Cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel



Cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel, Siapa yang tidak bingung jika belum tahu caranya. seperti halnya saya dulu, mungkin para pemirsa juga yaitu utak-atik data file excel mencari celah agar pekerjaannya cepat terselesaikan dan tidak lama-lama, seperti halnya jika data anda semisal data siswa yang ada pada emis, di sana ada sebuah kolom tempat dan tanggal lahir siswa yang di letakkan pada kolom yang berbeda, dan di satu kesempatan ada sebuah perintah dari kepala sekolah anda untuk mengisi data dan salah satunya tempat dan tanggal lahir, namun tempat dan tanggal lahir tersebut di buat satu kolom saja. andai saja anda input secara manual tentu akan memakan banyak waktu, karena notabene jumlah siswa hingga ratusan bahkan ribuan. lalu bagaimanakah untuk mengatasinya? simak saja yang akan saya ulas secara singkat berikut ini:

Cara menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom cell

sebelum anda melakukan langkah-langkah yang akan saya bagikan ini, anda sebaiknya mengingat materi yang telah saya bagikan pada artikel sebelumnya mengenai fungsi rumus concatenate, jika anda sudah ingat paham dengan rumus tersebut sebenarnya anda sudah cukup untuk menerapkan cara menggabungkan text tempat lahir dengan tanggal lahirnya, jadi sepertinya ini seperti mengulangi pada materi sebelumnya, namun jangan khawatir disini anda nantinya akan menambah sebuah wawasan baru jika nantinya format tanggal menjadi hanya angka saja tanpa tanda miring atau strip, seperti contoh kasus siswa atas nama budi yang lahir di bakau heni pada tanggal 3 april 2001 atau 3/4/2001menjadi bakau heni36954, nah disinilah pemirsa bisa menambah ilmu excel untuk keperluan mempercepat input data-data yang terus ada di depan mata. jadi disini akan saya bagikan 2 cara sekaligus dalam Cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel. baiklah langsung saja demikianlah panduannya:

Baca juga : Contoh penggunaan fungsi text concatenate

2 Cara menggabungkan text tempat dan tanggal lahir pada excel

1. Cara yang pertama, kita akan memanfaatkan fungsi karakter "&" dalam penggabungan text pada kolom excel, jadi secara sederhana rumus atau syntaxnya adalah sebagai berikut :

=B5&C5
=B5&” “&C5

Penjelasan rumus:
  • =B5&C5 menghasilkan bakau heni36954
  • =B5&” “&C5 menghasilkan bakau heni 36954 (ada sepasinya/jarak antara text tempat lahir dengan tangal lahir), lalu kenapa kok tangal lahirnya jadi hanya angka saja yaitu : 36954, kenapa begini? hal ini dikarenakan format Date/tanggal ketika digabungkan dengan teks akan berubah menjadi format Number (di hitung mulai tgl 01/01/1900 sebagai 1).

Lalu bagaimana untuk mengatasinya? jangan khawatir gan, disini kita akan mensiasatinya dengan menggunakan rumus text yang telah tersdia pada program excel tersebut, jadi rumus atau syntax dasarnya adalah sebagai berikut : TEXT(value, format_text) sehingga rumus nantinya akan menjadi seperti berikut:

=B5&”, ”&TEXT(C5,"format cell")


Penjelasan rumus excel:
  • = : sebuah rumus pembuka sebuah perintah
  • B5 : yaitu cell pertama yang anda pilih yang akan anda gabungkan
  • & : memberi pengertian dan (dengan data apa yang akan di gabungkan)
  • ", " : untuk membuat sebuah karakter tertentu seperti tanda koma atau spasi
  • & : berarti dan, ada penggabungan lagi yaitu pengabungan rumus text juga
  • TEXT : rumus text
  • C5 : cell yang akan di gabungkan dengan dikombinasikan rumus text
  • ; : rumus telah di tutup, secara logika mengartikan "maka" jika tanda (;) tidak berfungsi maka bisa menggunakan tanda (,) atau koma.
  • "format cell" : isi model atau format penanggalan, semisal dd/mm/yyyy

Setelah memahami rumus-rumus diatas maka nantinya rumus akan sempurna menjadi seperti berikut:

=B5&" , "&TEXT(C5,"dd/mm/yyyy")

Untuk lebih bisa memahami silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:

Cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel

Jika rumus tersebut tidak bisa berfungsi maka silahkan anda coba yang ini: =B5&" , "&TEXT(C5;"dd/mm/yyyy"), lalu apa bedanya? coba anda perhatikan apa yang beda dari kedua rumus tersebut? yaitu tepat pada tanda titik koma dengan koma, kemungkinan komputer anda menggunakan bahasa ingris jadi akan berfungsi jika menggunakan tanda ; (titik koma). dd/mm/yyyy artinya dd/day artinya tanggal, mm/month artinya bulan dan yyyy/year atinya tahun, jadi nantinya akan menjadi kira seperti ini 20/03/2014. dan di sana ada beberapa format format penulisan tanggal lahir yang lain seperti :
  1. DD/MM/YYYY : Hasilnya akan menjadi 20/03/2014
  2. DD MMMM YYYY : menjadi 20 Maret 2014
  3. D-MM-YYYY : menjadi 2-03-2014
  4. DD-MM-YYYY menjadi 20-03-2014
  5. YYYY-MM-DD: menjadi 2014-03-20
  6. DD MMM YY : menjadi 20 Feb 2014
Jika anda sudah hafal rumus-rumus untuk menggabungkan dua cell menjadi satu pada tulisannya maka saatnya anda praktikkan agar anda lebih bisa mengingatnya rumus tersebut

2. Sedangkan untuk cara yang kedua dalam mengabungkan dua kolom menjadi satu pada excel yaitu menggunakan rumus CONCATENATE, Masih ingat kan rumus concatenate ini yang telah saya bagikan pada post sebelumnya? atau silahkan anda ulang mengingat rumus berikut:
 
=CONCATENATE(B5,C5)
=CONCATENATE(B5,", "&TEXT(C5,"dd/mm/yyyy"))

Jadi hampir sama dengan memanfaatkan karakter "&" atau cncatenate, yaitu menggabungkan dengan rumus text agar tanggal lahirnya bisa menjadi seperti yang kita harpakan di atas. perhatikan gambar:

Cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel

Pada contoh gambar di atas, saya masih menggunakan data dari siswa atas nama "Budi" jadi masih tetap menggunakan B5 dan C5, Baik, demikianlah panduan excel tentang cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel, semoga bermanfaat bagi pemirsa sekalian, sampai jumpa salam, jangan anda lewatkan juga 3 Cara mudah menampilkan angka 0 (nol) di excel

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara menggabungkan kolom tempat dan tanggal lahir pada excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top