Cara membuat animasi katak Berkedip



Cara membuat animasi katak Berkedip

Cara membuat animasi katak, Cara membuat animasi katak berkedip atau dalam bahasa jawanya  melek merem, seperti gambar di samping .cara ini mungkin sangat simple untuk di praktikkan bagi para designer-designer animasi, dalam langkah-langkah ini nantinya anda memerlukan aplikasi pengolah Photo adobe photoshop, karena membuat animasi bagi pemula adobe photoshop paling cocok untuk di gunakan.

Sebenarnya ada aplikasi yang paling mudah dan cepat untuk membuat gambar animasi seperti aplikasi Photo scape, namun aplikasi ini hanya sebatas pengolahan  cahaya sehingga terlihat bergerak. Berbeda dengan aplikasi adobe photoshop selain dapat mengolah pergerakan cahaya namun juga dapat mengolah pergerakan suatu objek gambar.
Jika anda ingin langsung melihat caranya melalui vidio langsung agar capat paham bisa anda tonton vidio berikut ini:
Jika di Komputer atau laptope anda belum terinstal aplikasi adobe photoshop bisa anda download secara gratis di google banyak bisa anda cari sendiri Softwarenya atau portablenya yaitu bukan sofware yang butuh di instal, yang bisa juga anda gunakan pada komputer anda. Jika anda sudah mendownload  sofwearnya maka silahkan di install terlebih dahulu di computer anda, atau jika anda download portable bisa langsung anda buka tanpa di instal terlebih dahulu. Cara Ini saya tuangkan sangat standard, karena menggunakan objek gambar langsung untuk membuatnya, karena sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk membuat gambar animasi yaitu dengan menggunakan fungsi-fungsi seperti paths, karena kehebatan fungsi phats hampir sama dengan fungsi layer, namun saya berusaha bagaimana tutorial ini di anggap paling standard atau mudah untuk di ikuti para pembaca kususnya bagi yang ingin mendalami tentang gambar animasi.

Ok langsung saja demikian tentang Cara membuat animasi katak Berkedip:
Langkah pertama yang perlu anda siapkan adalah tiga gambar yang berbeda dalam hal ini saya ambil contoh tiga gambar katak , 1. Katak  memejamkan mata 2. Katak membuka mata dan 3. Katak menjulurkan lidah.

Setelah anda siapkan tiga gambar maka silahkan anda buka aplikasi adobe photoshop dengan cara Klik “Windows star” Lalu Pilih "Adobe photoshop" Jika sudah di instal namun tidak muncul di start menu maka cari di "All program" (paling bawah di atas "Windows start") yang ada di Pojok kiri bawah perhatikan gambar berikut:

Cara membuat animasi katak Berkedip

Setelah aplikasi adobe photoshop tebuka dengan semprna silahkan anda masukkan photo yang anda siapkan tadi, Caranya klik "File" pada menu bar, lalu klik "open" perhatikan gambar berikut:

Cara membuat animasi katak Berkedip
Memasukkan ketiga photo sekaligus juga bisa dengan cara tekan “Crtl” sambil klik photo-photo yang anda pilih,Kemudian "open" lebih jelasnya anda perhatikan gambar berikut:


Setelah Anda klik "open" maka akan muncul seperti gambar-gambar yang anda pilih tersebut, lalu klik "minimis"(sembunyikan dulu) salah satu photo untuk sementara agar tidak mengganggu, seperti gambar berikut:


Sebelum saya bahas lebih lanjut akan saya beri nama pada photo-photo di atas agar nantinya tidak membingungkan.yang pertama katak memejamkan mata saya beri nama Photo 1 (sebagai calon beground). kedua katak yang membuka mata saya beri nama Photo 2 (sebagai calon layer 1) dan yang ketiga katak yang menjulurkan lidah saya beri nama Photo 3 (calon layer 2). selanjutnya untuk sementara anda "minimis" pada  Photo 3 agar tidak mengganggu, Sedangkan photo 1 (Beground) dan Photo 2 biarkan saja aktif dan jangan di "minimis".

Kemudian anda masukkan Photo 2 kedalam photo 1 dengan cara klik (jangan di lepas, tekan sambil seret ke lokasi photo 1 atau beground) sehingga nantinya sebuah beground akan terdapat satu layer (photo 2). untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Gambar di atas menunjukkan Photo 2 sudah masuk ke photo lain (menjadi layer) kemudian anda atur posisi layer tersebut hingga menyamai begroundnya (photo 1) Seperti gambar berikut:

Setelah itu anda lakukan hal yang sama pada photo selanjutnya yaitu photo 3 yang anda "minimis" tadi, yaitu masukkan lagi pada lokas Photo no 1 (Beground) caranya sama dengan di atas tadi, sehingga akan tambah 1 layer lagi, artinya ada dua buah layer pada beground (photo 1). lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Setelah itu, kini sa'atnya anda akan membuat animasi caranya anda klik "windows" pada menu bar lalu klik "Animation" perhatikan bambar berikut:

Setelah itu anda sorot Photo 1 yang saya beri tanda "kotak merah bawah" di lanjutkan hilangkan semua lambang "mata" pada layer (selain  Beground) untuk menyembunyikan photo-photo tersebut perhatikan gambar Yang saya beri tanda panah merah di bawahberikut ini:

Dan Kali ini anda Sorot pada photo 2 (layer 1), yang saya beri tanda kotak merah bawah, sama seperti di atas hilangkan semua lambang "mata" pada layer (kecuali layer 1) perhatikan gambar berikut:

Setelah itu lakukan hal yang sama pada Photo Yang no 3 seperti cara di atas, hilangkan juga semua lambang "mata" kali ini kecuali pada layer 2 (Photo 3). perhatikan pada gambar berikut:

Dan untuk mengatur cepat-lambanya suatu gerakan anda bisa atur pada tanda lngkaran merah di atas, atau perhatikan gambar berikut:

Standarnya waktu untuk animasi yang hanya tiga gambar itu 0.2 second jadi pilih saja yang ini atau anda pilih yang lain sesuai selera anda, kemudian untuk mencoba atau memulainya anda klik pada kolom yang saya beri tanda panah merah di atas. Setelah itu selesai., Ok, demikianlah cara membuat animasi katak berkedip pada aplikasi adobe photo shop, dan dapatkan tutorial-tutorial yang lain pada artikel selanjutnya. salam..

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara membuat animasi katak Berkedip"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top