Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN



Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial kategori komputer, di era modern yang penuh dengan kemajuan di bidang tekhnologo terkusus komputer, tentu mengharuskan kita memahami tentang hal tersebut agar kita tidak tertinggal dari rekan-rekan anda, sebuah panduan Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN, jaringan LAN atau kepanjangan dari Lokal Area Network adalah sebuah jaringan yang bisa menghubungkan antara komputer 1 yang menjadi server utama dengan komputer lainnya yang menjadi clien komputer, sehingga nantinya setelah anda setting jaringan dengan menggunakan kabel Lan dan Ethernet switchnya, maka anda bisa membaca data dari komputer 2 jika anda menggunakan komputer 1, begitu juga jika anda menggunakan komputer 2 maka anda juga bisa membaca atau membuka data-data dari komputer 1, data yang bisa anda buka juga bisa anda tentukan tergantung setting sharingnya, file-file apakah yang akan anda bagikan ke komputer client.

Sebenarnya ada beberapa macam jaringan untuk menghubungkan sebuah jaringan antara komputer 1 dengan komputer lainnya, seperti Ethernet hub,Wireless network interface controller, Routers, Network repeater, Network bridges, Network adapter dan lain sebagainya, namun dengan jaringan model LAN ini yang terbilang mudah bagi pemula, anda bisa baca lebih lanjut tentang Macam-macam jaringan pada artikel di bawah ini:

Baca: Macam macam jaringan pada komputer

Dengan setting di atas tentu akan memudahkan kita agar tidak bolak-balik tempat karena data komputer lain bisa kita lihat. andai saja anda membuat sebuah file dokumen pada komputer 1 dan anda ingin menyimpannya pada komuter 2 maka hal tersebut juga sangat bisa. menarik bukan?. baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkah yang harus anda persiapkan terlebih dahulu:

  1. Komputer 1 yang akan di jadikan sebuah server
  2. Komputer 2, yang akan di jadikan sebuah client, pada komputer client bisa anda tambahkan dengan beberapa komputer juga tidak terbatas satu komputer
  3. Ethernet switch, adalah sebuah perangkat keras untuk menghubungkan antara komputer server dengan kabel LAN
  4. Kabel LAN, yang bisa anda dapatkan pada toko komputer, yang biasanya sudah satu paket dengan Ethernet switchnya. jika anda bingung maka anda bisa sampaikan saja kepada pemilik komputer atau tehnisinya bahwa anda ingin membuat sebuah jaringan LAN (Lokal area Network), dan berikut kira-kira bentuknya:

Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN
Pada gambar di atas, pada angka 1, adalah Kabel LAN, Sedangkan pada angka 2 adalah Ethernet switchnya, dan di atas pada kabel terdapat dua ujung, yang mana pada ujung 1 anda pasang pada komputer server dan pada ujung 2 anda pasang pada lubang Ethernet switchnya, dan silahkan anda lakukan pemasangan juga pada komputer yang akan menjadi cklient nya. di atas terdapat beberapa lubang karena bisa di pakai bukan hanya 1 komputer namun bisa pada beberapa komputer.


Langkah setting Sharing jaringan LAN

Setelah anda mempersiapkan perkakas diatas kini saatnya kita setting pada komputernya:
1. Pasang semua kabel LAN pada perangkannya kemudian hubungkan kabel dengan komputer 1 dengan komputer 2
2. Setelah anda pasang kabel LAN tersebuah sekarang anda buka komputer satu dan silahkan anda pilih Star menu lalu Control panel kemudian Network and internet
3. dilanjutkan dengan memilih Change adapter setting
4. Pada menu "Lokal area connection" silahkan anda klik kanan lalu pilih "Properties"
5. pada menu "Internet protokol versi 4 [TPC/IPV4] pilih properties
6. Ceklist menu "use the following ip address" lalu silahkan anda setting IP nya sesuai dengan kode berikut:
pada ip addres komputer 1 isikan : 192.168.1.1
pada ip address komputer 2 isikan : 192.168.1.2
Jika ada komputer yang ketiga anda juga bisa menambahkan sekalian dengan mengisikan : 192.168.1.3 dan seterusnya.
untuk subnet mask bisa anda masukka nilai : 255.255.255.0
Selanjutkan tekan OK. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:


Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN

Pada langkah selanjutnya kita akan memberi sebuah pintu agar komputer 2 tersebut bisa membaca data pada komputer 1, jadi agar data komputer bisa terbaca pada komputer 2 maka silahkan anda non aktifkan apssword, dengan cara :
  1. Pilih Star menu lalu Control panel kemudian Network and internet selanjutnya pilih Network and Sharing center dan terhir pilih Change advanced sharing setting
  2. Sekarang anda cari menu "Password protesting sharing pada menu "Home" lalu pilih "Turn off password protecting sharing" selain dari pada menu tersebut silahkan anda aktifkan artinya anda pilih On
  3. Save change
  4. Silanjutnya silahkan anda menuju ke windows explorer untuk memilih file folder yang ingin anda share dengan cara pilih file folder >> kilik kanan >> tab sharing >> lalu pilih share sehingga nantinya akan muncul sebuah tampilan sebagai berikut:
Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN

Satu langkah lagi, silahkan anda pilih everyone >> klik add >> share >> done

Dari sini anda telah selesai melakukan Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN, dan biasanya tidak langsung terhubung secara cepat karena butuh waktu pendeteksian antara kedua komputer tersebut, untuk mengaktifkan sharing komputer silahkan anda lihat di bawah menu "Network" yang nantinya akan bertambah satu menu sharing.

Untuk memeriksanya silahkan anda pilih Star windows >> my computer, dan pada menu "Network" lihat di bawahnya nanti akan ada menu tambahan lalu klik dan tunggu proses sharing sedang berjalan, jika anda berhasil maka anda dapat melihat file folder pada komputer yang lainnya. semoga bermanfaat, silahkan simak juga: Cara memperbaiki keyboard yang error pada laptop

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara setting Sharing Komputer dengan Kabel LAN"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top