Cara mudah membuat animasi dengan photoshop



Cara membuat animasi dengan photoshop

Cara buat animasi dengan photoshop
Para pembaca yang budiman kali saya akan berbagi sebuah tutorial tentang animasi yang berjudul Cara mudah membuat animasi dengan photoshop, untuk pembuatan gambar animasi sebenarnya sangat banyak cara namun untuk cara yang sederhana adalah dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop, sebenarnya ada yang lebih sederhana lagi yaitu aplikasi photo scape namun aplikasi sangat terbatas hanya sekedar pergerakan pada efek-efek cahaya saja jadi kurang menarik jika anda ingin lebih mudah lagi silahkan anda coba photo scape. dan pada kesemmpatan kali ini saya menggunakan adobe photoshop, dan cara yang akan saya bagikan adalah cara yang sangat sederhana dan mudah anda cepat untuk memahami cara pembuatan photo animasi. anda bisa menggunakan adobe photoshop cs 2 or cs 3 semua bisa jika adobe photoshop versi terbaru kemungkinan besar lebih sempurna lagi untuk caranya bisa anda menyesuaikan saja karena antar versi adobe photoshop itu tidak terlalu berubah dalam tampilan hanya saja versi demi versi bertambah beberapa penggunaan tool saja itu pun tidak banyak. baiklah langsung saja demikianlah langkah untuk menjadikan gamnar menjadi bergerak atau gambar animasi.


Langkah-langkah membuat gambar animasi dengan photoshop

sebelum anda melakukan langkah-langkah berikut anda persiapkan terlebih dahulu 2 photo yang akan anda jadikan animasi, dan sebagai contoh hasilnya nanti anda bisa perhatikan pada gambar di atas, bagaimanakah cara membuatnya? demikianlah langkah-langkahnya, setelah anda siapkan 2 photo maka selanjutnya:
  1. Buka aplikasi pengedit photo adobe photoshop
  2. Ambil 2 photo yang telah anda persiapkan tadi dengan cara file >> open dan silahkan anda cari lokasi photo yang ada pada komputer atau laptope anda.
  3. Pada kesempatan ini saya menyediakan 2 buah photo anak yang mana saya akan membuat sebuah animasi bergerak tepatnya pada mulutnya, photo 1 mulutnya tertutup dan photo 2 mulutnya membuka.
  4. Photo 2 silahkan anda seleksi tepat pada mulutnya, penyeleksian ini bisa anda gunakan eliptical marcuee tool yang berbentuk lingkaran pada tool box.
  5. Atur kelembutan atau Father dengan 5, anda bisa menyesuaikan sendiri tidak harus 5 karena kemungkinan ukuran pixel photo anda dengan photo yang saya gunakan itu berbeda jadi semakin besar rasio pixel photo anda maka semakin besar juga kelembutan father yang di butuhkan.
  6. Setelah anda seleksi tepat di area mulut photo dua, maka silahkan anda pilih pada tool bar edit >> copy
  7. Selanjutnya pergi ke photo 1 lalu pilih edit >> paste sehingga gambar mulut yang anda copy dari photo 2 tadi akan menjadi sebuah layer baru yang bisa anda pindah-pindah secara bebas pada lokasi atau area photo 1 dan silahkan anda atur posisi yang kurang pas seperti letak atau besar kecilnya mulut. dan jika contras warna juga kurang seimbang atau kurang serasi maka anda bisa menyesuaikan warnanya dengan memanfaatkan tool level, caranya image >> adjusment >> levels dan silahkan anda utak atik kontras gambar hingga sesuai, lalu Ok, untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambra berikut:
    Cara membuat animasi di photoshop

  8. Lalu kita pergi ke jendela animasi caranya window >> animasi kemudian buatlah frame baru dan juga beri waktu jeda pergerakan dan silahkan pilih nilai 0.5 waktu ini bisa anda tentukan sesuai selera dangan cara klik pada tulisan 0.sec. seperti pada gambar di bawah : 
    Cara buat animasi dengan photoshop
  9. Dan sekarang anda fokus ke layer dan ingat pastikan frame yang tepilih atau tersorot adalah fram 2 terlebih dahulu, pada layer gambar mulut yang anda pastekan tadi silahkan anda hilangkan lambang mata dengan cara klik lambang mata, silahkan anda perhaatika pada gmabar berikut :
    Cara buat animasi dengan photoshop
    sedangkan untuk melihat hasil pergerakan gambar animasi tersebut silahkan anda klik tombol play yang letaknya tepat pada jendela animasi. dan jika anda berhasil maka kira-kira akan menjadi seperti pada gambar di atas tadi.
Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang tutorial animasi dengan judul Cara mudah membuat animasi dengan photoshop, semoga bermanfaat dan menjadi modal tambah anda mengembangkan sebuah ilmu editing dan animasi, bisa saja anda membuat sebuah film animasi jika anda punya ketelitian dalam pembuatan sebuah animasi. dan dapatka juga artikel menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara mudah membuat animasi dengan photoshop"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top