Cara print data dengan kertas F4/legal



Para pembaca yang budiman kali ini saya akan berbagi tentang cara print data dengan kertas f4/legal, jika anda sudah menyelesaikan tugas yang notabene mengunakan program microsoft word atau ms word kini saatnya untuk mengeluarkan hasil atau print outnya, Namun terkadang hasil data yang telah kita buat itu tidak sama dengan yang ada pada komputer atau laptope, semisal ada data yang terpotong dan lain sebagainya maka dari itu pada kesempatan ini saya akan berbagi untuk cara mengatasinya.

Masalah tersebut diatas bisa saja terjadi karena pada pengaturan komputer atau laptope belum anda rubah, artinya anda masih menggunakan pengaturan asli default pada komputer atau laptope yang sedang anda gunakan, jadi kita harus mengatur ulang dari segi ukuran, kertas. model ukuran yang di gunakan pada komputer dan lain sebagainya. jika kita di indonesia umumnya kita menggunakan ukuran centi meter atau cm jadi pastikan komputer/laptope anda menggunakan ukuran tersebut agar anda mudah memahaminya.

Baca juga : Cara setting Centimeter pada aplikasi ms word

Baiklah langsung saja disini semisal ada sebuah kasus anda mengeprint data microsoft word/ms word dengan menggunakan kertas F4 atau legal, jika anda mau lihat ukuran kertas tersebut pada bungkusnya akan tertera panjang dan lebarnya yaitu Panjang 33.0 cm dan lebar 21.5, sedangkan jika komputer menggunakan inci yaitu dengan ukuran 8.5 inch × 13 inch. Namun pada kenyataannya jika kita memilih kertas model f4 /legal yang ada pada komputer disana tertera dengan ukuran 21.59 x 35.56, ini artinya kertas lebih panjang dan lebih lebar dari pada kertas f4 /legal yang telah anda beli dari toko.

Maka dari itu sebelum anda mengeprint data ms word anda maka sebaiknya anda setting/atur terlebih dahulu ukurannya disamakan dengan ukuran secara fisik dengan kertas yang akan anda gunakan yaitu secara fisik kertas f4/legal pernah saya ukur dengan mistar juga yaitu 33.0 cm dan lebar 21.5. Bagaimanakah caranya..? Berikut langkah-langkahnya:
Cara print data dengan kertas f4
1. Pada menu tab "Page layout" silahkan anda pilih "Size" di lanjutkan memilih model kertas "Legal" coba anda perhatikan pada gambar tersebut terterra ukuran 21.59 cm x 35.56 padahal secara fisik kertas legal atau f4 yang beredaran dipasar itu itu dengan ukuran 21.5 x 33.0 maka dari itu kita rubah terlebh dahulu ukuran tersebut. agar tidak ada data yang terpotong, karena kemungkinan tulisan anda telah melebihi ukuran 21.5 x 33.0 jadi bisa saja data paling bawah terpotong.

2. Setelah anda pilih mdel kertas Legal/f4 Sekarang masih tetap pada menu tab "Page layout" silahkan anda pilih menu "Margin" letaknya tepat di kiri "Size" tampak pada gambar di atas lalu pilih "Coctom margins" menu paling bawah, sehingga nantinya akan muncul sebuah pop up sebagai berikut:
Cara print data dengan kertas legal

Sekarang silahkan anda ganti ukuran 21.59 cm x 35.56 di atas dengan 21.5 x 33.0, artinya pada Width : 21.5 dan Height : 33 lalu OK. dan sekarang ukuran kertas yang telah anda gunakan pada komputer/laptope sesuai dengan ukuran kertas yang akan anda gunakan untuk ngeprint. jika anda ingin menggunakan kertas A4 maka simak : Cara ngeprint dengan kertas A4

Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Cara print data dengan kertas f4/legal, semoga bermanfaat. sampai jumpa salam. Silahkan anda baca juga Cara convert text menjadi tabel di Ms word

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Cara print data dengan kertas F4/legal"

terima kasih gan. besok saya praktekan di kantor hehe

Sama-sama mas. semoga bermanfaat.

Sama-sama mas. semoga bermanfaat.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top