9 Fungsi google webmaster paling Pokok



Sebuah panduan untuk anda ketahui sebelum lebih lanjut mendalami masalah blogging yaitu 9 Fungsi poko dari google webmaster tool. Mungkin anda sering membaca atau mendengar tentang alat Google Webmaster, namun sebenarnya Google Webmaster atau alat Webmaster ini sudah berubah nama menjadi search console letaknya pun juga sama seperti Google Webmaster yaitu tepat pada menu dashboard >> ikhtisar. dan di sini akan saya uraikan beberapa manfaat kegunaan atau fungsi dari Google webmaster yang sekarang menjadi search consol tersebut yaitu sebagai berikut ini. jika anda belum pernah membuat alat google webmaster ini maka silahkan anda buat terlebih dahulu pada panduan pembuatannya di bawah ini:

cara lengkap membuat alat webmaster google

Baiklah langsung saja demikianlah 9 fungsi dari google webmaster tool yang paling pokok:

9 Fungsi google webmaster paling Pokok

Sebagai pemantau kinerja situs web atau blog

Sehingga nantinya Anda bisa memeriksa atau memantau dari kinerja blog atau situs web anda dari segi kesehatan ataupun kerusakan linK url pada artikel blog anda fungsi ini sebagai fungsi secara global, karena masih banyak dari fungsi-fungsi dari Google Webmaster atau search consol ini diantaranya:

1. Untuk mengirim peta situs
Fungsi Pertama adalah untuk mengirim peta situs. Kenapa peta situs harus dikirim ke Google Webmaster? karena agar seluruh laman blog atau website kita bisa terindeks  oleh mesin penelusuran seperti search Google. untuk langkah-langkah mengirim peta situs tersebuat ada tata-caranya tersendiri jadi silahkan simak selengkapnya pada link berikut ini:

cara mengirim peta situs ke google

2. Untuk memperbaiki kerusakan link url posting
adapun fungsi kedua adalah untuk memperbaiki kerusakan link url blog. Cara memperbaki ini adakalanya dengan cara menghapus link url yang rusak, dan ada kalanya mengambil sebagai google (jika link tersebut ternyata bisa dibuka dan terdapat post). Siapa sangka jika link url tersebut ada yang rusak atau tidak bisa dikunjungi. sehingga jika Google mendeteksi adanya sebuah link url yang tidak bisa dikunjungi atau kosong maka akan timbul beberapa pemberitahuan bahwa link url posting tersebut rusak dan di anggap kesalahan dalam perayapan. pada Google Webmaster memberikan sebuah nama dalam hal ini dengan kesalahan 404. sebenarnya kesalahan 404 itu tidak begitu berbahaya di mata google dalam kinerja situs Anda, amun yang ditakutkan adalah laman web tersebut tetap terbuka dan kosong namun iklan AdSense tetap muncul, sehingga google akan mengangap iklan tampil pada laman kosong padahal publisher Adsense dilarang untuk memasang iklan pada laman kosong dalam arti hal tersebut adalah sebuah larangan dari google AdSense. jadi sangat penting untuk memperbaiki link url yang rusak tersebut caranya Anda bisa membaca pada panduan berikut ini

cara yang benar menghapus link url yang rusak pada webmaster

3. Untuk submit link url
Submit/ambli sebagai google adalalah fungsi yang ketiga, Pada menu alat web master ini dinamakan dengan ambil sebagai google, Submit atau mengirim link url ke alat Google Webmaster ini pun sangat penting karena agar link posting blog/web kita bisa cepat terindex oleh mesin telusur seperti google. Saya pun juga pernah   bereksperimen dalam hal ini yaitu Saat Blok 1 tidak saya submit link url nya dan yang satu saya submit atau kirim link url nya ke alat Webmaster dan hasilnya Blok 1 tidak terindex dan blog 2 terindex. jadi submit atau kirim link url ke Google Webmaster sangatlah tak kalah penting dan harus anda lakukan. untuk langkah-langkah dalam submit link url ini anda bisa membaca panduan lengkapnya pada link berikut ini:

cara submit link url blog ke google yang tepat

4. Penyorot data agar lebih terstruktur
Agar data blog anda Anda di anggap terstruktur dimata Google maka sebaiknya anda melakukan penyorotan data pada blog anda  dengan menggunkan alat penyerot data yang ada pada alat Webmaster ini juga adapun langkah-langkah dalam Menyorot data pada Webmaster ini silahkan anda Simak selengkapnya pada artikel berikut ini:

Cara menyorot data agar lebih terstruktur di webmaster

5. Memeriksa masalah keamanan situs blog
anda juga bisa memeriksa masalah keamanan situs/web blog anda pada menu ini yaitu tepatnya pada "Masalah keamanan" tepat di sekitar menu "Perayapan"

6. Mengintegrasikan dengan alat google analytic
Anda juga bisa memantau kinerja situs web pada google analytic dengan alat web master ini jika anda telah membuat akun anaytic sebelumnya, dan anda bisa melihatnya pada menu "lalu lintas penelusuran pada alar google webmaster. jika anda belum pernah membuat akun google analytic maka anda bisa membaca panduannya di bawah ini, dan saran saya gunakanlah akun yang sama yang digunakan oleh alat webmaster agar anda tidak kesulitan ganti akun.

Cara membuat dan memasang kode google analytics pada blog

7. Penguji robot txt
Robot txt juga tidak kalah penting, agar situs/blog anda dapat di telusuri oleh robot penelusur dengan baik dan tepat, namun untuk menguji robot txt ini pada blg anda telah terpasang sebelumnya dengan kode robot txt yang benar, kesalahan dalam pembuatan robot txt akan berakibat fatal yaitu laman situs web/blog anda sama sekali tidak akan terindex oleh mesin telusur. untuk panduannya anda bisa menyimak pada artikel ini:

Cara membuat robot txt yang benar dan tepat

8. Memeriksa Kata kunci konten
Anda bisa mengetahui kata kunci konten yang kebanyakan anda bahas, sehingga dengan melihat kata-kata kunci atau keyword yang telah tersedia pada alat webmaster tersebut bisa anda jadikan sebuah pegangan dalam membuat post lebih lanjut agar blog anda terus meningkat. anda bisa menemukan menu untuk memeriksa kata kunci konten ini pada mene "google indeks"

9. Menentukan Target pemirsa
Anda juga bisa memilih target pemirsa yang akan anda tuju, misalkan anda memilih target indonesia maka kebanyakan pemirsa adalah dari indonesia, namun tidak berarti pemirsa dari negara lain tidak dapat mengunjungi blog anda, karena blog saya saya targetkan pada negara indonesia nyatanya banyak pemirsa dari america dan timur tengah. anda bisa memilih target pemirsa ini pada sub menu "Penargetan International" pada menu "Lalu lintas penelususran"


Ok demikianlah 9 manfaat/fungsi dari google webmaster atau search console, sebenarnya masih banyak dari fungsi-fungsi alat webmaster ini untuk anda ketahui namun di atas sudah termasuk point-pont paling pokok yang harus kita kitahui dan terapkan. semoga bermanfaat, salam. jangan lewatkan juga Cara verifikasi situs di google search consol (webmaster)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "9 Fungsi google webmaster paling Pokok"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top