Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted



Cara upgrade akun AdSense hosted menjadi non hosted

Cara untuk upgrade akun AdSense dari hosted menjadi non hosted ini lumayan mudah namun perlu anda ketahui juga sebelum upgrade akun hosted tersebut, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, sebuah panduan yang sangat penting bagi blogger, kususnya untuk bloger Publisher Google AdSense, Cara upgrade akun Google AdSense dari Hosted menjadi non hosted. jika anda adalah seorang publisher AdSense tentu mengetahui maksud dan tujuan artikel ini, namun jika anda belum mengetahui tentang AdSense tentu akan bingung juga apa itu Google AdSense? Apa itu akun Hosted, dan apa itu akun non hosted? jadi jika anda belum mengetahui tentang masalah ini sedikit saya uraikan tentang google Adsense terlebih dahulu.

Sebelum saya uraikan lebih dalam tentang cara upgrade akun Google AdSense, maka saya rasa akan lebih baik menguraikan terlebih dahulu sekilas tentang Google AdSense itu sendiri, Google Adsense adalah program periklanan terbesar di jagad raya milik raksasa Search engine Google, dimana para blogger-blogger (Pemilik blog) bisa bergabung untuk ikut sebagai publisher iklan dari AdSense ini, namun perlu anda ingat! untuk mendaftar Google AdSense itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh ketelitian dalam optimasi blognya terlebih dahulu. dan jika anda telah mendaftar dan di terima maka anda akan di hadapkan sebuah pertanyaan tentang nama akun yang berupa "Hosted" yang berada sebelah kiri pojok kanan pada akun AdSense tersebut. dan apa maksud dari kata hosted tersebut?
Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted

Untuk lebih gamblangnya silahkan anda simak : Mengenal lebih dekat Google AdSense

2 Macam Akun Google AdSense

Perlu anda ketahui bahwasanya akun AdSense dari Google itu ada 2 macam yaitu :
  1. Akun AdSense Hosted
  2. Akun AdSense non hosted
Sedangkan akun AdSense yang nomor satu yaitu Hosted masih terbagi lagi menjadi dua yaitu akun hosted for youtube ( Akun AdSense hasil daftar dari youtube) dan Hosted for konten ( Akun AdSense hasil daftar dari blog ber sub domain blogspot) jadi jika anda mendaftar google AdSense baik dari akun youtube yang telah anda kelola dengan baik dan dari blog yang memiliki embel-embel blogspot maka akun AdSense anda nantinya berupa akun AdSense "Hosted". jadi sebelum anda melakukan upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted maka sangat menarik jika anda mengetahui lebh dalam 2 macam akun AdSense ini. lalu timbul sebuah pertanyaan lagi, apakah perbedaan akun AdSense Hosted dengan Non hosted? jadi dari pertanyaan ini kita akan membahas terlebih dahulu seputar bedanya akun AdSense Hosted dengan Non hosted.

Perbedaan akun Hosted den non hosted

Perlu anda ketahui terlebih dahulu terjemah dari Hosted? yaitu memberi pengertian nge-host (di hosting). agar nantinya anda lebih paham untuk memaknai upgrade akun AdSense hosted. Jadi begini, akun AdSense Hosted adalah akun yang kita peroleh dari pendaftaran yang di terima dari akun-akun milik google (hosting milik google) seperti blog yang anda buat dari blogger, media sosial berbasis vidio yaitu youtube serta Admob (berbasis aplikasi), ketiganya dari Bloger, youtube dan admobe adalah milik Google, sehingga jika kita daftar melalui ketiga akun tersebut saat di terima nantinya akan memiliki akun AdSense "hosted" karena semua akun tersebut nge host (nebeng/numpang) atau apalah namanya kepada Google. jadi anda tanpa membeli hosting, tanpa membeli domain semua gratis dari Google. dari sini sering Google di sebut dengan pihak ketiga, al-hasil akun adsense Hosted adalah hasil pendaftaran melalui pihak ketiga.

Kemudian yang kedua adalah Akun AdSense non hosted, apakah akun AdSense non hosted? secara sederhana adalah kebalikan dari akun hosted seperti yang telah saya jelaskan di atas, yaitu akun yang telah kita peroleh dari pendaftaran tanpa melalui pihak ketiga seperti Google, artinya anda mendaftarkan melalui blog/website anda sendiri, lalu apakah blog yang kita buat dari blogger tersebut bukan milik kita sendiri, secara tak sadar sebenarnya blog tersebut milik Google karena kita posisinya masih menumpang atau nebeng saja, jika ada kebijakan jenis baru apapun dari google kita tidak bisa berbuat banyak, kita tetap harus tunduk dan menyetujui dengan privasi dan kebijakan yang telah di buat oleh google, bahkan jika blog kita di hapus sekalipun kita tidak bisa berbuat banyak dan harus legowo. namun google tidak menghapus blog dari blogger (blogspot) tanpa alasan, jika blog tersebut di anggap melanggar kebijakan maka bisa saja di hapus tanpa konfirmasi terlebih dahulu. berbeda jika kepemilikan blog  atau website tersebut sudah kita miliki sepenuhnya tanpa ada pihak ketiga (Google) yang ikut campur tangan.

Untuk lebih detailnya silahkan anda baca :  Perbedaan akun adsense hosted dan non hosted

Lalu bagaimana agar kita memiliki blog atau website sepenuhnya milik kita sendiri? caranya adalah kita tidak numpang lagi , kita tidak nebeng lagi, kita tidak nge-host lagi ke google, artinya kita harus sewa domain TLD (Top Level Domain) walaupun anda sudah memiliki blog dengan sub domain blogspot maka bisa juga di sewakan domain TLD nantinya kapanpun, sehingga nantinya anda akan memiliki website pribadi dengan berdomain seperti, .com .net .co.id .co .info dan dot-dot lainnya. dan jika anda mendaftarkan blog pribadi tersebut ke Google adsense maka jika anda di terima sebagai publisher AdSense maka anda akan memiliki akun AdSense dengan jenis Non-hosted.

Kelebihan Akun AdSense non hosted

Ada perbedaan lagi antara akun AdSense Hosted dan Non hosted dari segi fungsinya, yaitu jika Hosted untuk dapat menampilkan iklan dari Google hanya sebatas pada akun-akun yang nge-host dari Google, seperti yang telah di sebutkan di atas, bahwa asal dari akun AdSense Hosted ini dari pendaftaran melalui akun-akun yang nebeng atau nge host dari google, seperti Blogspot (for content) youtube (for vidio) dan admob (for aplikasi), jadi iklan pun hanya dapat tampil sebatas pada ketiga layanan tersebut. walaupun anda memiliki blog banyak selagi masih blogspot maka anda pun bisa memasang iklan dari beberapa blog tanpa persetujuan ulang dari tim AdSense (review) bahkan hingga 500 blog (maksimal). walaupun tanpa Review lagi namun perlu anda pertimbangkan juga blog yang akan anda pasangi Iklan, bahwasannya melanggar kebijakan AdSense atau tidak agar Akun anda aman dari banned.

Berbeda halnya jika akun AdSense non hosted yang dapat menampilkan iklan selain dari ketiga layanan tersebut ( blogspot, youtube dan admob). Maka akun Non hosted juga bisa tampil pada blog personal milik pribadi yang sudah berdomain Tld seperti dot com .net .co .co.id .info dll. jadi anda tidak bisa menampilkan iklan milik google AdSense jenis hosted pada web pribadi misalnya : namabloganda.com

