Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)



Berdasarkan pengalaman saya dulu saat merubah/mengganti dari blogspot menjadi dotcom (custom domain), jadi kita kali ini akan belajar untuk mengganti/merubah domain dari yang awalnya blogspot.com menjadi dotcom saja. hal ini biasa di ungkapkan oleh para bloger dengan istilah custom domain apapun istilahnya yang penting kita akan membuat blog berdomain tingkat tinggi (TLD), kemungkinan anda ingin merubah domain blogspot tersebut ke dotcom adakalanya karena ingin blognya lebih terlihat profesional dan keren atau ingin upgrad akun adsense dari yang hosted ke nonhosted, entah apa tujuan anda yang penting anda tahu langkah-langkahnya untuk merubah domain dari blogspot.com menjadi dotcom. Baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkah untuk custom domain Blogspot menjadi dotcom

Cara Custom Domain Blogspot ke dotcom

Pertama yang perlu anda persiapkan adalah :
  1. Blog yang berdomain blogspot yang bisa anda dapatkan dari blogger milik google
  2. Sudah sewa domain Tld / domain tingkat atas baik dot.com, .net .org dan lain sebagainya
  3. Ketelitian

Sekarang saatnya praktik, jika anda sudah menyewa domain dan sudah menyelesaikan administrasinya dan kini saatnya anda alihkan domain yang masih mempunyai embel-embel blogspot.com tersebut ke domain tingkat atas .com, dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan anda login ke blogger anda
2. Pada menu Dasbor blogger silahkan anda pilih Setelan dasar >> Penerbitan >> Alamat blog dan silahkan anda klik pada tulisan "Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda" untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom

3. Kemudian silahkan anda masukkan nama url atau Domain tld yang sudah anda sewa tadi, dalam hal ini dulu saya pernah menyewa domain www.imammuttaqin.com. dan jangan sampai lupa memberi awalan "www" di awal nama domain, sehingga nantinya akan tampil sebuah peringatan error sebagai berkut:
Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom
4. Perhatikan pada bagian yang telah saya beri tanda kotak merah di atas, yaitu ada dua buah bagian kode dan dalam satu bagian kode terdapat dua buah kode, kode inilah yang nantinya kita pasang pada server domain tld anda.
5. Sekarang kita menuju akun Domain, dan silahkan anda login dengan menggunakan email yang pernah anda gunakan untuk mendaftar, dalam hal ini dulu saya menyewa di idhostinger, jadi saya login ke web idhostinger. pada beranda akun silahkan anda cari "CNAME" yang jika dalam akun hostinger terdapat pada menu DNS, jika anda lain dengan kami silahkan anda sesuaikan saja biasanya istilah berbeda namun pada intinya sama saja. sehingga akan tampil sebagai berikut:

Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom
6. Pada bagian CNAME ini silahkan anda isi (sesuaikan) dengan kode yang tertera pada gambar pada poin nomor 3 di atas, kode bagian kiri silahkan letakkan pada bagian kiri (Host) istilah lain selain host ada yang berupa label, Name, seperti pada gambar di atas yaitu "www" (tanpa tanda kutip) sedangkan kode yang kanan silahkan letakkan pada bagian kanan juga (Diarahkan ke) istilah bisa berbeda pada layanan domain anda seperti Destination, addres, point, Target. jadi silahkan anda masukkan ghs.google.com
7. Sekarang kita menuju ke A-RECORD atau Addres Record, pada bagian ini silahkan anda isi pada record/rekaman alamat sesuai standard panduan google yaitu silahkan anda masukkan nilai sebagai berikut :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Sehingga nantinya akan menjadi seperti pada gambar berikut:
Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom
8. Simpan Pengaturan DNS anda.
9. Dan dari sini belum selesai, sekarang kita menuju lagi ke dasbord pada setelan sama seperti pada poin nomor 1 diatas, untuk menyimpan, yang awalnya tadi anda simpan terjadi error maka setelah server anda atur sedemikian rupa maka pengalihan pun sudah bisa di simpan.
10. Belum selesai juga karena kita belum mengaktifkan pengalihan alamat dari blogspot ke dotcom jadi satu langkah lagi anda akan selesai. masih pada setelan dasar blogger tadi pada alamat blog silahkan anda pilih "Edit" dan ceklis pada menu "Alihkan" seperti pada gambar:

Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom

Alhamdulillah, ahirnya selesai juga. lumayan lama ya prosesnya tapi juga lumayan asik bermain server. he. Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (custome domain) semoga bermanfaat, kususnya bagi anda yang baru menyewa domain Tld/dotcom. Apabila blog anda tidak bisa terbuka, silahkan anda tunggu 1x24 jam kemungkinan pengalihan server masih berjalan, jadi akan terjadi error selama belum normal kembali. sampai jumpa salam. Silahkan anda baca juga Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris Tanpa Ahli Bahasa Inggris

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top