Rumus if pada excel



Sebuah pemgertian serta contoh rumus if pada excel, if jika anda ketikkan dalam kolom excel maka ia akan di anggap sebagai fungsi logika yang mempunyai pemahaman "Jika" yang namanya kata "JIKA" Berarti kata tersebut kata syarat, sedangkan jawabnya berarti kata "MAKA" Dan jika dalam kolom excel maka ini di lambangkan dengan , (KOMA), dan jika anda gagal dengan tanda , (KOMA) maka silahkan coba menggunakan tanda ; (TITIK KOMA) hal ini kemungkinan format bahasa komputer/laptop yang anda gunakan berbeda dengan yang kami gunakan. Ilustrasi format penulisannya seperti berikut "jika Perhatianmu kepadaku 80% dan keatas maka aku cinta kamu" berarti penulisan rumus dalam excel:

=IF(Perhatianmu kepadaku>=80%,"aku cinta kamu")

Dari sini mungkin anda sudah bisa mengembangkan sendiri misalnya rumus if bercabang atau ganda seperti contoh ilustrasnya: "jika Perhatianmu kepadaku 80% dan keatas maka aku cinta kamu dan jika Perhatianmu kepadaku 79% dan kebawah maka aku tidak cinta kamu" maka rumus dalam excel akan menjadi :

=IF(Perhatianmu kepadaku>=80%,"aku cinta kamu",IF(Perhatianmu kepadaku<=79%,"aku cinta kamu")).

Apakah ada yang beda pada rumus if di atas? tentu ada yaitu letakkanya pada tanda tutup kurung, yang awalnya tanda tutup kurungnya ada satu, dan sekarang terdapat dua tanda kurung, apa penyebabnya? karena tanda buka kurungnya juga ada dua. jadi tanda penutup harus sesuai dengan tanda pembuka, jika tanda buka kurung ada 2 maka tutup kurungnya juga ada dua, jika ada 3 maka tutup kurung juga ada tiga dan seterusnya.

Silahkan anda baca : rumus microsoft excel lengkap dengan gambar

Praktik rumus if di excel

Sekarang kita akan praktik rumus if langsung di lembar microsoft excel, Jadi silahkan anda buka program microsoft excel anda untuk segera praktik, ilmu tanpa di praktikkan akan cepat hilang. disini saya ambil contoh mengambil nilai siswa, dalam penilaian sisiwa itu biasanya ada dua macam penilaian yaitu penilaian kuantitatif (angka) dan kualitatif (huruf) misalkan anda ingin mengambil nilai dengan ketentuan sebagai berikut:

Mengambil nilai Kuantitatif KKM 74: 
Jika Nilai siswa 74 keatas maka tuntas, jika nilai 73dan kebawah maka tidak tuntas.
Mengambil nilai Kualitatif:
Jika nilai siswa 80 dan keatas maka A, jika nilai siswa 70 dan keatas maka B, jika nilai siswa 60 dan keatas C, jika nilai siswa 50 dan keatas D" Maka pengetikkan rumus pada excel akan seperti berikut:


Nilai Kuantitatif:
=IF(B2>=74,"Tuntas",IF(B2<=73,"Tidak tuntas"))

Nilai Kualitatif:
=IF(B2>=80,"A",IF(B2>=70,"B",IF(B2>=60,"C",IF(B2>=50,"D"))))

Rumus if pada excel
Ok demikianlah sharing kami tentang Pengertian rumus if pada Excel, semoga bermanfaat, dan dapatkan tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa. Jangan lewatkan juga Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rumus if pada excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top