Perbedaan arti kata TERSIRAT dan TERSURAT Serta contohnya



Perbedaan arti kata TERSIRAT dan TERSURAT Serta contohnya

Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, iseng-iseng saya akan membagikan kepada kalian semua tentang Perbedaan arti kata TERSIRAT dan TERSURAT Serta contohnya, sebagai pengetahuan selain dunia blogging yaitu kita tahu juga dunia islam tepatnya pada ilmu ushul Fikih dimana dalam pembahasan sebuah materi maka nantinya kita akan menemukan sebuah istilah-istilah seperti kata Tersirat dan Tersurat, bahkan bukan hanya dalam ilmu ushul fikih kedua kata ini akan muncul, dalam ilmu linguistik, bahasa indonesia serta ilmu-ilmu jurnalistik termasuk kita yang hobby menulis sebuah artikel blog kedua kata ini "Tersirat dan tersurat" akan sering muncul juga. jadi seorang blogger juga harus menguasai sedikit tentang apa itu contoh paragraf tersirat dan tersurat? informasi tersirat, kumpulan kalimat tersirat, dll. Semua tentang Kata Tersirat dan Tersurat.

Lalau apa sebenarnya pengertian dari kedua kata tersebut? (Tersurat dan tersirat), nah di sini akan saya uraikan menggunakan metode ushul, karena pada ilmu ushul tersebut asal hukum akan di kemas, baiklah langsung saja kita kaji kedua kata tersebut agar kita dapat pengetahuan baru dan ahirnya bermanfaat juga.

Perbedaan arti kata TERSIRAT dan TERSURAT Serta contohnya
Gambar mau menutup jendela atau baru membuka jendela?

Pengertian kata Tersurat dan Tersirat

Seperti yang telah saya katakan di atas di sini akan saya bahas dengan menggunakan bahasa ilmu ushul dan nantinya bisa juga atau masih rellevan untuk anda gunakan sebagai dasar ilmu linguistik anda.

Di dalam ilmu ushul fikih kata "Tersurat" jika dalam bahasa arab adalah "المنطوق " di baca "Al-Manthuq". Manthuq artinya "yang diucapkan" sedangkan menurut istilah ialah suatu makna yang diperoleh dari Suatu lafal atau susunan lafal itu sendiri, Sekarang kata "Tersurat, jika dalam ilmu ushul di sebut dengan Al-Mafhum atau jika dalam bahasa arab "المفهوم " di baca "Al-Mafhum" artinya yang "dipahami" sedangkan menurut istilah ialah suatu makna yang tidak diperoleh dari Suatu lafal atau susunan melainkan diperoleh dari pemahaman terhadap ucapan lafal tersebut. tegasnya Manthuk ialah "Makna atau arti yang tersurat" sedangkan Mafhum ialah "Makna atau arti yang tersirat"

Contoh Kata yang Terurat dan Kata yang Tersirat

Sekarag kita akan mengambil sebuah contoh makna tersirat dan tersurat, dari kedua kata tersebut (Tersurat dan tersirat) dalam sebuah teks yaitu misalnya Firman Allah Swt. Surat Al Isra [17] : [23]


فلا تقل لهما أف

yang artinya : "Maka janganlah engkau berkata kepada Ibu Bapakmu (dengan ucapan) Cih"

Lafal Uff = Cih dinamakan manthuk Karena itulah yang difirmankan Allah SWT. dari ayat ini diperoleh pengertian bahwa kita tidak boleh berkata uff = cih kepada ibu bapak. akan tetapi menurut mafhum lafal ini janganlah engkau maki. kita dapat memperoleh pengertian kalau ucapan uff = cih yang begitu kecil saja tidak boleh kita tujukan kepada ibu bapak tentu Memukul yang lebih besar dari kata-kata semacam itu sudah pasti tidak boleh.

Setelah kalian membaca uraian di atas semoga hati anda sudah tidak bertanaya-tanya lagi, Apa itu yang di maksud dengan Makna Tersurat dan Apa makna yang Tersirat?
Apa sih maksudnya Tersirat dan tersurat itu?
Apa makna dari kata "Tersirat" dan apa makna dari kata "Tersurat?

Semoga bermanfaat, sampai jumpa, Salam, jangan anda lewatkan juga artikel islami menarik lainnya Kumpulan Gambar kata ucapan idul fitri

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Perbedaan arti kata TERSIRAT dan TERSURAT Serta contohnya"

Ok mas deni trisrian sama-sama semoga Perbedaan dari kata Tersurat dan Tersirat memberi manfaat bagi pemirsa semua.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top