Operator relasi fungsi logika



Sebelumnya sudah saya bahas tentang pengertian fungsi logika dan macam-macamnya namun belum sempurna jika anda belum mengetahui operator relasinya, operator relasi ini adalah sebuah alat yang untuk merelasikan atau membandingkan dua data atau lebih pada satu cell, jika nilai tersebut dianggap benar/True maka akan mempunyai nilai 1 dan jika mempunyai nilai salah/fals maka menghasilkan nilai nol/0. baiklah langsung saja demikianlah Operator-operator relasi untuk menggunakan fungsi logika.

Operator relasi

Operator relasi fungsi logika
  1. = : lambang / operator ini mengartikan "sama dengan"
  2. > : lambang/ operator yang ini memberikan sebuah arti "lebih besar"
  3. >= : lambang/operator ini mempunyai arti "lebih besar atau sama dengan"
  4. < : lambang/atau operator yang memiliki arti "lebih kecil"
  5. <= : lambang/operator yang memiliki arti "lebih kecil atau sama dengan"
  6. <> : tidak sama dengan
Jadi operator-operator yang tersebut diatas harus anda hafalkan terlebih dahulu untuk mendalami fungsi-fungsi logika, agar anda tidak perlu mencari dan mengingat-ingat lagi dalam membuat sebuah rumus. karena operator-operator relasi fungsi logika diatas pasti akan sering anda gunakan dalam membuat sebuah rumus-rumus apapun yang masih berhubungan dengan rumus logika seperti contoh Menggunakan operator relasi fungsi logika = atau sama dengan : =IF(OR(D5="A";D5="B");"TUNTAS";IF(D5="C";"TIDAK TUNTAS";"GAGAL")) dan contoh operator relasi fungsi logika dengan >= seperti contoh: =IF(E5>=80;"A";IF(E5>=66;"B";IF(E5>=56;"C";IF(E5>=46;"D";"E")))). dan anda bisa mempraktikkan operator-operator fungsi logika lainnya.

Baiklah demikian operator-operator relasi fungsi rumus logika yang bisa saya bagikan kepada anda semoga bermanfaat, setelah anda mengetahui operator relasi rumus logika ini anda bisa mengikuti materi selanjutnya yaitu masih seputar fungsi logika IF. sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Operator relasi fungsi logika"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top