Cara mencari nilai KORELASI dengan excel



Para pembaca yang budiman Kali ini kita akan belajar mencari nilai korelasi dengan microsoft excel, caranya sangat mudah, sebagai contoh encarian nilai korelasi ini saya mengambil sebuah sampel dari nilai pendapatan dan pengeluaran sebuah hasil seorang karyawan atau perusahaan dari bulan ke bulan, baiklah langsung saja demikianlah Cara mencari nilai KORELASI dengan excel.

Nilai korelasi adalah nilai yang bisa menunjukkan sebuah kekuatan dan arah hubungan linier antara dua peubah acak (random variable). Dan anda bisa melihat adanya korelasi tinggi atau rendah atau bahkan ttidak ada korelasi maka anda perlu memahami pada rincian berikut:
  1. -1 = Korelasi tinggi
  2. < -0.9 = Tinggi
  3. > - 0.9 = Rendah
  4. < -0.4 = Rendah
  5. > -0.4 = Tanpa korelasi
  6. 0 = Tak ada korelasi (acak)
  7. <= +0.4 = Rendah
  8. > +0.4 = Sedang
  9. < +0.9 = Sedang
  10. > +0.9 = Tinggi
  11. +1 = Korelasi tinggi
Nilai Korelasi juga sering di sebut dengan koefisien korelasi, Pertama silahkan anda membuat sebuah tabel sebagai contoh untuk praktik untuk mencari nilai korelasi, atau jika anda bingung silahkan anda buat sebuah tabel persis pada tabel yang telah saya buat berikut ini.
mencari nilai KORELASI dengan excel

Selanjutnya silahkan anda masukkan rumus korelasi excel pada kolom C10 diatas DENGAN RUMUS CORREL adapun sintaknya adalah : =CORREL(array1, array2), maksudnya adalah array1 = rentang sel yang berisi nilai variabel x dan array2 = rentang sel yang berisi nilai variabel y, sehinga rumusnya nanti akan menjadi : =CORREL(B3:B9,C3:C9) Enter. Dan silahkan anda lihat hasilnya adakah korelasi antara pendapatan dan pengeluaran Pada data anda? anda bisa mengetahui dengan rumus fungsi CORREL.

Baiklah demikian Cara mencari nilai KORELASI dengan excel, semoga bermanfaat dan dapatkan juga materi-materi mearik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam baca juga Contoh Fungsi LOGIKA IF pada Microsoft Excel

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara mencari nilai KORELASI dengan excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top