Contoh penggunaan fungsi logika di ms excel



Contoh penggunaan fungsi logika di ms excel

Contoh penggunaan fungsi logika di lembar kerja program aplikasi Microsoft excel, setelah anda mengeatahui tentang pengertian fungsi logika beserta kode-kodenya maka sekarang anda praktikkan dalam penggunaan fungsi logika tersebut, dalam hal ini kami contohkan sebuah table tentang nilai siswa yang kursus computer program aplikasi Microsoft word dan Microsoft excel, ok langsaung saja kita praktikkan cara penggunaan fungsi logika tersebut. Sebelum kita mulai pembelajaran online gratis ini anda perhatikan gambar berikut: (klik gambar untuk memperjelas)

Setelah anda perhatikan gambar di atas bahwasanya penilaian pada kolom PREDIKAT dan KETERANGAN  diatas adalah hasil dari fungsi logika atau pemikiran sebagai berikut:
  1. PREDIKAT: Bila nilai rata-rata lebih besar dari 59 maka “Lulus” selain itu maka “Tidak lulus” 
  2. KETERANGAN : Bila predikat “Lulus” maka “ Dapat sertifikat” bila Tidak Lulus maka “Tidak dapat sertifikat”
Logika di atas bisa anda rubah sesuka anda misalnya bila tidak lulus maka “”mengulang” atau yang lainnya. Ok sekarang saatnya kita buktikan rumus logika tersebut diatas jika anda berhasil melakukan experimen ini nantinya akan sama seperti pada gambar di atas:
  1. Yang pertama anda terlebih dahulu membuat sebuah table persis seperti gambar diatas, kemudian setelah anda selesai membuat sebuah table seperti di atas, sekarang kita akan melakukan penilaian  PREDIKAT kuantitatif pada kolom yang sudah tersedia di atas.
  2. Selanjutnya anda letakkan pointer tepat pada kolom PREDIKAT siswa yang bernama AMIR tepatnya di bawah kolom PREDIKAT, Begitu juga cara input rumus logika pada kolom KETERANGAN tepat pada KETERANGAN siswa yang bernama AMIR, setelah itu anda ketik rumus logika sebagai berikut:
KOLOM PREDIKAT: =IF(E6>=59;"Lulus";IF(E6<=59;"Tidak lulus"))
Sedangkan untuk kolom KETERANGAN anda ketik rumus sebagai berikut:
=IF(F6="lulus";"Dapat sertifikat"; IF(F6="Tidak lulus";"Tidak dapat sertifikat"))
Rumus ini di buat hanya sekali ketik tepat pada PREDIKAT AMIR dan KETERANGAN, selebihnya bisa otomatis mengikuti setelah anda tarik pointer ke bawah. Ok demikianlah contoh penggunaan fungsi logika di lembar kerja program aplikasi Microsoft excel, dan dapatkan tutorial-tutorial yang menarik lainnya pada posting yang akan datang insyaallah. Salam..

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Contoh penggunaan fungsi logika di ms excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top