rumus microsoft excel lengkap dengan gambar



Rumus microsoft excel lengkap dengan gambar

Baiklah kali ini saya akan sharing tentang materi microsoft excel yaitu rumus microsoft excel lengkap dengan gambar, di katakan lengkap mungkin karena lumayan banyak yang akan di bahas, bukan berarti semua rumus nantinya ada disini, namun memang lumayan banyak akan kami bagikan rumus-rumus yang ada di miceosoft excel khususnya dari yang paling standard. baikalh langsung saja demikianlah rumus-rumus tersebut yang bisa anda gunakan keperluan dalam hitung menghitung:

A. Fungsi Statistik

  1. Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
    rumus microsoft excel
    di atas adalah contoh penggunaan rumus penjumlahan yaitu = sum (b3:c3) sedangkan untuk membuat sebuah rumus pengurangan yaitu : = B3-C3 enter, selesai, sedangkan untuk rumus perkalian yaitu : =product(B3:C3) enter, dan untuk rumus pembagian yaitu : =B3/C3 enter
  2. MAX : untuk mencari nilai maksimal rumusnya: =Max(a1:a2) enter
  3. MIN : untuk mencari nilai minimal rumusnya : =Min(a1:a2) enter contohnya:
    rumus microsoft excel

  4. AVERAGE: mencari nilai rata-rata rumusnya : =Average(a1:a2) enter, contoh bisa menyesuaikan seperti rumus Min diatas
  5. MODE : mencari nilai tengah rumusnya : =Mode(a1:a2) enter
  6. CONT : untuk menjumlah banyaknya angka dalam cell yang terseleksi. rumusnya : =COUNT(C4:C8)
  7. CONT A : untuk menjumlahkan banyaknya data dalam cell yang terseleksi. rumusnya : =COUNTA(C4:C8)
  8. COUNTIF : untuk menjumlahkan banyaknya data yang menggunakan kriteria tertentu, baik itu kriteria yang menggunkan huruf maupun angka. rumusnya : =COUNTIF(C4:C8) untuk lebih jelasnya anda perhatikan pada gambar berikut:
    rumus ms excel lengkap
  9. Dan lain sebagainya. 
Baca Selengkapnya : Cara penggunaan fungsi count, counta dan countif pada excel

B. Fungsi Logika

  1. IF, Mengandung arti “JIKA” artinya jika pernyataan benar maka perintah pertama yang di laksanakan, jika salah maka perintah kedua yang akan di laksanakan rumusnya : =IF(B2>=75,"Lulus",IF(B2<=74,"Tidak lulus")) contohnya:
    rumus microsoft excel lengkap
  2. AND, bernilai benar jika semua pernyataan benar
  3. OR, bernilai benar jika salah satu atau semua pernyataan adalah benar
  4. NOT, merupakan kebalikan dari nilai pernyataan yang ada, jika pernyataan bernilai benar maka fungsi NOT akan membuatnya menjadi salah sebaliknya jika pernyataan bernilai salah maka fungsi not akan membuatnya menjadi benar.

C. Fungsi String

  1. LEFT, fungsi left ini di gunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri contoh : = left (x,z)
  2. MID, fungsi mid ini di gunakan untuk mengambil karakter dari tengah contoh : = mid (x,y,z)
  3. RIGHT, fungsi right ini di gunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kanan contoh : = right (x,z).perhatikan gambar berikut ini:
    rumus microsoft excel string
    Keterangan:
    mencari angka 11 berasal dari = left (kode,2)
    mencari angka AA berasal dari = mid (kode,4,2)
    mencari angka 31 berasal dari = right (kode,2)
Agar tambah mudeng/paham tentang rumus ini silahkan anda baca tutorial lengkapnya: Cara penggunaan fungsi left, mid dan righ pada excel

D. Fungsi look up

Fungsi ini di bagi menjdi 2 yaitu : 
  1. Hlookup (untuk mendeteksi cell yang horizontal H )
  2. Vlookup (mendeteksi cell yang vertikal / V ) Contohnya :
    rumus microsoft excel lengkap vlookup

