Cara merawat laptope agar awet



Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, kali ini saya akan berbagi tentang Cara merawat komputer atau laptop agar bisa awet dan tahan lama. barangkali dari pemirsa ada yang baru saja membeli komputer atau laptope atau masih akan belanja komputer atau laptope, maka sangat penting untuk di ketahui tips-tips untuk merawat laptop/komputer agar awet dan tahan lama berikut ini.

Namun sebelum anda membaca cara-cara merawat laptop berikut ini perlu anda ketahui juga tips sebelum membeli laptope / komputer yaitu salah satunya mengetahui spesifikasi komputer/laptope sebelum anda membelinya, agar anda nantinya tidak menyesal karena pilihan komputer/laptop tersebut sudah sesaui keinginan anda. adapun caranya bisa anda simak pada posting berikut ini:

Baca tips : Cara mengetahui spesifikasi komputer/laptope

Baiklah langsung saja demikianlah tips atau Cara merawat laptope agar awet dan tahan lama

Tips merawat laptope agar tahan lama

  1. Pertama Jangan terlalu banyak pada memori internalnya (Memori c), ibarat manusia memori internal atau biasanya terletak pada memori C adalah otak dari komputer atau laptope, maka jika otak manusia terlalu banyak pikiran maka ia akan pusing dan sakit kepala. begitu juga pada komputer/laptope jika terlalu penuh dengan data maka komputer/laptope anda pun akan cepat lemot/lambat loadingnya. dan jika hal ini anda biarkan dalam jangka waktu lama maka akan cepat merusak pada system, karena loadingnya tidak stabil
  2. Kedua Jangan terlalu banyak Instal software, sudah tidak dapat di pungkiri bahwa software gratis dari berbagai kategori seperti aplikasi desain grafis, audio editting, vidio editting, anti virus dan program-program lainnya yang beredar di pasaran internet, namun anda jangan tergiur terlebih dahulu, karena software-software yang anda dapatkan dari hasil download tersebut sangat rentang dengan virus yang merusak system komputer/laptope anda, jadi jangan anda asal instal, namun pikirkanlah terlebih dahulu seberapa pentingkah softtware yang akan anda instal tersebut? jika memang aplikasi tersebut sangat anda butuhkan maka silahkan anda instal softwarenya dan jangan anda takut dengan virus, karena hal ini memang sebuah kebutuhan. blog tentangwebsites.blogspot.com ini juga pernah membahas cara mengatasi file hilang karena terkena virus.
  3. Tips ketiga adalah Laptope/komputer Sering di bersihkan dengan cara di lap dengan bahan halus yang mudah menyerap debu atau air seperti Tissu, tissu ini juga sering saya gunakan untuk membersihkan komputer/laptope dari kotoran debu atau air, karena tissu sangat pekat untuk menyerap debu-debu yang bisa menghambat kinerja mesin komputer/laptope dan air yang bisa cepat merusak pada bahan-bahan yang anti dengan air.
  4. Tips Selanjutnya agar laptope anda awet dan tahan lama adalah, jangan sering laptope terkena benturan baik benturan pelan atau bahkan benturan keras, karena pada mesin hardisk terdapat assesoris piringan yang sangat tipis dan benar-benar tipis. jika hal tersebut geser sedikit saja maka hardisk anda yang akan rusak, jika hardis telah rusak maka sama dengan semua data anda akan hilang dan tidak akan pernah kembali.
  5. Cara selanjutnya adalah Matikan laptope atau komputer jika tidak terpakai, karena sinar lampu pada monitor akan mempercepat panas, sehingga jika monitor bekerja secara berlebihan maka kerusakan akan menjangkiti pada lcd layar.
  6. Matikan/ Shotdown off komputer/laptope jika telah terlihat baterai anda sudah mulai habis, minimal setelah terdapat peringatan dari laptope itu sendiri.
  7. Tips selanjutnya adalah Jangan menggunakan/mengoperasikan laptope dalam keadaan baterai di lepas, walaupun ada yang mengatakan jika akan menggunakan laptope saat di cas maka sebaiknya baterai di lepas. menurut saya itu salah besar, karena jika arus listrik masuk pada mesin/system laptope secara lansung maka akan cepat merusak system, karena seakan-akan syste terhantam arus listrik secara tiba-tiba tanpa ada penyaring terlebih dahulu (Baterai). jika anda sedang mengecas laptope padahal anda ingin menggunakannya juga maka silahkan saja hal ini tidak masalah, daripada hal di atas.
  8. Close/tutup semua program yang masih terbuka jika anda akan mematikan laptope/komputer. karena hal tersebut akan membuat system operasi penutupan laptope bingung, dan ahirnya pusing sakit kepala sama dengacepat rusak.
  9. Sering melakukan Refress, hal ini ibarat sebagai penunjang pendingin pikiran manusia, System juga butuh refressing seperti manusia, agar pikiran menjadi fress kembali, untuk melakukan refres ini anda bisa lakukan setiap kali anda istirahat/berhenti dalam melakukan aktifitas pengoperasian laptope, jadi bisa berulang-ulang anda lakukan bahkan manjadi baik. dan lakukan refres secara 3 kali berturut-turut, jika anda malas melakukan refress komputer atau laptope secara 3 kali, maka lakukan saja 1 kali dengan di tambah tekan tombol angka 5 dua kali (sama saja).

Baiklah demikianlah sharing kami tentang cara merawat mesin laptope agar awet dan tahan lama, semoga bermanfaat, sampai jumpa salam. jangan anda lewatkan juga Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara merawat laptope agar awet"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top