Praktik fungsi vlookup dan hlookup



Praktik fungsi vlookup dan hlookup

salam semangat untuk belajar microsoft excel, ok kali ini kami akan sharing tentang praktik fungsi vlookup dan hlookup pada microsoft excel, sebelum kita lebih lanjut mengikuti praktik vlookup dan hlookup ini, maka ada baiknya anda ketahui pengertian fungsi vlookup dan hlookup bahwasanya fungsi vlookup adalah fungsi yang di pergunakan untuk membaca suatu tabel bantu yang tersusun secara vertikal,  rumusnya adalah = Vlookup(x,tabel,z), sedangkan hlookup secara horizontal, rumusnya =Hlookup(x,tabel,z)

Praktik fungsi vlookup

Sehubungan praktik ini sudah kami bahas dan uraikan secara gamblang pada post sebelumnya jadi tidak perlu kami jelaskan lagi, silahkan anda baca pada pos sebelumny, namun sebenarnya sama saja dengan praktik rumus fungsi Hlookup yang akan kami bahas di bawah ini, yang membedakan hanya bentuk tabel, jika vertikal maka pakai vlookup, namun jika horizontal maka memakai Hlookup.

Praktik fungsi hlookup

seperti yang telah kami uraikan pada post sebelumnya, yaitu kami akan sharing contoh fungsi hlookup pada post berikutnya, dan alhamdulillah kami masih di beri kesempatan untuk terus berbagi, jadi langsung saja demikianlah contoh fungsi hlookup pada excel, sebelumnya silahkan perhatikan dengan seksama pada gambar berikut ini:
  1. pertama silahkan anda buka data excel anda, atau anda terlebih dahulu buat seperti tabel diatas
  2. setelah itu silahkan anda perhatikan pada nama-nama kolom pada tabel yang atas disna ada nama barang, harga satuan, harga total discount dan nilai bersih. dan di situlah nantinya kita akan memasukkan sebuah rumus atau fungsi hlookup.
  3. sekaramg kita fokus pada kolom yang bernama "NAMA BARANG" pada tabel yang atas, silahkan masukkkan rumus =HLOOKUP(A3,A9:F12,2), =HLOOKUP adalah sebuah rumus hlookup, A3 di ambil dari kode barang , untuk A9:F12 di ambil dari data A9 hingga F12 pada tabel bantu (yang bawah) caranya silahkan di blog setelah koma pada kode rumus =HLOOKUP(A3, sedangkan maksud angka 2 adalah letak di mana nama barang tepatnya pada baris ke dua pada tabel bantu.
  4. dan di ahiri dengan tanda tutup kurung lalu enter. selesai lihat hasilnya jika anda berhasil maka nama barang akan otomatis terdapat nama barang
  5. untuk rumus yang lain adalah sama hanya beda pada kode terahir, jika letaknya pada baris ke tiga kodenya juga tiga dan seterusnya. atau jika ingin lebih terperinci lagi siahkan baca pada post sebelumnya, yang berjudul "cara mudah menggunkan fungsi vlookup dan hlookup.
  6. Selanjutnya praktikkan..! teori tanpa praktik akan mandul.
Ok demikianlah contoh Praktik fungsi vlookup dan hlookup di microsoft excel, semoga bermanfaat, dan dapatkan juga tutorial-tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Praktik fungsi vlookup dan hlookup"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top