Cara menggunakan google classroom untuk guru

Baiklah pemirsa blog tentangwebsites semoga kalian sehat selalu, seperti yang telah kita ketahui efek pandemi COVID-19 ini sangat melelahkan disemua kalangan tanpa terkecuali bagi lembaga pendidikan, dalam mencegah penyebaran virus Corona bagi semua orang dihimbau agar tetap dirumah tidak berkumpul. dan bagi guru dan siswa belajarnya menggunakan sistem jarak jauh bisa melalui darring dan tugas lainnya.

Nah, dalam menyikapi ini tentu kita harus menyiapkan beberapa langkah agar antara guru dan siswa bisa tetap belajar walaupun secara online, sarana online pun begitu banyak bisa WA, Facebook, Google Classroom, quissiz dll, silahkan kamu pilih yang mana yang kamu anggapa paling efektif. dan yang tak kalah efektifnya yaitu menggunakan layanan dari google yaitu Google Classroom, layanan ini layanan dari pihak google yang didedikasikan untuk pendidikan daring, disitu bagi guru bisa memanfaatkan dalam keadaan sepeti ini. layanan ini layanan gratis tanpa bayar sepeserpun, memang google itu sangatbaik hati, sudah ditanya apa aja bisa jawab juga menyediakan layanan-layanan yang sangat menarik.

Baiklah langsung saja bagi kalian seorang guru berikut akan kami uraikan langkah-langkah untuk membuat atau cara menggunakan google classroom, karena antara guru dan siswa nantinya akan beda langkah ya, jadi perhatikan baik-baik biar tidak bingung nantinya mengarahkan pada siswa-siswinya. dan pastikan anda sudah siap email aktif, langkah ini bisa daftar lewat android maupun PC.


  1. Pertama silahkan kamu kunjungi laman berikut https://classroom.google.com/, silahkan login menggunakan email dan password google (jika kamu menggunakan email Gmail). Jika kamu menggunakan G-Suite, maka nantinya akan ada sebuah pilihan sebagai siswa atau guru. Pilih saja opsi  "I’m Teacher" untuk masuk sebagai guru/pengajar.
  2. Jika kamu menggunakan android, langsung saja download/unduh aplikasinya di playstore, ketikkan saja pada browser play store"google classroom" lalu instal dan daftar



3. Kemudian Setelah login, klik tanda + di bagian pojok kanan atas, lalu pilih "buat kelas" jika versi inggri "create class" silahkan Berikan nama pada kelas, Mata Pelajaran dll dan tekan "create". Setelah itu, kelas sudah bisa digunakan. 

Cara Menambahkan siswa di Classroom

Sekarang bagaimana cara menambahkan siswa?, ada dua cara yaitu dengan cara yang pertama membagikan sebuah token atau kode (class kode) kepada siswa agar bisa gabung pada kelas tersebut, dan yang kedua bisa anda invite atau tambahakan sendiri, namun harus tahu emailnya siswa.

Jika kamu menggunakan langkah pertama berarti kode yang ada pada kelas agar segera kamu bagikan kepada para siswa untuk digunakan siswa masuk dalam kelas tersebut. jika kamu menggunakan lankah kedua berarti ikamu harus masukkan satu persatu email siswa, dan nantinya siswa akan mendapatkan sebuat pemberitahuan undangan pada emailnya masing-masing. Setelah siswa tergabung, maka akan tampil deretan nama siswa dalam kelas Google Classroom tersebut

Jadi, jika kelas telah kamu buat, segera saja copy kode dan bagikan kode pada siswa, dan perintahkan siswa agar mendownload aplikasi google classroom di playstore, atau tanpa aplikasi juga bisa via browser, tapi jika ruang masih longgar lebih baik pakai aplikasi agar lebih nyaman. setelah itu siswa agar membuka aplikasi tersebut dan pilih menu + seperti di atas dan pilih "Gabung ke kelas" setelah itu akan ada sebuah perintah masukkan kode, baru masukkan kode tadi. maka siswa akan masuk dalam kelas yang kamu buat.

Cara memberi tugas pada para siswa


  1. Pilih menu "classwork" pada kelas. 
  2. Klik menu "create" 
  3. Pilih yang opsi "material" untuk mengunggah sebuah dokumen bisa berupa word, PDF, foto dan video dll yang akan diunggah melalui Google Drive. jika materi atau dokument sudah terdapat pada google drive anda maka kamu tidak perlu upload ulang karena nanti kamu bisa langsung mencari file pada google drive.


Demikianlah langkah-langkah cara menggunakan layanan google classroom untuk guru, semoga uraian ini bermanfaat khususnya bagi guru yang ingin tetap belajar bersam siswanya via darring atau online dalam rangka ikut serta pencegahan COVID-19 (Corona Virus Desease) seoga corona virus segara hilang dimuka bumi, amin. simak juga Cara Menghapus Retail Mode On Pada Samsung Galaxy

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara menggunakan google classroom untuk guru"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar