Cara menjadi youtuber pemula



Cara menjadi youtuber pemula, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, kali ini akan saya bagikan kepada kalian semua tentang Cara menjadi youtuber khususnya bagi kalian yang masih pemula, jika kalian ingin menjadi seorang youtuber profesional maka perlu kalian ketahui dan persiapkan terlebih dahulu yaitu peralatannya terlebih dahulu, apa saja alat-alatnya?

Peralatan youtuber pemula

1. Camera kualitas bagus

Bagi kalian yang belum mampu membeli kamera dengan kualitas bagus mending tangguhkan dulu niat kamu ingin jadi youtuber, karena kamera adalah sebuah nyawa para youtuber, jika kamera bagus maka nantinya akan menjadi mudah dan indah hasil rekaman vidionya. untuk ukuran kamera bagus tergantung pada porsi kalian, jika kalian seorang dikelas menengah ke atas tentunya akan beda dengan porsi orang dikelas menengah kebawah, jadi jika kita sudah punya kamera dengan kapasitas kamera minimal 5mp (mega pixel) berarti sudah layak lah untuk menjadi seorang youtuber walaupun hasilnya masih terasa sederhana, namun menurut saya sudah cukup.

Bagi kalian yang dikelas menengah kebawah Tidak usah pusing masalah merk kamera, kamera ponsel android kamu itu juga bisa untuk membuat sebuah vidio, tapi lihat dulu berapa kapasitas kamera pada ponsel androidmu, kan ada tulisan berapa mp pada dekat kamera, atau bisa kalian lihat di menu setelan saat kamera aktif dan lihat berapa mega pixel. untuk masalah kualitas android saya rasa hampir sama tinggal spec atau type ponsel androidnya saja, semakin tinggi maka semakin baik juga kualitasnya, jadi wajar saja jika semakin tinggi typenya maka semakin mahal harganya karena memang terus di sempurnakan kualitasnya.

Jika masih ragu beli ponsel android yang merk apa..? silahkan pilih samsung galaxi karena untuk masalah android memang samsung rajanya, namun masalah kamera memang agak beda-beda dikit dengan kualitas merk lain. semua karena type juga

2. Microphon

Microphon ini menjadi penting jika kamu ingin menjadi seorang youtuber, baik youtuber tutorial, gamming maupun youtuber this my live (kehidupan seputar kita) ada banyak macam jenis microphon dari yang kecil sampai besaar dari yang murah hingga mahal, semua juga masih tergantung dengan budget kita masing-masing, jika masih pemula kamu bisa membeli dengan microphon mini yang model ini:
Cara menjadi youtuber pemula

Ini namanya microphon mini yang luamyan murah dan banyak dipasaaran, kualitasnya pun sudah lumayan. tidak usah pusing jika tidak ada di daerah kamu langsung kontak saya aja biar lebih cepat:

Jika kamu ingin menjadi youtuber tutorial via laptop, berarti selain microphone di atas kamu juga butuh dengan splitter semacam ini:

Cara menjadi youtuber pemula

Splitter ini beraneka ragam lo ya, bukan hanya seperti di atas. ada yang model usb ada yang kabel semacam gambar di atas. Perhatikan pada ujungnya..! pastikan spliter dengan gigi 3 ya, karena ada juga yang gigi dua jangan sampai salah. Dan juga dengan alat sebagai output audionya (handset) yaitu semacam ini, yang ini ujungnya 2 gigi ya:

Cara menjadi youtuber pemula

Ujungnya colokkan pada lubang laptop, dan kemudaian pada dua lubang yang bercabang;1. masukkan / colokkan microphone mini tadi ke lubang yang ada lambangnya mic/speaker, 2. Lubang yang satunya silahkan kamu colokkan pada handsetnya Jadi jika di satukan akan menjadi seperti pada gambar berikut:

Cara menjadi youtuber pemula

Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar berikut:

Cara menjadi youtuber pemula

Dan berikut adalah lubang yang ada pada laptope, jangan sampai salah lubang lo ya...? ;) yaitu lubang yang ada loggo speakernya seperti ini:

Cara menjadi youtuber pemula

Alat di atas sudah cukup bagi kalian yang ingin menjadi seorang youtuber dengan tema tutorial semisal tutorial adobe photoshop, coreldraw dan lain sebagainya yang penting vidionya dengan system screencapture, hanya saja kamu perlu softeware untuk membuat vidionya serta mengolahnya yaitu pakai aplikasi apa..? Lanjut ke bawah

3. Kabel data

Yaitu untuk memindahkan data yang ada pada ponsel android ke Komputer/laptope, tanpa alat mungil ini nantinya kamu akan kerepotan loch mau memindahkan file data dari ponsel bagaimana, dengan alat ini nantinya kamu tidak repot-repot lagi melepas kartu memori yang ada pada ponsel, sehingga dapat meminimalisir kerusakan memori juga. dan perlu kalian periksa juga lubang conektor pada ponsel androidnya pakai lubang besar apa kecil sehingga nantinya agar cocok juga pada kabel data yang kamu pilih. karena ada dua macam kabel data yaitu untuk konektor atau lubang besar dan kecil. dan berikut contoh yang untuk lubang kecil:

