Cara mengatasai sambungan tidak aman mozilla firefox

Cara mengatasai masalah sambungan tidak aman pada browser mozilla firefox, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, perahkan kalian saat browsing pada browser mozilla firefox ada peringatan "Sambungan tidak aman" sehingga laman web tidak bisa di buka, padahal laman web tersebut lumayan penting yang sedang kita butuhkan, Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalamanku sendiri yaitu saat membuka laman web pada browser mozilla itu juga yaitu laman tidak bisa di buka dan selalu ada peringatan sambungan tidak aman tersebut dan biasanya kata peringatan tersebut yaitu (Kode kesalahan: sec_error_expired_issuer_certificate)

Dari sini saya teringat saat membuka aplikasi play store pada ponsel android yaitu selalu gagal dan tidak bisa dibuka ternyata karena waktu yang belum kita atur artinya tanggal tidak cocok dengan tanggal sekarang kita browsing, nah dari situlah saya cek pada waktu atau tanggal yang ada pada laptope/komputer dan ternyata memang tidak sesuai dengan tanggal saat sekarang, jadi langsung saya atur tanggal komputernya.

Nah dari situlah setelah saya perbaiki waktu tanggal pada komputer/laptope sudah cocok/sesuai dengan waktu sekarang (waktu saat browsing) maka Tralalala... ternyata langsung bisa. jadi demikianlah pengalaman yang bisa saya bagikan untuk kalian semua semoga saja bermanfaat.

Ada beberapa penyebab browser mozilla tampil peringatan sambungan tidak aman tersebut yaitu:


  1. Sertifikat ini tidak sah sampai (tanggal)
  2. Sertifikat akan kadaluwarsa pada (tanggal)
  3. Sertifikat tidak dipercaya karena rantai penerbit tidak tersedia
  4. Sertifikat tidak bisa dipercaya karena penerbit sertifikat tidak diketahui
  5. Sertifikat tidak dipercaya karena ditanda tangani sendiri
  6. Sertifikat hanya sah pada (nama situs)


Namun pada umumnya memang karena settingan tanggal pada laptop atau komputer yang bisa saja kita lupa atau karena kita yang mengabaikan tanggal waktu tersebut, jadi di sini akan saya bagikan yang karena sebab sertifikat tidak sah karena tanggal tersebut. Jadi untuk memperbaiki firefox sambungan tidak aman yaitu:

  1. Periksa waktu atau tanggal pada komputer/laptop yang sedang anda gunakan
  2. Jika tidak sesuai dengan waktu saat ini silahkan di set waktunya dengan cara klik dua kali tanggal pada taskbar laptop/komputer lalu atur dan buat jam dan tanggal sekarang

Cara mengatasai sambungan tidak aman mozilla firefox

Lalu bagaimana jika setelah kita atur waktunya menjadi sekarang masih saja tampil sambungan tidak aman?

Hal ini bisa jadi karena ada beberapa aplikasi anti virus pada komputer/laptope anda telah mengaktifkan SSL anti virus, jadi silahkan kamu non aktifkan untuk sementara agar laman web bisa terbuka, anti virus yang agak kejem memang selalu memblock pada laman-laman web yang terindikasi ada virusnya. dan berikut cara  menonaktifkannya dari beberapa anti virus:

1. Anti virus AVAST


  1. untuk menonaktifakan SSL nya silahkan kamu buka ke dasboard
  2. lalu pilih setting
  3. Kemudian pilih Active Protection
  4. klik Customize next to web shield
  5. Silahkan hilangkan tanda ceklis dibagian enable HTTPS scanning
  6. lalu Ok


2. