Cara memeriksa kecepatan speed blog/website



mungkin saja diantara pemirsa ingin memeriksa dan mengetahui seberapa cepat loading blognya ketika di browsing oleh para pengunjung, sehingga setelah anda mengetahui cara memeriksa kecepatan loading blog/website, maka nantinya anda akan mengetahui rincian-rincian kecepatan dari segi versi desktop, android dan Operasi system lainnya, karena para pengguna atau pengunjung blog tentu berbeda-beda dalam menggunakan browsernya, ada yang menggunakan perangkat dekstop ada juga dari pengguna ponsel. jika anda melihat persentase dari kecepatan speed blog anda besar di atas 80 % maka sudah saya anggap sudah cukup baik, stabil dan cepat. atau bahkan malah sebaliknya ternyata loading blog anda lambat atau lemah dengan di tandai persentase yang sangat rendah, katakanlah 60% ke bawah, wah jika hal ini terjadi pada blog kita maka perlu kita perbaiki, salah satu tipsnya adalah membuang kode-kode html yang menjadi penyebab-penyebab loading blog anda berat atau lambat.


Website pengecek Speed blog

Lalu di mana kita akan memeriksa kecepatan/speed blog yang rokemended? Maka dari itu disini akan saya bagikan sebuah website untuk mengecek kecepatan loading blog anda resmi milik Google yang bernama PageSpeed Insights, Jadi langsung jika anda ingin memeriksa blog anda sendiri pada website milik Google developer ini pada link berikut:

PageSpeed Insights 

Dan setelah anda memeriksa speed blog anda pada website milik google di atas, maka nantinya anda akan mengetahui seberapa persent Speed blog anda. serta akan mengetahui juga apa penyebab loading blog tersebut menjadi berat dan lambat yang bisa kita perbaikinya, lalu bagaimana cara memperbaiki pada blog yang loadingnya berat yang di tandai dengan persentase speed blog hanya 60% ke bawah? Baiklah sekalian saya bagikan Tipsnya sekalian.

Cara Memperbaiki Loading blog yang berat

Jadi setelah anda memeriksanya dengan alat PageSpeed Insights di atas, dan jika anda melihat hasilnya kurang memuaskan yaitu berkisar 60% ke bawah, maka berarti loading blog anda masuk dalam kategori berat, lalu bagaimana cara memperbaikinya akar loading blog menjadi cepat? yaitu dengan cara menghilangkan kode-kode yang tertera pada menu indikasi penyebabnya, jadi langsung saja anda copy kode tersebut. anda bisa mengetahui kode penyebabnya melalui navigasi seperti pada gambar berikut:
Sebaiknya anda simak juga  : Sebab sebab loading blog berat dan lambat

Cara memeriksa kecepatan speed blog/website
Jadi jika anda klik pada menu "Show how to fix" seperti pada tanda kotak merah pada gambar di atas, maka akan muncul beberapa kode html. kode css yang menjadi sebab loading blog anda berat atau lambat, Kode-kode tersebut berada pada template blog/website anda dan silahkan anda buang kode-kode yang mencurigakan seperti yang tampil, namun perlu anda ingat! sebelum anda membuang kode tersebut maka sebaiknya anda simpan terlebih dahulu kodenya, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan nantinya.

Cara menghilangkan kode html, css penyebab berat loading blog

  1. Login ke blogger
  2. Pada menu dasbord blogger, Pilih menu template
  3. Kemudian pilih Edit template
  4. Dan silahkan anda cari kodenya di area kode-kode template blog anda, dengan cara letakkan kursor pada area kode template dan kemudian tekan tombol Ctrl +f sehingga nantinya akan muncul kotak pencarian.
  5. Selanjutnya silahkan anda pastekan kode penyebab tadi ke dalam kotak pencarian tadi dan tekan " enter" maka otomatis system akan mencari kode yang anda masukkan.
  6. Jika sudah ketemu maka silahkan anda hapus kodenya, dan kemudian pilih "pratinjau" untuk memeriksa apakah akan ada error atau tidak, jika tidak terjadi error maka baru simpan
Apakah anda ingin juga mengatasi loading blog yang berat dan lambat? silahkan anda simak juga artikel
Cara agar loading blog menjadi ringan

Demikiablah cara memeriksa kecepatan loading blog/website serta cara mengatasinya. Seperti yang telah saya katakan di atas Sebagai saran sebelum anda menerapkan pada blog anda, maka anda harus meyimpan kode yang akan anda buang tadi serta anda ingat letak kodenya, untuk menjaga jika terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Jadi jika kita mau memahami penyebab loading blog menjadi berat itu lebih kepada struktur template blog yang anda pakai, maka perlu anda perhitungkan benar masalah struktur template yang anda pilih.

Milikii juga : Template Blogger Responsive Loading fast

Sesuai pengalaman yang telah saya terapkan dalam membuang kode yang menjadi penyebab loading blog menjadi berat, ternyata terjadi sesuatu yang agak aneh yaitu tombol menu navigasi dropdown tidak berfungsi serta menu artikel terkait menjadi hilang, ahirnya saya pasang kembali kode yang telah saya simpan sebelumnya. jadi jika anda menemukan kode seperti berikut:

https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js


Maka perlu anda pertimbangkan juga untuk membuangnya, karena walaupun kode tersebut salah satu penyebab loading blog menjadi berat namun kode tersebut lumayan penting, yaitu kode Jquery untuk meringkas tampilan blog pada pengguna smartphon, android, seperti menu navigasi dropdown dll.
Semoga berhasil, jangan lewatkan juga Cara menambah penghasilan selain AdSense

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara memeriksa kecepatan speed blog/website"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top