Kelebihan tersembunyi akun google Adsense Non hosted

Selain dari pada itu akun AdSense yang jenis Non-Hosted memiliki sebuah kelebihan yang tersembunyi yang kemungkinan belum anda ketahui, yaitu akun google AdSense nonhosted juga lebih lengkap fiturnya di banding dengan akun AdSense Hosted, sehingga untuk meningkatkan penghasilan AdSense sangat menarik jika menggunakan akun Google AdSense dengan jenis Nonhosted ini, namun penulis pun menyadari akun google AdSense nonhosted ini lumayan sulit untuk di dapat. dan tidak ada salahnya juga jika anda mau berusaha untuk merubah akun adsense hosted ke non hosted, tentunya dengan mengunakan sebuah cara dan trik yang hampir sama saat anda mendatar AdSense hosted dulu.

Lalu apakah bisa jika akun AdSense saya yang jenis hosted di rubah menjadi akun AdSense non-hosted? yang mana blog saya dari blogger yang bersubdomain blogspot yang sudah di terima sebagai publisher AdSense untuk di upgrade ke non hosted? Jawabannya sangat bisa. Maka inilah inti pembahasan dari artikel yang kami buat ini, cara membuat akun adsense non hosted.

Untuk cara membuat akun adsense hosted tentunya anda sudah mengetahuinya, karena anda menemukan Artikelku ini kemungkinan besar telah memiliki akun AdSense yang jenis Hosted, jadi disini akan saya bagikan sebuah trik upgrade akun adsense. sehingga setelah anda mengetahui cara membuat google adsense non hosted tersebut maka anda bisa langsung extion untuk mengembangkan trik-trik yang akan saya bagikan.

Belum punya akun AdSense? silahkan anda simak cara daftar adsense hosted : cara saya agar daftar adsense diterima

Cara merubah akun Hosted menjadi Non hosted

Jadi jika anda ingin merubah akun AdSense dari hosted ke Non hosted maka bisa saja dengan beberapa syarat yang akan saya uraikan di bawah ini nantinya. Istilah yang sering di gunakan dalam perubahan dari hosted menjadi non hosted ini adalah Upgrade Akun. Sehingga jika nanti anda berhasil upgrade akun maka akun Adsense anda menjadi Non hosted, yang bisa anda tampilkan iklan di segala blog/website, tanpa persetujuan ulang (review).

Syarat-syarat upgrade akun hosted

  1. Sudah Memiliki akun AdSense baik hasil pendaftaran dari blogspot maupun Youtube
  2. Sudah memiliki website personal atau pribadi dengan domain TLD (Top level domain) seperti contoh namabloganda.com, .co, co.id .net dan lain sebagainya, berarti anda harus menyewa nama domain untuk menciptakan website pribadi. anda bisa menyewa di idhostinger atau lainnya yang anda anggap sangat baik layannannya. saya punya pengalaman di idhostinger juga, layanannya pun lumayan baik. untuk harga sewa mungkin berbeda-beda yang bisa anda lihat daftar harga domain pada web tersebut.

Langkah-langkah upgrad akun hosted

Pertama yang harus anda pertimbangkan adalah blog/website pribadi anda yang sudah berdomain tld (dot com. dot net dll) tadi, apakah sudah layak untuk di daftarkan? apakah sudah tidak melanggar kebijakan google? apakah sudah di anggap baik oleh mutu webmaster? karena jika website anda dari blogspot maka anda juga harus setting ulang pada webmaster, tertama submite ulang, agar website anda di kenali oleh google.

