cara membuat barkode/kode batang dengan excel



cara membuat barkode/kode batang dengan excel
Baiklah sharing kami kali ini adalah cara membuat barkode/kode batang dengan excel, barkode atau kode batang adalh sebuah kode yang terdapat angka-angka di didlamnya, kodebar atau kode batang ini biasanya di pakai para perusahaanperusahaan yang sudah lumayan besar karena mereka buuh bekerjasama dengan pemasar masalah harga barang mereka sehingga untuk mempermudah ha tersebut maka terciptalah sebuah bar kode untuk mengetahui harga-harga barang sehingga akan praktiss dalam penjumlahan, seperti yang telah anda lihat seperti di mini market, setelah anda selesai belanja, kasir bukannnya memegang kalkulator namun hanya menghadap komputer sambil mencari barcode-barkode barang yang ada pada barang belanjaan anda tersebut. nantinya dari hasil kita praktik kira-kira seperti ini:
cara membuat barkode/kode batang dengan excel


nah jika anda sudah ada gambaran tentang barkode tersebut, mungkin jika anda ingin bisa membuat barkode/kode batang dengan excel maka silahkan anda ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini nantinya, namun sebelum anda praktik membuat barkode/kode batang dengan excel maka komputer anda harus sudah terinstal font "free 3 of 9" atau yang lainnya intinya font yang untuk membuat sebuah bar kode di excel. jika belum maka silahkan anda download terlebih dahulu font tersebut di blog tentangwebsites ini juga secara gratis, dan di sini telah saya sediakan bukan hanya satu namun empat macam silahkan anda pilih salah satu saja sudah cukup, silahkan download terlebih dahulu font3of9x jika anda sudah selesai mendownload silahkan anda extrak filenya karena filenya telah saya buat rar jadi perlu di extrak, caranya sorot file lalu klik kanan kemudian klik "Extrak here" yang artinya extrak disini.

setelah anda selesai extrak maka pilih salah satu dari font tersebut dan "copy" perhatikan pada gambar berikut:
cara membuat barkode/kode batang dengan excel
Setelah anda copy maka silahkan "paste" kan ke tempat bagian font yang ada di memori c, sebagai rincian tempatnya yaitu computer>memoro c>windows>font, jadi di tempat inilah font-font yang ada dalam microsoft bertempat dan anda akan menambah salah satu font yang bernama free3of9x yang untuk barkode, perhatikan pada gambar:
cara membuat barkode/kode batang dengan excel
setelah itu sekarang kita akan praktik menerapkan cara membuat barkode atau kode batang dengan excel.

Praktik membuat barkode atau kode batang dengan excel
  1. silahkan buka program aplikasi microsoft excel terlebih dahulu
  2. setelah itu ketiklah semacam angka di sembarang tempat bisa puluhan, ratusan, ribuan, jutaan dan yang lebih besar sekalipun
  3. kemudian sorot atau blog agka yang telah anda ketik tadi, lalu ganti font nya dan pilih font yang telah anda instal tadi yang bernama "free3of9x" yang bentuknya adalah barkode, untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar berikut:
cara membuat barkode/kode batang dengan excel


Selesailah sudah langkah-langkah untuk membuat sebuah barkode atau kode batang di ms excel, tinggal anda praktikkan, jika tidak anda praktikkan jangan harap ilmu anda akan berkembang. terus semangat belajar program aplikasi microsoft excel. semoga tutorial ini ada manfaatnya bagi pembaca, dan dapatkan artikel-artikel menarik lainnya pada post berikutnya, sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "cara membuat barkode/kode batang dengan excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top