E. Rumus Excel Lainnya

1. Fungsi ROUND, ROUNDUP, ROUNDOWN, MROUND
  1. Fungsi round yaitu sebuah fungsi untuk membulatkan sebuah bilangan ke digit yang tertentu. semisal jika cell A1 berupa data angka : 23,7925, dan Anda ingin membulatkan nilai ke dua tempat desimal, rumusnya sebagai berikut: =ROUND(A2, 2), hasilnya menjadi  23,79
  2. Fungsi ROUNDUP, Fungsi rumus ROUNDUP dipergunakan untuk selalu membulatkan ke atas [menjauhi nol], rumusnya : =ROUNDUP (A1, 2)
  3. Fungsi ROUNDOWN, Fungsi ROUNDDOWN ini digunkan untuk membulatkan ke arah bawah (mendekati nol), penulisan rumusnya adalah =ROUNDDOWN (A1, 2)
  4. Fungsi MROUND, Dan terahir fungsi MROUND, yaitu sebuah Fungsi untuk membulatkan angka ke perklian tertentu misalnya untuk membulatkan ke 0,5 terdekat dan untuk lebih jelasnya masalah fungsi rumus Round, roundup, roundown dan mround ini silahkan anda baca selengkapnya pada artikel yang telah saya buat khusus dan saya sertakan gambar berikut ini 
Cara menggunakan fungsi Round, roundup, roundown dan mround pada excel

2. Fungsi SQRT
fungsi Sqrt adalah sebuah rumus untuk mencari akar kuadrat atau angka pangkat dua mislnya mencari akar kuadrat dari 25 berarti 25^2= (5x5)=25. rumusnya =SQRT(B4) ENTER. untuk lebih jelanya masalah Fungsi SQRT ini silahkan anda baca selengkapnya :
Contoh Cara penggunaan fungsi SQRT pada exce
3. Fungsi POWER
Rumus atau fungsi dari POWER ini adalah untuk mencari hasil dari pangkat 2 tersebut berarti fungsi ini kebalikan dari fungsi SQRT, semimisal anda akan mencari hasil dari 50^2 (50 pangkat 2) = (50x50) = 2500, Rumusnya yaitu =POWER(B2,2) ENTER. untuk lebih jelasnya fungsi ini :
Cara menggunakan fungsi Power pada excel
4. Rumus Fungsi penjumlahan dan pengurangan angka kuadrat
  • Fungsi Rumus SUMSQ, Yaitu sebuah fungsi/rumus untuk mengembalikan jumlah kuadrat dari sebuah argumen dapat digunakan untuk menghasilkan angka berpangkat dua dan di kembalikan lagi ke jumlah. rumusnya adalah =SUMSQ(A2,B2) artinya jika data A2 bernilai 20 dan data B2 bernilai 5 maka sama dengan 20^2+5^2 sama dengan (20 kuadrat + 5 kuadrat) sama dengan (400+25)=125
  • Rumus SUMX2MY2, Rumus SUMX2MY2 ini di gunakan untuk pengurangan dari hasil bilangan kuadrat rumusnya adalah =SUMX2MY2(A9:A11,B9:B11)
  • Fungsi Rumus SUMX2PY2, Fungsi SUMX2PY2 ini lumyan sama dengan fungsi SUMX2MY2, yaitu tepat pada point nomor 2 diatas hanya saja jika SUMX2MY2 hasil dari bilangan kuadrat tadi di kurang, namun jika fungsi rumus SUMX2PY2 ini di tambah.
  • Rumus SUMXMY2, Langsung saja Rumusnya =SUMXMY2. yang ini berfungsi untuk mengembalikan jumlah kuadrat dari perbedaan yang sesuai data-data yang tersedia dalam cell, untuk lebih jelasnya secara lengkap silahkan baca :
Rumus Penjumlahan, pengurangan bilangan kuadrat di excel

Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang rumus microsoft excel lengkap dengan gambar, semoga bermanfaat dan dapatkan juga tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.tentangwebsites.blogspot.com

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "rumus microsoft excel lengkap dengan gambar"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top