Cara membuat nilai kualitatif dan kuantitatif siswa



Cara membuat nilai kualitatif dan kuantitatif siswa

Cara membuat atau mencari nilai kualitatif dan kuantitatif siswa dengan menggunakan program aplikasi Microsoft excel, latihan kali ini kita akan bahas cara bagaimana membuat nilai kualitatif dan kuantitatif pada siswa atau peserta didik, cara ini pun berlaku juga untuk penilaian yang lain namun untuk lebih mudah di fahamnya terlebih dahulu saya ambil contoh nilai siswa atau peserta didik, cara ini sangat berguna lagi bagi anda jika kebetulan seorang guru atau bahkan seorang wali kelas. Jadi nantinya anda tidak perlu menjumlahkan dengan kalkulator, namun tinggal sekali input sebuah rumus pada lembar kerja Microsoft excel lalu enter nilai pun otomatis akan berlaku untuk semua siswa walaupun siswa anda berjumlah 100 siswa, input rumusnya pun tetap satu kali.

Oke langsung saja kita latihan membuat nilai kualitatif dan kuantitatif siswa, yang nantinya akan menjadi seperti gambar berikut: (klik gambar untuk memperjelas)

Cara membuat nilai kualitatif dan kuantitatif siswa
Langkah-langkahnya adalah anda terlebih dahulu membuat sebuah table sama persis pada gambar di atas kemudian anda perhatikan pada kolom-kolom yang saya beri angka 1,2,3 dan 4 karena nantinya anda akan input sebuah rumus tepat pada kolom yang telah saya beri kode angka tersebut. Perhatikan perintah-perintah berikut:
  1. untuk kolom yang saya beri tanda angka 1 silahkan anda masukkan rumus sebagai berikut: =AVERAGE(C8:F8)
  2. untuk kolom yang saya beri tanda angka 2 silahkan anda masukkan rumus sebagai berikut: =IF(G8>=80;"A";IF(G8>=70;"B";IF(G8>=60;"C";IF(G8>=50;"D"))))
  3. untuk kolom yang saya beri tanda angka 3 silahkan anda masukkan rumus sebagai berikut: =IF(H8<="A";"Sangat baik";IF(H8<="B";"Baik";IF(H8<="C";"Cukup";IF(H8<="D";"Kurang"))))
  4. untuk kolom yang saya beri tanda angka 4 silahkan anda masukkan rumus sebagai berikut:=IF(G8>=80;"Tuntas";IF(G8>=70;"tuntas";IF(G8>=60;"tidak tuntas";IF(G8>=50;"tidak tuntas"))))

Keterangan:
Untuk tulisan yang berwarna biru di atas silahkan anda ganti sesuai dengan titik pertemuan antara baris dan kolom yang ada pada table anda, baca lebih lanjut tentang istilah-istilah dalam program aplikasi microsoft excel.
Jadi anda hanya input satu rumus tepat pada kolom-kolom nilai siswa yang bernama ALFI, selebihnya nilai siswa yang lain otomatis mengikuti dengan cara anda tarik pointer kebawah pada masing-masing kolom.
Ok demikianlah latihan cara mencari nilai kualitatif dan kuantitatif pada siswa di lembar kerja program aplikasi Microsoft excel , dapatkan juga artkel menarik lainya pada shering berikutnya, semoga artikel ini bisa membawa manfaat bagi anda khususnya seorang guru. Salam..

jika anda ingin lebih paham tentang cara membuat nilai kualitatif siswa silahkan anda tonton vidio tutorialnya berikut ini:
 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara membuat nilai kualitatif dan kuantitatif siswa"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top