Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus



Baiklah para pemirsa kali ini blog tentangwebsites akan berbagi kepada para pemirsa tentang Cara untuk mengembalikan file yang hilang/terhapus di flashdisk karena virus, berbicara tentang virus maka tidak akan ada habisnya, begitu banyaknya virus maka membuat kita pengguna komputer atau laptope tidak bisa lari dari adanya virus tersebut, dengan adanya virus tersebut membuat file, data yang ada pada komputer, flashdisk akan hilang dan terhapus secara otomatis.

Jika kita alergi dengan firus maka kita tidak akan jadi bekerja dengan komputer atau laptoe , karena pada kenyataannya pasti kita akan bermain dengan flashdisk sedangkan flashdisk yang notabene colok sana, colok sini tentu akan terkandung dengan virus namun permasalahan virus ini hanya bisa kita siasati untuk di kebalikan file/data kita yang telah di grogoti oleh firus tersebut, jadi kini anda pun bisa lebih tenang bekerja dengan komputer atau laptop.

Adapun Cara untuk mengembalikan sebuah file, data yang hilang di flashdisk karena virus tersebut beraneka ragam cara dan disini akan saya bagikan dua cara sekaligus agar anda dapat memilih mana yang lebih mudah menurut pemirsa, yaitu :
  1. Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus dengan Smadav
  2. Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus dengan Command Prompt
Baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkah atau Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus:

Mengembalikan file yang hilang di flashdisk dengan Smadav

Cara ini bisa anda lakukan jika file atau data yang ada pada flashdisk anda karena telah di sembunyikan oleh anti virus yang bernama Smadav, jika file anda hilang/terhapus setelah flashdisk anda masukkan pada komputer/laptope yang didalamnya terdapat anti virus smadav maka sebenarnya file tersebut akan hilang/terhapus, walaupun rincian data terdapat isinya namun jika flashdisk anda buka maka tidak ada file, data sama sekali. pernahkah anda mengalami hal tersebut? sama seperti saya, setelah flashdisk saya masukkan pada komputer/laptope maka tiba-tiba data kosong dan hilang semua, dan saya pun terkejut padahal data-data tersebut data penting dan penuh kenagan tersendiri.

Jika anda mengalami hal yang sama seperti pada kasus di atas amaka anda jangan khawatir, ternyata file tersebut sebenarnya tidak hilang ataupun terhapus, namun hanya di sembunyikan oleh anti virus smadav karena file anda terdeteksi terdapat virus, dimana ada sebuah file, folder, dan data-data yang lain jika telah terinfeksi /terdeteksi terdapat virus oleh anti virus smadav maka anti virus smadav akan segera menyembunyikannya. lalu bagaimana solusinya? demikianlah caranya mengembalikan kembali file yang telah di sembunyikan oleh anti virus smadav tersebut:

1. Buka anti virus smadave tersebut dan lakukan scanning virus, jika pada komputer anda belum terinsatal anti virus smadav maka terlebih dahulu anda download softwarenya pada penyedia resmi anti virus samadav pada laman yang beralamat smadav.net dan silahkan anda download anti virus smadav versi terbaru.
2. Setelah selesai proses scanning virus yang akan di tandai dengan seperti pada gambar berikut:
Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus
3. Dan silahkan anda pilih/klik menu "Detail" yang nantinya akan terbuka sebuah jendela pada menu-menu yang ada pada anti virus smadav, perhatikan pada gambar berikut:

Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus

4. Kemudian silahkan anda pilih menu "Hidden" lalu ceklist/centang pada lambang memori flashdisk anda, seperti pada gambar yang telah saya beri tandai lingkaran merah di atas.
5. Selanjutnya anda klik "Unhide Checked" jika anda pilih pada "Unhide all" maka pada daftar yang di sembunyikan (hidden) tersebut akan di kembalikan semua, namun saya lihat di atas selain data memori saya adalah virus jadi yang akan saya kembalikan hanya yang saya pilih saja (data memori flashdisk) Maka data file yang ada pada flashdisk anda pun akan kembali seperti semula, dan saya pun telah membuktikannya berdasarkan pengalaman.