Belum memiliki alat webmaster? simak pada post : cara lengkap membuat alat webmaster google
Jika website sudah anda anggap siap untuk di daftarkan ke Google Adsense maka langsung saja anda ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka akun google AdSense anda
  2. Plikih pada menu "Izin Iklan" kemudian pilih "Kelola" seperti pada gambar berikut:
    Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted
  3. Selanjutnya nanti akan terbuka sebuah tampilan baru dan pilih "Akses dan otorisasi" lalu pada kolom yang tersedia pada kanan anda silahkan anda masukkan url Blog/website pribadi anda yang sudah berdomain TLD (Top Level Domain ( .com, .nrt dll) Perhatikan gambar berikut:
    Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted
  4. Dan terahir silahkan anda klik menu "KIRIM" tepat di bawahnya kolom tersebut.
  5. Kemudian silahkan anda buat unit iklan, dengan cara pilih "Iklan saya" atau "My ads" lalu pilih "tambah unit iklan" atau "add unit" beri nama iklan terserah anda, jika akan anda pasang pada sidebar kanan, maka ketik saja pada nama dengan "Iklan sidebar kanan" agar nantinya anda tidak bingung. lalu pasang unit iklan AdSense tadi pada website pribadi tadi, bisa anda pasang pada sidebar blog, header atau yang lainnya. (peletakan iklan jangan terlalu anda pikirkan, karena nantinya bisa di ubah mode iklannya serta bisa di pindah-pindah secara mudah)
  6. Kemudian Silahkan anda tunggu, karena untuk upgrade akun AdSense dari hosted ke non hosted ini layaknya mendaftarkan blog baru yaitu butuh persetujuan (review), nnamun tidak mengganggu akun AdSense anda yang telah ada namun yang masih hosted.

Kiat-kiat agar Upgrade akun AdSense Full Approve

Kiat atau trik agar upgrade akun AdSense dari hosted jadi nonhosted agar full approve atau di setejui sepenuhnya adalah sebagai berikut, namun sebelumnya anda juga harus memastikan bahwa blog/website anda benar-benar seperti dulu mendaftar adsense hosted, yaitu bebas pelanggaran copy paste, navigasi lengkap, konten memadahi, konten kaya manfaat dan lain sebagainya. dan selanjutnya anda lengkapi dengan cara daftar adsense non hosted sebagai berikut:
  1. Periksa kesehatan situs atau website yang anda daftarkan, sehingga jika ada sebuah kesalahan maka cepat anda perbaiki, misalnya link posting yang error (404), maka segera anda hapus melalui menu remove link pada akun webmaster (sekarang berubah nama search console)
  2. Periksa struktur template anda sudah baik atau belum? jika template website anda kacau maka bisa saja anda di tolak karena google menganggap website anda belum rampung/selesai di buat.
  3. Pasang widget-widget penting seperti popular post, recent post, blog archive, label. dan untuk menu pendukung seperti contact us, privasi polycy, sitemap/daftar isi blog. semua di anggap penting karena untuk memudahkan pengunjung blog.
  4. Jangan melakukan perubahan template blog/website sama sekali ketika masa review (persetujuan). karena hal ini akan membuat bingung robot crawl milik google. masa review dalam upgrade akun AdSense ini bervareasi namun pada umumnya membutuhkan waktu cukup lama butuh 1 minggu bahkan lebih.
 Demikianlah panduan lengkap Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted agar full aprove, semoga bermanfaat, salam. Silahkan anda simak juga Kenali page level-ads (Iklan tingkat laman) dan cara pemasangannya

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted"

Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
Mengenal Perbedaan Akun Adsense Hosted dan Non-Hosted!
Cara Upgrade Akun Hosted Menjadi Non-Hosted: Lengkap
Cara Verifikasi PIN Google Adsense Menggunakan KTP
Mengatasi Penolakan Google Adsense: Navigasi Situs Sulit
Barangkali dapat membantu :)

Ok mas, terimakasih atas tawarannya, alhamdulillah jika artikel tentang cara upgrade akun adsense hosted jadi non hosted ini memberi manfaat.

Apakah proses upgrade harus berifikasi PIN dahulu?

Siswanto mag, Kalau sudah waktunya (Ambang verifikasi Pin/10$) maka ya silahkan nunggu Pin terlebih dahulu agar selanjutnya mudah tanpa di tangguhkan karena belum verify Pin. Jika sudah tidak sabar mau upgrade akun hostednya ya bisa saja namun kelak juga butuh verify juga.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top