cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word



cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word

salam semangat untuk belajar terus program aplikasi microsoft office word, kali ini saya akan sharing tentang cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word, cara ini sangat penting jika anda sering membuat sebuah dokumen microsoft office word, apa lagi anda seorang mahasiswa yang kebetulan akan mengerjakan sebuah skripsi pada semester delapan, jadi pada skripsi itu ada beberapa halaman yang nantinya di haruskan berbeda pada halaman berikutnya, jika kita tidak mengetahui cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word tentu kita akan membuat sebuah beberapa file, yaitu file yang nomor halamannya di bawah, file yang halamanya potrait atau landskip dan lain sebagainya. jadi lumayan ribet bukan? maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah cara yaitu membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word silahkan anda simak tutorial berikut ini.

cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word

  1. silahkan ada buka file anda, misalnya disini saya akan buka sebuah file yang terdapat (cover, kata pengantar, daftar isi dan BAB  I) setelah itu kita akan buat nomor halaman seperti biasa yaitu dengan cara pilih "insert" pada tab menu kemudian pilih "page number" pada sub menu tab lalu silahkan pilih format penomoran bisa anda pilih sesuka anda, dan disini saya akan menggunakan format "bottom of page" artinya format nomor halaman terletak di bawah dan letak nomor di bawah ini masih terdapat pilihan ada yang di pinggir kiri ada yang di tengah dan ada juga yang di pinggir kanan dan sebagai contoh saya pilih letak nomor yang tengah, untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut ini:
  2. setelah anda melakukan penomoran halaman tersebut, maka sekarang yang kita lakukan adalah menghilangkan nomor halaman pada "cover" karena cover tidak perlu dan jangan di beri nomor caranya anda klik dua kali pada "footer" tepatnya pada nomor halaman yang ada di halaman cover setelah itu pilih "design" pada menu tab dan cek list pada "different first page" yang terdapat pada sub menu "design", setelah itu klik dua kali lagi di luar area footer atau di bagian halaman yang telah saya beri tanda pada gambar berikut ini untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
  3. setelah anda melakukan langkah-langkah di atas maka selesai sudah bagian "cover" dan sekarang kita akan buat penomoran pada bagian "kata pengantar dan daftar isi" biasanya penomoran pada kata pengantar dan daftar isi menggunakan format penomoran angka romawi, jadi kita rubah terlebih dahulu format penomoran menjadi romawi terlebih dahulu caranya silahkan anda pilih "insert" lalu "page number" kemudian pilih "format page number" dan silahkan anda pilih yang angka romawi, maka penomoran pun semua menjadi angka romawi. untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar berikut:
  4. dan sekarang kita akan membuat angka biasa (bukan romawi) selain dari "kata pengantar dan daftar isi" misalnya halaman yang berjudul "BAB I" untuk membuat angka biasa yang bisa melanjutkan dari angka sebelumnya seperti tadi cover mempunyai angka 1, kata pengantar adalah nomor 2 dan daftar isi adalah nomor 3 dan sekarang pada BAB I ini berarti seharusnya angka 4 bukan?
  5. untuk melakukanya adalah dengan cara anda pastikan terlebih dahulu kursort tepat pada kata "BAB I" tepatnya sebelum huruf B, kemudian pilih "page layout" lalu pilih "breaks" lalu pilih "next page" sehingga nantinya pada halaman "BAB I" akan kosong (tanpa nomor halaman) untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar berikut:
  6. dan setelah itu sekarang anda rubah terlebih dahulu format penomoran yang awalnya tadi angka romawi i ii iii menjadi format nomor 1 2 3 caranya sama seperti cara di atas.
  7. selanjutnya anda klik "footer pada halaman "BAB I" tadi dan hilangkan cek list pada "different first page" dan terahir anda klik dua kali di sembarang tempat (selain area footer dan header) guna mengaktifkan kembali halaman word. selesai
Ok demikianlah cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft office word, semoga bermanfaat bagi pembaca, dan dapatkan juga tutorial-tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word"

Terimakasih, saya banyak dpt pelajaran dari membaca postingan ini, salam kenal dari saya theresia admin blog Honorer

Ok sama-sama mbak theresia, trimakasih juga atas kunjungan pertamanya.. semoga artikel cara membuat halaman berbeda beda ini bisa bermanfaat bagi semua yang membutihkannya.

kalo saya kenapa ya kalo buat kaya gini ribet amat, saya biasanya tk buat halaman pakai yg manual, maklum sy br belajar corel draw
tapi kalo liat tutor kaya gini boleh lah jadi agak simple'a
makasih ya

oya kalo ada waktu kunjungi juga blog saya ya :)
http://www.situsrpp.com

Ok sama-sama gan.. semoga tutorial cara membuat halaman bebeda pada ms word ini bermanfaat bagi anda. siap meluncur..

terimakasihh atas tutorialnya.. sangat bermanfaat buat makalah saya

Munir Elkaiz, Ok sama-sama mas, alhamdulillah kalau memberi manfaat, saya teringat kebingungan saya dulu untuk membuat halamn berbeda-beda, dan setealh saya bisa, maka saya bagikan bagi yang membutuhkan..

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top