Mengembalikan file yang hilang di flashdisk dengan Command prompt

Selanjutnya kita akan melangkah pada cara kedua untuk Cara mengembalikan sebuah file, data yang hilang dari flashdisk karena virus, jika anda tidak mau mendownload sofware anti virus smadav terlebih dahlu jadi bisa melakukan cara kedu ini yaitu dengan memanfaatkan perintah Command prompt, yang mana tentu terdapat pada semua perangkat komputer/laptope. baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkahnya:

1. Ktikkan pada "Search program and file" atau windows explorer setelah anda pilih "Star menu" dengan huruf "CMD" tanpa tanda kutip, untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus

2. Dan silahkan anda pilih "CMD" yang telah tampil dengan warna hitam di atas, kemudia nantinya akan terbuka sebuah command prompt dan silahkan anda tambah dengan nama lokasi pladish anda, misalkan flashdisk anda terletak pada memori f, maka tambahkan saja huruf F, jika memori flashdisk anda terdapat pada memori G maka ketikkan saja huruf G, anda bisa memahami letak lokasi memori flashdisk seperti pada gambar berikut:
Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus
3. Pada gambar di atas berarti letak lokasi memori Flashdis berada pada memori "G" jadi saya akan menambah dengan huruf "G" dengan cara mengetikkannya huruf G pada keyboard yang nantinya akan menjadi seperti pada gambar berikut:

Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus

4. Kemudian setelah anda menambah huruf "G" selanjutnya silahkan anda tekan "ENTER" pada keyboard, kemudian silahkan anda ketikkan karakter berikut: (attrib -s -h *.* /s /d) tanpa tanda kurung, ada juga yang mengatakan dengan karakter berikut : (ATTRIB *.* -S -H -R /S /D) namun jika dengan kode ini terkadang tidak berhasil, dan nantinya akan menjadi seperti pada gambar berikut:

Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus


  1. Dan Sekarang silahkan anda lihat data, file yang ada pada flashdisk anda yang baru saja hilang pada windows explorer maka file, data yang hilang tadi akan kembali lagi.

Keterangan kode perintah attrib -s -h *.* /s /d) :


  1. attrib : Maksudnya adalah sebuah perintah dalam bahasa OS DOS untuk memberi attribut pada sebuah folder/file.
  2. -s : Maksudnya adalah (-) maksudnya menghapus sedangkan (s) berarti system, jadi kode -s memberi pengertian untuk menghapus attribut protected OS (Operating system)
  3. -h : seperti halnya dengan kode -s, namun jika yang -h untuk menghapus attribut "hidden" artinya file yang di sembunyikan akan di tampilkan kembali.
  4. *.* : mempunyai arti "seluruhnya" artinya semua file/folder yang mempunyai segala format (ekstensi)
  5. /s : mempunyai arti untuk memproses sebuah folder juga, jika anda tanpa mengetikkan lambang ini maka file yang jenis folder tidak akan di proses.


Demikianlah sharing kami kali ini tentang Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus, dapatkan panduan- panduan dari blog tentangwebsites secara update. semoga bermanfaat. salam, jangan anda lewatkan juga Cara menjadikan 1 printer untuk beberapa komputer dengan Jaringan LAN

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus"

Blog bermanfaat nih , makasih tentangwebsites :)

Mas cara mengembalikan file yang terhapus, Silahkan blog walking gan.. heh,

Kalau flashdisknya mau mati bisa kembali kah data nya?

Karita Sasi, Mau mati gimana maksudnya sist, mungkin yang anda maksud flashdisk tidak conect, jadi silahkan pastikan terlebih dahulu flashdish sudah connect baru lakukan langkah-langkah di atas.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top