Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel



Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel

Salam semangat untuk terus belajar di program aplikasi microsoft excel, kali ini kami akan sharing tentang Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel, cara ini terbilang lumayan mudah (bagi yang bisa) namun akan terasa sulit jika anda masih pemula seperti saya dulu, jadi di sini saya sengaja untuk berbagi tentang Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel secara gambalang disini, sebelumnya kami sudah bagikan sebuah cara untuk memberi garis pada kolom atau baris di ms excel, dan pada kesempatan kali ini saya akan bagikan bagi pembaca sekalian yaitu sebuah Cara yang lumayan sering terjadi ketika kita input sebuah data di program aplikasi microsoft excel yaitu cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel, adapun manfaat dari tutorial ini nantinya adalah andai saja kita sudah terlanjur membuat sebuah data excel sedang ada kolom yang tidak ada padahal kolom tersebut adalah salah satu syarat yang harus ada di dalam data excel  tersebut, jika kita tidak bisa menyikapinya dengan sebuah teori mungkin kita akan menyikapi masalah ini secara manual yaitu membuat data lagi, wach wach bisa kriting itu jari. jadi berangkat dari permasalahan tersebut diatas maka saya merasa teori ini sangat penting dan kemudian saya tulis. Ok langsung saja demikianlah Cara menyisipkan kolom atau baris di microsoft excel:

Cara menambah kolom atau baris di microsoft excel

Sebenarnya antara judul Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel dan Cara menambahkan kolom atau baris di ms excel, yang lebih pas adalah Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel, kenapa pada menu ini saya rubah judulnya menjadi Cara menambah kolom atau baris di ms excel? karena agar cara ini nantinya mudah untuk di ingat, karena jika dalam program microsoft word dalam masalah kolom ini di lambangkan dengan menambahkan kolom, sedangkan pada umumnya program aplikasi microsoft word itu sudah banyak yang bisa, jadi caranya hampir sama di ms word, jika di microsoft word adalah menambahkan kolom namun jika di microsoft excel adalah menyisipkan kolom.

Cara mudah menyisipkan kolom atau baris di ms excel


  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah buka data excel anda yang akan anda sisipkan atau tambahkan sebuah kolom tersebut, atau jika anda hanya ingin tahu saja maka tetap anda buatlah sebuah table ms excel seperti pada gambar di bawah ini. saya ambil sebuah contoh table nilai bahasa arab siswa mts di bawah ini dalam kasus ini adalah misalnya wali kelas lupa tidak memberi kolom nilai kualitatif siswa atau nilai berdasarkan huruf:
    Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel
  2. Setelah anda buat sebuah table ms excel seperti diatas maka kemudian silahkan anda Blog pada kolom "DESKRIPSI" dari atas hingga bawah, atau lebih rincinya dari D:4 hingga D:12, lalu anda letakkan pointer anda tepat di atas kolom yang telah anda blog tadi sehingga nantinya akan muncul sebuah pop up sebagai berikut:
    Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel
  3. Kemudian setelah muncul sebuah pop up seperti di atas maka silahkan anda klik "INSERT" Ssehingga nantinya akan muncul sebuah pop up lagi seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara menyisipkan kolom atau baris di microsoft excel
  4. Sebuah pop up dia atas ada empat buah poin pilihan yaitu adalah shift cells right, shift cells down, entri row, dan entri column, silahkan anda pilih yang terahir yaitu "ENTIRE COLUMN" yaitu "memasukkan colom" walaupun sebenarnya anda pilih "SHIFT CELLS RIGHT" kenyataannya juga bisa di gunakan namun sesuai materi yaitu menyisipkan kolom, jika anda pilih "shift cells right " berarti judul artikel yang pas adalah "cara menambah cell ke kanan" beda teori satu tujuan. Ok selanjutnya setelah anda klik yang "entire Column" maka silahkan anda klik "OK" sehingga nanti kolom akan berubah menjadi seperti pada gambar berikut:
    Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel
  5. Selesailah sudah langkah-langkah Cara menyisipkan kolom atau baris di microsoft excel, dengan selesainya anda mengikuti panduan ini bererti anda menambah sebuah ilmu dalam diri anda, yang mana jika tidak anda praktikkan kemungkinan besar besok pun akan hilang, jadi praktik dan praktiklah..
Ok demikianlah tutorial tentang Cara menyisipkan kolom atau baris di microsoft excel, semoga tutorial ini ada manfaatnya bagi pembaca, dan silahkan ikuti terus tutorial-tutorial menarik lainnya dari kami secara gratis disini pada post selanjutnya sampai jumpa salam..

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara menyisipkan kolom atau baris di ms excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top