Tata Cara solat, Bacaan Bilal Solat Gerhana Matahari Bulan



Sebuah Panduan solat gerhana matahari serta Bacaan Bilal Solat Gerhana Matahari Bulan untuk anda yang membutuhkannya, sebentar lagi kita akan melaksanakan solat gerhana Matahari, yaitu tepatnya besok tanggal 09 Maret 2016, yang insyaallah gerhana matahari ini akan tepat di indonesi tepatnya di sumatera selatan, hotel-hotel yang ada di palembang sudah pada penuh, untuk menanti dan menyaksikan Gerhana matahari yang sudah lama tidak terjadi.

Menurut informasi yang telah saya peroleh dari masyararkat setempat yaitu dari bapak-bapak yang sudah mengalaminya dahulu gerhana matahari sudah pernah terjadi sekitar tahun 1983. dan kali ini akan terjadi lagi Gerhana matahari. dan baru kali ini juga saya akan menyaksikannya, dan pelaksanaan besok akan di laksanakan sekitar pukul 06:20 WIB. di masjid sekitar kami akan melaksanakan solat gerhana matahari pada jam tersebut. dan jika anda kebetulan dapat tugas sebagai bilal maka saya akan sharing bacaan bilal solat gerhana yang tentunya sangat beda dengan bacaan bilal pada umumnya seperti solat jum'at. namun dalam pelaksanaan bilalnya tetap sama yaitu setelah solat seperti khutbah idul hari raya idul fitri/adlha Baiklah langsung saja demikianlah Bacaan Bilal solat berhana Matahari:

Bacaan Bilal Solat Gerhana
Adapun cara pelaksanaannya solat gerhana Matahari ini berbeda juga dengan solat-solat sunnah lainnya, untuk rokaatnya masih sama seperti solat sunnah lainnya yaitu 2 rokaat namun dalam setiap rokaatnya terdapat dua fatihah dan 2 rukuk. untuk sujud masih tetap yaitu 2 sujud, jadi seperti ini:

Tata cara pelaksanaan Solat gerhana Matahari

1. TAKBIR (Sebelum takbir tentunya anda harus niat dalam hati terlebih dahulu untuk melaksanakan solat gerhana dan di bantu niat dengan lisan yaitu niatnya "usholli sunnatal kusufi ada'an imaman/ma'muman lillahi ta'ala)
2. Baca surat alfatihah + surat
3. Rukuk
4. Berdiri lagi membaca fatihah
5. Rukuk lagi
6. Berdiri lagi (i'tidal)
7. Sujud
8. Duduk
9. Sujud
10. Serdiri

Dan dari sini anda sudah mendapat satu rokaat solat gerhana, silahkan anda ulangi dengan cara yang sama untuk menlanjutkan rokaat yang kedua. Ok demikianlah sharing kami tentang bacaan bilal solat gerhana matahri beserta tata cara solatnya. semoga bermanfaat, salam. jangan lewatkan juga
10 website islami top Recomended

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Tata Cara solat, Bacaan Bilal Solat Gerhana Matahari Bulan"

sholat gerhana ini tujuannya utk apa sih?

Lo gimana anda thu, itukan anjuran rosul hukumnya sunnah muakkaddah baik gerhana matahari maupun bulan. Faidza roaitum dzalika fad'ullah.. wa kabbiru.. wasolluu.. watasoddaqu.. hatta yuksafu ma bikum, ''jika kalian melihatnya maka berdoalah kepada Allah,bertakbirlah, solatlah,sidaqohlah hingga tertutup''

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top