Cara menjadikan 1 printer untuk beberapa komputer dengan Jaringan LAN



Para pemirsa blog tentangwebsites, kali ini materi komputer yaitu Cara untuk menjadikan 1 printer untuk beberapa komputer sekaligus dengan menggunakan Jaringan LAN, jadi jika anda adalah penyedia jasa warnet misalnya tentunya akan banyak komputer, dan bagi pelanggan anda tentu juga ada yang mau print out data yang di inginkan, lalu apakah anda harus menyediakan printer dengan jumlah yang sama dengan jumlah komputer? jawabannya adalah tidak harus, karena dengan mengikuti panduan ini anda cukup menggunakan 1 printer saja untuk bisa di bagikan ke beberapa PC atau komputer yang ada, bisa 2, 3, 4 komputer sekaligus. namun anda juga harus setting sharing komputer anda menggunakan alat yang anda inginkan, karena cara sharing komputer (membagi data) agar komputer 1 dan komputer 2 bisa saling membaca data masing-masing komputer itu sangat banyak cara, bisa menggunakan Kabel LAN, Wirelss dan lain sebagainya. jika anda menggunakan kabel LAN maka anda bisa membaca terlebih dahulu cara seting sharing Komputer mengunakan kabel pada panduan di bawah ini:

Silahkan Baca : Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN

Kemudian setelah anda selesai mengatur sharing komputer tersebut kini saatnya sharing Printernya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Sharing printer untuk beberapa komputer dengan Jaringan LAN
1. Pertama silahkan anda pilih "Star menu" yang terletak di pojok bawah kiri anda dan pilih "Device and Printers" Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar:


Cara menjadikan 1 printer untuk beberapa komputer dengan Jaringan LAN

2. Dan nantinya akan tampil sebuah Jendela baru yaitu tampilnya beberapa Perangkat IP printer yang pernah anda instal pada komputer, jika IP printer yang anda inginkan tidak terdapat dalam daftar berarti anda belum menginstalnya pada komputer/pc yang sedang anda setting, jadi anda harus menginstalnya terlebih dahulu drivernya (software/masternya). jika sudah ada maka silahkan anda klik pada IP Printer yang anda harapkan lalu Klik kanan dan Pilih "Printer Properties" perhatikan gambar:

cara share printer ke beberapa pc

3. Dan setelah anda pilih "Printer properties" seperti pada gambar di atas maka nantinya akan muncul sebuah popu up sebagai berikut:

Cara share printer pada komputer

4. Dan kemudian silahkan anda pilih menu tab "Sharing" dan ceklist pada "Share this printer" lalu OK. dari sini anda telah selesai dalam setting Printer untuk di buat share atau berbagi kepada komputer-komputer lainnya, namun anda juga harus setting juga pada PC/Komputernya masing-masing.

Setting Komputer Untuk menghubungkan Printer

1. Pertama sama seperti pada langkah awal saat anda akan setting printer diatas yaitu dengan cara pilih "Star menu" lalau pilih "Devices and Printers"
2. Kemudian klik pada menu "Add print" dan dilanjutkan pilih pada "Add a network, wireless or Bluetooth printer" untuk lebih jelasnya perhatikan screenshot berikut:

cara sharing komputer dengan jaringan LAN

Dan nantinya akan muncul sebuah jendela baru seperti pada gambar berikut:

cara sharing printer pada beberapa pc dengan jaringan LAN

3. Lalu pilih saja "Next" dan nanti jika muncul jendela baru yang memberikan sebuah pemberitahuan "You ha've successefully added : nama ip printer anda" lalupilih "Next" lagi dan hingga ahirnya anda akan di hadapkan sebuah percobaan printer atau "Test page" untuk memeriksa apakah Printer yang telah di sahre tadi berfungsi dengan baik atau tidak.

Dari sini baru anda telah selesai melakukan cara share printer untuk beberpa komputer sekaligus, dan jika anda ingin menjadikan sebuah printer yang anda pilih tadi sebagai pilihan printer secara default maka tinggal anda klik gambar IP Printer yang anda harapakan pada menu "Devices and Printers" tadi dan kemudian klik kanan lalu pilih "Set as default printer" Selesai

Baiklah pemirsa blog tentangwebsites semoga materi cara sharing printer dengan jaringan LAN bisa memberi manfaat bagi pembaca semua, silahkan anda simak materi menarik selanjutnya, salam. Jangan anda lewatkan juga 5 Software pengedit vidio paling populer

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Cara menjadikan 1 printer untuk beberapa komputer dengan Jaringan LAN"

NIce Triks. kunjungan balik http://ariskomputer.com

Terima kasih atas kunjungannya, semoga artikel cara Sharing Printer yang dapat digunakan oleh beberapa komputer bersama-sama dalam satu jaringan ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya.. segera meluncur gan..

Langkah2 tadi sudah di lakukan...akan tetapi setelah di coba saat search printer yg di share tidak muncul2 jg...bagaimana solusinya. Terimakasih.

Untuk devive printernya sudah di setting apa belum mas?

Jika belum caranya Star windows>>device and printer>>sorot printer klik kanan dan pilih set as default printer.

Pada settingan printer Inilah yang sering terjadi

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top