belajar membuat rumus excel sederhana



Belajar membuat rumus excel sederhana

Kali ini kita akan belajar membuat sebuah rumus di excel sederhana, katakanlah kali ini kita akan praktik membuat sebuah rumus yang sederhana yang sangat cocok bagi pemula, karena jika masih pemula di hidangkan rumus-rumus aneh-aneh nantinya malah tambah malas untuk belajar excel jadi yang sederhana-sederhana terlebih dahulu, dan natinya bisa di lanjutkan ke rumus-rumus yang lain. aplikasi microsoft excel jika kita banyak yang paham dengan rumus-rumusnya maka kinerja kita pun akan begitu mudah dan cepat. seperti halnya kita mengerjakan sebuah data yang berbentuk excel, di mana data tersebuat sangat banyak dari angka-angka yang perlu di jumlah, data yang harus di kurang, di ambil, di bagi dan lain sebagainya, maka jika kita belum begitu tentang rumus-rumus tersebut maka akan terasa berat untuk mengerjakannya, jangankan saja mengerjakan melihat saja kita seperti sudah capek, namun jika kita sedikit memahami rumus-rumus yang ada di microsoft excel mak akan terasa mudah dan pekerjaanpun akan cepat terselesaikan.

Baiklah langsung saja, kita akan belajar atau praktik membuat seuah rumus excel, secara teori caranya hampir sama seperti pada pelajaran matematika ketika kita di sd. penjumlahan di lambangkan dengan (+) pengurangan di lambangkan (-) perkalian di lambangkan (*) dan pembagian di lambangkan (/). baiklah pertama kita akan membuat sebuah rumus penjumlahan. sebelumnya anda perhatikan pada gambar berikut ini:
belajar membuat rumus excel

cara membuat rumus penjumlahan di xcel

  1. buka data excel anda terlebih dahulu
  2. dari data yang sudah tersedia angka-angka yang akan di jumlah maka carilah tempat atau cell yang akan kita gunakan sebagai tempat untuk memasukkan rumusnya.
  3. ketik, =sum(data 1,data 2 data 3 dst..) enter
setelah anda enter maka hasilpun akan muncul pada tempat yang di ketikan rumus tadi. pada gambar di atas terlihat rumusnya adalah : =sum(A2:C2) itu artinya dari data A2 hinga data c2, jadi intinya sama saja. adapun untuk membuat A2:C2 ini anda tidak perlu mengetikkan pada keyboard namun langsung saja klik range ada (A2 sampai C2) sedangkan untuk mengetahui hasil lainnya anda pun juga tidak perlu membuat ulang rumusnya namun tinggal tarik pointer yang ada ke bawah seperti pada gambar di atas. sehingga hasilnya pun akan sama-sama penjumlahan.

Cara membuat rumus pengurangan di excel

  1. car membuat sebuah rumus pengurangan sederhana ini anda tingal ketik rumusnya data =A2-B2 enter. ingat dalm mengetik rumus pada excel jangan sampai lupa tanda sama dengan (=) di awal rumus.
  2. setelah anda input rumus tersebut maka hasilnya pu anda akan melihatnya juga. rumus tersebut mempunyai arti : dat A2 di ambil data B2, jika data A2=25.000 dan B2=3500 maka hasilnya pun nanti akan berjumlah 21.500 silahkan di coba.

Cara membuat rumus perkalian di excel

  1. caranya pun hampir sama dengan cara membuat rumus pengurangan yaitu : =A2*B2 enter
  2. maksud dari rumus tersebut adalah data A2 di kali dengan data B2, jika data A2 25.000 dan data B2 3500 maka hasilnyapun nantinya akan : 87.500.000 selamat mencoba.

Cara membuat rumus pembagian di excel

  1. caranya sama juga =A2/B2 enter, jika datanya sama seperti pada gambar di atas maka nantinya akan berjumlah : 7,142857143, jika anda tidak suka terlal banyak angka di belakang koma, maka bisa anda kurangi jumlah angka tersebut dengan cara: pada menu "home" dan pada su menu "number" klik menu "decrease decimal" sehingga dengan anda klik satu kali maka angka di belakang koma akan berkurang satu, silahkan lakukan sehingga sesuai dengan yang anda harapkan.
  2. selesai
Ok demikianlah belajar kita kali ini tentang membuat rumus sederhana pada excel, semoga bermanfaat dan dapatkan juga tutorial-tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam. tentangwebsites.blogspot.com.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "belajar membuat rumus excel sederhana"

Ok sama-sama mas opc plus, semoga artikel seputar panduan excel cara membuat rumus sederhana di excel tersebut memberi manfaat bagi pemirsa sekalian yang membutuhkannya.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top