perbedaan antara fungsi dengan formula pada microsoft excel



perbedaan antara fungsi dengan formula pada microsoft excel

salam semangat untuk belajar program aplikasi microsoft excel, pada kesempata kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial tentang perbedaan antara fungsi dengan formula pada microsoft excel, ya benar ternyata antara formula dengan fungsi itu berbeda, lantas apakah bedanya? maka dari itu silahkan anda simak tentang perbedaan antara fungsi dengan formula pada microsoft excel berikut ini:

Perbedaan fungsi dengan formula

sebenarnya secara hasil itu sama saja, namun bedanya terletak pada prosesnya, jika anda menulis sebuah rumus demikian =SUM(B1;B2) maka ini namanya fungsi, yaitu fungsi statistik SUM (penjumlahan) baiklah sekalian saya share macam-macam fungsi, fungsi itu ada empat macam yaitu :
  1. fungsi statistik
  2. fungsi logika
  3. fungsi string
  4. dan fungsi Vlookup/Hlookup
adapun macam-macamnya fungsi statistik yaitu SUM, VAR, MAX, MIN, AVERAGE, STDEV. MODE, COUNT DAN COUNTA, semua sudah saya bahas pada pembahasan sebelumnya pada arikel yang berjudul fungsi-fungsi statisti dalam microsoft excel. dan untuk fungsi logika di antaranya yaitu: IF, AND, OR, NOT, sedangkan fungsi string seperti =LEFT(X,Z), =RIGHT(A,Z), =MID(A,Y,Z), dan yang terahir yaitu fungsi Vlookup dan Hlookup seperti =VLOOKUP(X,TABEL,Z) =HLOOKUP(X,TABEL,Z) hal ini juga sudah saya terangkan pada pembahasan sebelumnya.

Sedangkan yang namanya Formula yaitu seperti kita mengetikkan kode pada cell seperti B1+B2 hal ini dinamakan formula sebenarnya hasilnya sama saja jika kita menggunakan sebuah fungsi =SUM(B1:B2) lalu enter. namun masih mudah menggunakan fungsi jika datanya sangat banyak, misalnya yang di jumlahkan hingga 10 baris kita tinggal ketik =SUM(B1:B10) berbeda jika kita memakai formula yang harus mengetikkan hingga sepuluh kali juga jadi seperti =b1+b2+b3+b4+b5 dan seterusnya hingga b10, ingat untuk formula tetap di beri tanda = pada awal pengetikkan jadi seperti =B1+B2 enter. untuk contoh penggunaan sebuah fungsi silahkan perhatikan pada gambar berikut:
perbedaan fungsi dengan formula
dari gambar di atas B1 = 2 dan B2= 3 yang di jumlahkan dengan memakai fungsi SUM, jadi rumusnya adalah =SUM(B1:B2) lalu enter
sedangkan untuk contoh penggunaan sebuah formula silahkan perhatikan pada gambar berikut ini:
perbedaan antara fungsi dengan formula
dari gambar di atas yaitu sama-sama menjumlahkan namun beda prosesnya, jadi formulanya =B1+B2. ok demikianlah tentang perbedaan fungsi dengan formula, semoga bermanfaat bagi pembaca, dan dapatkan juga tutorial-tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "perbedaan antara fungsi dengan formula pada microsoft excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top