Kabel data


4. Software untuk screen capture layar laptope

Nah sekarang Aplikasi atau software untuk screencaptur atau untuk merekam perjalanan layar laptop. Aplikasi jenis ini sebenarnya lumayan banyak, seperti vidiopad dan lain sebagainya namun yang selama ini saya rasakan paling mudah, sederhana, ringan dan tidak ribet untuk screen captur layar monitor komputer/laptope adalah e-Tube catcher, tidak usah pusing dan takut besarnya kapasitas, karena bisa kamu download secara gratis dan hanya sekitar 50 mb. Download E-tube Perekam layar Pc ringan.

5. Aplikasi edit video untuk youtubers

Nah yang ini juga banyak pilihan, aplikasi-aplikasi untuk mengolah hasil vidio yang kita buat dari menangkap layar monitor tadi seperti adobe premier pro, vegas dan lain sebagainya, tidak usah pusing jika masih pemula pakai saja Windows movie maker, yaitu program asli bawaan dari windows yang lumayan mudah di gunakan dan hasilnya pun sudah lumayan, sangat cocok apalagi kalian yang masih pemula. jika pada laptop windows kamu belum terdapat windows movie makernya maka cari aja di google banyak pilihan dan gratis. jika ada vidio hasil tangkapan layar dari aplikasi e-Tube yang tidak support maka bisa kamu convert terlebih dahulu vidionya menjadi mp4 menggunakan aplikasi E-Tube cutcher ini juga. masalah convert ini tidak usah kalian pusingkan karena sangat mudah, jika masih bingung tunggu aja tutorial Cara convert vidio menjadi mp4.

6. Aplikasi edit gambar Adobe Photoshop

Jika kamu ingin membuat sebuah tubnail vidio agar lebih menarik, berarti kamu butuh juga yang namanya aplikasi edit foto untuk tubnail vidio nantinya, yaitu pakai saja aplikasi adobe photoshop, selain mudah digunakan juga hasil lebih profesional, jangan takut dan pusing masalah ini kunjungi saja kategori Tutorial Photoshop pada blog ini juga lumayan lengkap langkah-langkah edit foto step by step.

7. Komputer/Laptope

Nah jika kalian sudah memilki vidio mentahnya, baik hasil dari rekaman dari kamera ponsel android maupun rekaman screeeen shot laptop, kini saatnya mengolahnya menggunakan laptope atau komputer dengan kedua aplikasi di atas. jangan kwawatir tidak bisa karena saangat mudah menjalankan aplikasi windows movie maker ini, jika sudah paham dengan aplikasi edit vidio sederhana ini, nantinya kamu bisa lebih meningkat lagi ke aplikasi yang lebih rumit lagi, sekarang pokoknya lakukan yang bisa aja dulu, jangan kalian paksakan sesuatu yang belum kalian mampu malah akan menjadi efek prustasi. OK, Siap laksanakan...! Keburu youtuber lain pada gajian. wkwwk.... tapi ingat ini adalah awal, kamu yang pertama di antara teman kamu yang belum tahu sama sekali. So semangit...!!

8. Tripod / Monopod

Alat ini sebagai pelengkap, apalagi bagi kalian yang tujuan youtuber share my self, artinya ingin berbagi dengan kehidupan sehari-hari, langsung menggunakan kamera android dengan berbagai gerakan. maka dengan kedua alat ini maka akan lebih bisa membantu kamu agar kamera tidak terlalu gerak.

9. Pulsa Data

Punya vidio bagus kalau tidak punya pulsa data ya percuma donk tidak bisa upload ke youtube 😀. kasian banget.. kalau gitu cari yang gratisan, Cari layanan hostpot atau wifi di sekitar. biasanya indomart, alfamart, hotel dan toko-toko besar menyediakan, belanja-belanja aja dulu ke indomart dan di lanjutkan tanyakan paswordnya, ;)

Apalagi ya...? hemm.. ya insyaallah kalau ada peralatan yang tertinggal akan saya tambahkan lagi, untuk sementara ini dulu semoga misi kalian bisa terlaksana, Happy youtuber...

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Cara menjadi youtuber pemula"

thank's infonya mas bro .. sangat bermanfaat ..

Ok, sama-sama mas Ryu Arihyoshi..

Sudah bisa sekarang, saya lagi nyari tutorial feedburner..
Tapi kok gal ketemu-ketemu yah, padahal kalo gak salah dulu saya pernah baca di blog ini

Ya mas ada, kata kuncinya " cara membuat feedburner di blog " Bisa melalui find juga bisa search di google, kalau gak salah urutan 5.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top