Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text



Penting untuk anda ketahui khususnya para operator sekolah atau madrasah Padamu negeri atau yang lainnya, yaitu Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text pada micrososft excel, Karena nantinya anda akan dihadapkan sebuah kasus seperti merubah format penanggalan bagi data tanggal kelahitan siswa-siswi yang akan anda upload pada akun Padamu Negeri yaitu dari mm-dd-yyyy Menjadi yyyy-mm-dd, artinya dari awalnya penulisan tanggal lahir itu bulan-tanggal-tahun atau tanggal-bulan-tahun, maka jika di upload nantinya di harukan untuk merubah format penanggalan menjadi tahun-bulan-tanggal.

Lalu bagaimana jika data siswa-siswi anda sangat banyak? Apakah harus di inpu satu-per satu? Tentu jika anda tidak ada pilihan lain maka anda terpaksa input data tanggal lahir sisiwa-sisiwi anda secara manual yaitu input satu persatu. capek juga pokoknya. namun anda juga akan mengalami sebuah permasalahan jika anda input dengan format yyyy-mm-dd yaitu ternyata tidak bisa, karena data excel akan tetap kembali ke format mm-dd-yyyy. solusinya ada yang mengatakan yaitu merubah format tangal menjadi text namun jika saya praktikkan maka data akan menjadi sebuah angka saja dan tidak terlihat sebuah tannggal lahir, namun sebenarnya angka itu adalah angka jumlah umur yang di hitung secara keseluruhan yang otomatis sejak excel di terbitkan. dan jadinya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Silahkan anda baca juga : Rumus microsoft excel yang paling umum digunakan

Cara Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text
Namun lagi-lagi Akun padamu negeri tidak menerima (gagal upload) jika menggunakan cara di atas,. Lalu bagaimanakah solusinya?

Solusinya adalah membuat rumus terlebih dahulu pada tanggal tersebut pada excel baru untuk mencoba, setelah berhasil maka data tersebut silahkan anda copy lalu paste kan pada data yang akan anda kirim ke akun padamu negeri namun ingat Paste nya pake Paste_Value ya. Rumus tersebut adalah:

=TEXT(H3,"yyyy-mm-dd")

Keterangan rumus:
  • = : adalah sebuah perintah bahwa akan ada sebuah rumus
  • TEXT : rumus membuat Text
  • H3 : adalah nilai range yang anda maksud, sehubungan tanggal lahir siswa tersebut tepat pada kolom H baris 3, jadi H3
  • , : adalah kode spasi antar rumus, jika anda gagal dalam menerapkan rumus di atas maka silahkan anda ganti kode , (koma) menjadi ; (titik koma) hal ini di karenakan perbedaan format bahasa komputer/laptope yang anda gunakan.
Dan selanjutnya silahkan anda tarik pointer kebawah hingga selesai semua tanggal lahir siswa-siswi tersebut, Jadi silahkan anda lakukan seperti pada gambar berikut:
Cara Merubah Format (Date) Ke Text
Dari hasil pada Kolom ""K" di atas silahkan anda copy lalu "Paste value" ke kolom tanggal lahir sisiwa-sswi anda maka data tanggal lahir siswa-siswi anda pun berformat yyyy-mm-dd. dan lihat hasilnya setelah saya copy kan pada kolom tanggal lahir:
Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text
Dan kini file excel anda pun sudah bisa anda kirim ke akun padamu negeri, selamat mencoba semoga bermanfaat, sampai jumpa salam. Silahkan anda baca juga Kemana mengirim file hasil backup emis pendis?

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text"

Mas rian :Oksama-sama, Alhamdulilla bermanfaat, sekedar pengalaman saat kirim file excel ke Web Padamu negeri.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top