Cara cepat meningkatkan CPC iklan AdSense



Baiklah para blogger yang budiman kali ini saya akan berbagi tentang Cara cepat meningkatkan CPC iklan AdSense, tiada lain cara ini adalah dari salah satu teman blogger yang lumayan teliti, dan suka bereksperimen, dan hasilnya jika tidak tersimpan rasanya eman-eman kan? jadi artikel ini salah satu experimen beliau walaupun di satu sisi ada yang kontra dengan hasil experimen tersebut namun setidaknya bisa kita gunakan sebagai bahan perbandingan. Ok langsung saja demikianlah tulisna beliau:

Carameningkatkan CPC iklan AdSense

Experimen untuk meningatkan CPC iklan AdSense

Mau share Saja soalnya banyak banget yang semenjak Desember cpc sama kliknya jatuh hancur-hancuran. saya sampai bingung gara-gara klik cuma seiprit (sedikit) dan cpc nyungsep (terjun) bahkan bisa ampe 0.01 tapi visitor sama page view stabil bahkan merangkak naik.

Akhirnya, saya mulai experiment sendiri dengan membaca analytic didasboard (soalnya terintegrasi) saya perhatikan visitor datangnya dari mana, pakai platform apa? Klik Iklan datangnya dari artikel apa? Jam berapa traffic datang etc.

Setelah saya summary, ternyata visitor ane sudah tidak pakai desktop lagi, kebanyakan pakai smartphone murah tab masih sedikit. (dulu banyak dari desktop makanya fokus buat tampilan sama visitor desktop)

Dari situ saya mulai obrak-abrik blog based on karakter visitor. Penempatan iklan dirubah mengkuti hot spot smartphone murah layar 4 inch. Fitur mobile dimatikan biar template responsip nongol walaupun jadinya lebih berat dan jenis iklan apa yang pas dimobile 4 inch serta etc bla...bla...bla.

Hasilnya klik sama cpc (saya bingung kenapa cpc naik drastis nyaris $1 padahal yang dioptimalkan blog, bukan adsense kaya bikin costume channel or seo) naik sampai 200% Sama seperti algoritma habit dan trends visitor pasti berubah, dan kita harus menyesuaikan. Mungkin tahun depan trendnya pake tab dan udah 4G, harus bisa baca karakter orang pake tab gimana? Hot spot mata sama jarinya di mana? Tapi ingat setiap blog visitornya beda-beda, jadi kasusnya pun beda.

Bottom linenya udah ngerti, pokoknya baca aja analytic kalian. tidak mengerti pakai dan bacanya? Belajar! 

jacko mboy

Agak bingung baca analisa ente gan, summary ente blog banyak diakses dari smartphone murah, artinya niche visitor kamu punya daya beli rendah (kalo niche punya daya beli tinggi kemunkinan besar pake smartphone mahal kayak iphone atau ipad).

Nah kalau market niche blog kamu berdaya beli rendah, iklan yg tampil kemungkinan iklan murah juga dong, karena interest based ads yang tampil kemungkinan besar produk murah juga.

Mungkin analisa anda kurang menambahkan pertanyaan-pertanyaan ini :

+ sudah berapa lama kondisi ini berjalan setelah optimasi? Kalau masih baru lebih baik ditunggu 1-2 bulan buat melihat efektivitas optimasi baru buat kesimpulan.

+ Distribusi cpc klik, normal atau timpang? Kalo timpang mungkin kebetulan ada 1 atau 2 klik yg cpcnya mahal yang mendongkrak rata2 cpc.

+ sudah cek cpc dari masing platform belum (smartphone, desktop, tablet)? Jangan-jangan klik yang mahal itu datangnya dari dekstop juga.

Wali yadi
+jacko mboy​​ Udin 2,5 bulanan untuk yang gado-gado saja, sekarang sih paling low 0.28 itupun sabtu-minggu aja (entah kenapa) tapi kalau wekeend klik amburadul banyak banget. Jadi sama aja sih ujungnya.

Kalo gado-gado emang low banget cpcnya tapi tapi blog saya page one untuk pembahasan beberapa materi properti sisa page one untuk low keyword home appliants sama pets klo tech tidak kuat semuanya mentok page 2 saja.

Page one untuk non niche lebih dari lumayan. Untuk pets aja page one dari 2 juta pencarian. Sebenarnya ada dua niche lain dibelakang yang gado-gado, ini yang lupa ane sebut. 

jacko mboy
+Wali yadi yang kamu maksud niche atau topik gan? Dua hal yg sangat berbeda. saya tebak kamu menyamakan niche = topik, ini yang sering salah. Kalau kamu mau tahu niche blog coba ke analytic lihat demografi audience, itulah niche blog kamu. Coba googling lagi masalah market niche.

Yang bikin tambah bingung untuk topik pets ada di page one dari 2 juta pencarian, kalau rata-rata ctr halaman blog kamu 3% saja dan rata-rata ctr adsense 2% saja, dikali cpc 0,28 usd penghasilan kamu sehari bs 300 an USD baru dari 1 halaman, yang untuk skala blogger pribadi sudah sangat-sangat besar dan menurut saya buat apa lagi dioptimasi. Kecuali website kamu media skala besar yg 4000 USD seharipun masih dioptimasi.

Mungkin yg ente maksud dari 2 juta halaman kali gan dan ini ga nunjukin volume pencarian keyword tertentu, cuma nunjukin ada skitar 2 jt halaman terkait keyword yg di index google (CMIIW). Kalau mau tau berapa banyak volume pencarian dari keyword tertentu paling mudah dari google adwords.

Coba baca baik2 lagi masalah market niche, platform, dan kaitan niche sm topik blog gan supaya optimasi ente tidak sia-sia.

Ok demikianlah pembahasan tentang Cara cepat meningkatkan CPC iklan AdSense dari mas waliyadi. Namun jujur saya sama sekali tidak ambil pusing tentang masalah diatas namun saya hanya usaha bisa posting artikel secara konsisten dan hari demi hari saya merasakan telah menemukan SEO yang hilang dengan sendirinya. semoga bermanfaat. sala. Silahkan anda baca juga kajian praktis 1000 artikel bukan jaminan payout adsense

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara cepat meningkatkan CPC iklan AdSense"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top