Cara menampilkan Jenis Format sebuah File



Cara menampilkan Jenis Format sebuah File

Cara menampilkan Jenis Format sebuah File, sebenarnya judul yang cocok dalam pembahasan ini adalah cara menampilkan ekstensi sebuah file, lantas kenapa saya buat judul seperti itu? Karena ada rahasia tersendiri untuk membuat judul pada sebuah artikel blog.

Cara menampilkan nama format file sangat mudah

Untuk menampilkan ekstensi-ekstensi sebuah file yang ada dalam computer anda, terbilang cukup mudah, namun terkadang kita lupa karena pengaturan ini terkadang terpakai hanya satu kali, jadi jika sudah lama tidak terpakai cara ini tentunya kemungkinan besar akan lupa, misalnya di lain waktu kita akan atur lagi tentang tampilannya, jika giliran kita lupa ya tidak ingat. Jadi terpaksa Tanya mbah google jadi jika anda mendapat sebuah ilmu resapilah, hayatilah, talipati, tali kencang-kencang dalam hati agar tidak hilang. “Al-ilmu fissudur la fissuthur” (ilmu itu ada dalam hati bukan dalam tulisan” Wach.. malah ngaji.

Sebelum kami bahas bagaimana Cara menampilkan Jenis Format atau ekstensi sebuah File, terlebih dahulu anda ketahui bahwasanya, nama sebuah file itu mencakup (namafile.ekstensi) yang mana ekstensi itu sendiri terdiri dari 3 sampai 4 huruf atau karakter, yang di letakkan setelah nama (di pisah) dengan titik. Misalnya nama File “ Subhanallah” di buat melalui Aplikasi Microsof office word 2007, maka file tersebut akan memiliki nama lengkap “subhanallah.docx perhatikan Gambar berikut sebelum ekstensinya di tampilkan: (klik gambar untuk memperbesar)

Ok Langsung Saja Untuk Mengetahui Cara menampilkan Jenis Format sebuah File tersebut demikian langkah langkahnya:
  1. Pertama anda Klik menu Pengaturan "Organize" Lalu pilih "Folder and search options" untuk lebih jelasnya perhtikan gambar berikut:

Setelah anda klik "Folder and search options" maka akan muncul pop up sebagai berikut:


Pada gambar di atas perhatikan pada yang menu yang saya beri tanda lingkaran merah, Yaitu Pilih menu "View" dan Buang Cek list pada menu " hide extentions file types" Setelah itu klik "OK" selesai, maka akan tampil sebagai berikut:

Dan saya ingatkan, jika anda sudah melakukan pengaturan ini (menampilkan ekstensi sebuah file) pada komputer, hati-hati dalam me rename (mengubah nama) atau mengedit sebuah nama pada sebuag file, pastikan yang di rubah hanya huruf sebelum titik pada file, misalnya nama file : Subhanallah.docx anda ingin merubah menjadi : bacaantasbih.docx dalam hal ini nama ekstensi (huruf yang saya tebalkan)  yaitu .docx termasuk titik jangan anda rubah sama sekali, karena jika anda ubah nantinya akan tidak dapat di buka, misalnya anda rubah dengan nama ekstensi bacaantasbih.xls.

Dan juga jangan anda hilangkan nama ekstensinya semisal menjadi “bacaantasbih” (tanpa .docx) hal ini juga tidak bisa di buka sebab computer bingung ( ini file jenis apa sich..?) logika nya seperti itu. jika sudah terlanjur hilang nama ekstensinya bisa anda buka namun nantinya ada perintah ketika membuka file, sepertinya computer menawarkan ( akan anda buka dengan aplikasi apa) jika anda pilih aplikasi Microsof office word, sehubungan asal ekstensi file “bacaantasbih” (tanpa .docx ) yang tadi adalah ciptaan aplikasi tersebut, maka bisa saja terbuka, namun selain dari pada itu tidak dapat. Perhatikan gambar berikut:

Kemudian Pilih pada Aplikasi "microsof office word" yang saya beri lingkaran merah, maka file tadi (yang terlanjur hilang nama ekstensinya). akan terbuka. Demikian Tutorial tentang Cara menampilkan Jenis Ekstensi sebuah File Pada Komputer. salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara menampilkan Jenis Format sebuah File"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top