Cara simple membuat macro excel



Cara simple membuat macro excel

Para pembaca yang budiman kali ini sya akan berbagi sebuah tutorial excel dengan judul Cara simple membuat macro excel, macro vba excel yang akan saya bagikan ini terbilang sederhana dan simple dan natinya anda bisa mengembangkan sendiri dengan modal ini nantinya, vba adalah kepanjanaganya visual basic for aplictions. Ok langsung saja tanpa panjang lebar denikianlah Cara simple membuat macro excel.

Langkah-langkah membuat macro excel secara sederhana

sebelum anda melakukan langkah-langkah ini kemungkinan pada menu tab excel anda tidak terdapat menu tab developr karena secara default lembar kerja microsoft excel tidak ada menu developernya jika memang belum anda setting. sedangkan untuk menambah atau mengaktifkan menu developer tersebut silahkan anda baca tutorialnya di bawah ini


setelah menu tab anda terdapat menu developernya maka silahkan anda lanjutkan langkah-langkah membuat macro pada excel di bawah ini:
  1. buka program aplikasi microsoft excel anda
  2. letakkan kursor di awal cell dan pilih menu developer >> insert >> active x controls >> command button dan buatlah sebuah kotak dengan kursort anda
  3. lalu klik kanan pilih view mode
  4. kemudin jika sudah terbuka jendela macro silahkan anda tambahkan kode Range("a1").Value = "contoh" di antara kata Private Sub CommandButton1_Click() dengan End Sub sehingga secara lengkap kodenya menjadi seperti berikut : Private Sub CommandButton1_Click()
    Range("a1").Value = "contoh"
    End Sub untuk kata "contoh" bisa anda rubah sesuai kebutuhan anda perhtikan pada gambar berikut :

  5. Close jendela kemudian klik sembarang untuk melihat hasil, jika anda berhasil akan menghasilkan kata contoh pada range a1 seperti pada gambar berikut:
    Selesai, semog berhasil, dan anda bisa kembangkan sendiri dengan kreasi anda.
Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Cara simple membuat macro excel dengan mudah, dan semoga bermanfaat, dapatkan juga tutorial menarik lainnya seputar excel pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara simple membuat macro excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top