Pengertian Struktur teks berita dan Contohnya

Pengertian Struktur teks berita dan Contohnya

Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites.blogspot.com, Kali ini saya akan sedikit membagikan sebuah Pengertian tentang apa itu Struktur teks berita dan Contohnya, Karena bagi anda penggiat blogging atau website, Surat-menyurat tentunya membutuhkan sebuah keteraturan dalam membuat sebuah artikel/tulisan, apalagi artikel anda tentang berita, Informasi terbaru, berita-berita baru dan lain sebagainya semua yang berhubungan dengan sebuah opini atau yang lainnya, nah disini saya akan bagikan sekalian barangkali bermanfaat bagi para pemirsa sekalian.

Disini kita akan membahas satu persatu tentang Pengertian Struktur teks berita dan Contohnya agar nantinya bisa lebih gamblang tentang pembahasan ini, baiklah langsung saja demikianlah Pengertian Struktur teks berita dan Contohnya untuk anda mengerti:

Pengertian Struktur teks berita

Pengertian Struktur teks, Yang pertama adalah pengertian Struktur teks, apa sebenarnya yang di maksud dengan Struktur teks, dari pengertian yang kami kami dapat bahwasanya yang di maksud dengan Pengertian Struktur teks adalah berupa susunan mengenai cara teks tersebut dibangun, sehubungan teks disini masalah berita maka berarti mengenai susuanan teks berita.

Pengertian Struktur teks berita dan Contohnya

Jika kita mngacu pada pengrtian Teks berita nya saja berarti akan memilki sebuah pengrtian sebagai berikut : Teks berita adalah suatu teks yang berisikan informasi mengenai suatu hal atau kejadian yang terjadi dan masih hangat diperbincangkan oleh banyak orang. teks berita ini sering kita temukan melalui siaran televisi maupun melalui media elektronik, radio, media cetak seperti koran, surat kabar, majalah dan maih banyak lagi. Sehingga dengan membaca sebuah teks berita tersebut kita dapat memperoleh sebuah informasi mengenai suatu hal yang baru saja terjadi (masih hangat-hangatnya) atau yang masih menjadi sebuah trend yang dapat menambah wawasan kita sehingga dapat dengan cepat berfikir secara kreatif, efektif dan kritis terhadap suatu masalah untuk memanfaatkan informasi yang ada, jadi jangan anda sia-siakan sebuah berita yang terus beredar.

Ciri-ciri teks berita

Dan sekarang kita akan menuju ke pembahasan Ciri-ciri Teks Berita, seperti halnya pada teks-teks lainnya, teks berita juga memilki ciri khusus untuk membantu kita dalam membedakan dengan teks-teks yang lain, dan berikut adalah Ciri-ciri teks berita untuk anda ketahui:
  1. Adanya Keterangan
  2. Terdapat Verba transitif
  3. Terdapat Verba pawarta

1. Adanya Keterangan, tentu sebuah berita tanpa ktrangan yang jelas apa jadinya, para pembaca kemungkinan akan lari untuk mencari berita lainnya yang di anggap keterangannya lebih menarik dan jelas.

2. Terdapat Verba transitif, Pengertian Verba Transitif : Verba atau kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek atau pelengkap dalam kalimatnya. Verba transitif berbeda dengan kata kerja intransitif, karena verba transitif bisa dirubah menjadi bentuk pasif dimana tidak berlaku untuk kata kerja intransitif. Sumber : yuksinau.com/2016/06/verba-transitif-dan-intransitif-serta-contohnya.html
Contoh dari Verba Transitif yaitu sebagai berikut:
  • Budi sedang mendengar Musik religi
  • Wati menanam bunga di taman
  • Anton bermain bola di halaman
  • Paino sedang membaca artikel
3. Terdapat Verba pawarta, Pengertian Verba Pewarta : terdapat dua kata yaitu verba dengan Pewarta, Verba atau kata kerja dalam bahasa latin yaitu verbum, yang berarti "kata". Verba adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Sedangkan Pewarta adalah seseorang yang memberikan informasi atau menyampaikan suatu berita. Sumber : wacanakita.com/pengertian-verba-pewarta-dan-contohnya/

Jadi bisa kami simpulkan dari pengertian Verba Pewarta adalah suatu kata kerja yang ada pada teks berita. Sifat dari kata kerja ini adalah "mewartakan".

Contoh Verba Pewarta

  1. Menjelaskan
  2. Memaparkan
  3. Mengatakan
  4. Memberitakan
Sebagai contoh Verba Pewarta dengan kata "Menjelaskan" adalah sebagai berikut: "Imam Muttaqin menjelaskan, bahwa Blog sebagai Media informasi harus dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan".

Contoh Teks Berita

Dari uraian tentang Pengertian Struktur teks berita di atas, saya rasa anda sudah mulai bisa menangkapnya, namun jika tanpa contoh biasa masih kurang matab juga kepahamannya, jadi sekarang kita menuju ke contoh teks berita tersebut, yaitu sebagai berikut:

Bantai 160 ribu tikus, petani ini dapat gelar juara

Seorang petani asal Bangladesh yang memiliki nama Abdul Khaleq Mirbohor berhasil mendapat penghargaan berupa gelar juara nasional setelah berhasil membunuh lebih dari 160 ribu tikus dalam setahun. Memang tikus menjadi persoalan yang cukup serius di negara tersebut, pasalnya banyak petani yang gagal panen karena serangan hama yang satu ini.

Dikutip dari surat kabar The Daily Mail Jumat (9/10), dalam sebuah perayaan kemenangan di Dhaka Rabu lalu, Mirbohor mendapat hadiah sebesar Rp. 3,1 juta karena berhasil memusnahkan lebih dari 160 ribu tikus hanya dalam waktu satu tahun. Hal tersebut mendapat banyak apresiasi khususnya dari pemerintah sendiri yang mencanangkan pemusnahkan hama tikus ke seantero negeri.

"Tuan Mirbohor adalah seorang pembunuh tikus sejati. Dalam acara perayaan dia mengatakan tidak ada yang lebih membuatnya senang ketimbang membunuh tikus pemakan biji gandum," ujar Abul Kalam Azad, kepala unit perlindungan tanaman kepada kantor berita AFP".

Mirbohor bersama kawan-kawannya yaitu para sukarelawan, kebanyakan berjenis kelamin perempuan membunuh banyak tikus di sawah dan ladang gandum. Mereka menyerahkan ekor tikus kepada kantor pertanian setempat untuk dihitung.

Kementerian Pertanian Kementerian Pertanian memperkirakan hama tikus menghancurkan dua juta ton sumber makanan di Bangladesh saban tahun.

Para petani sejauh ini sudah membunuh hampir 13 juta tikus dalam 12 bulan terakhir. Itu menghemat sumber makanan hingga senilai USD 25 juta.
Sumber : informasibelajar.com/2015/10/teks-berita-pengertian-struktur-teks.html

Demikianlah pemirsa blog tentangwebsites.blogspot.com yang bisa saya uraikan tentang pengertian tentang  Pengertian Struktur teks berita serta Contohnya dari berbagai sumber, semoga bermanfaat, dan dapatkan juga artikel menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Struktur teks berita dan Contohnya"

Post a Comment

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar