolbox-pada-coreldraw.html
https://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Dan jika anda mengambil referensi media internet tentu tetap harus mencantumkan asal referensi tersebut, misalnya sebagai berikut:
Imam Muttaqin Sunday, February 21, 2016 http://tentangwebsites.blogspot.co.id/2016/02/contoh-cara-penulisan-daftar-pustaka.html diprint pada 09:43 PM 23/02/2016

Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Contoh Cara Penulisan Daftar Pustaka yang benar dan sesuai prosedur. Semoga bermanfaat, dan silahkan anda simak juga Cara Menyimpan Ms Word ke format PDF

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Contoh Cara Penulisan Daftar Pustaka yang benar"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top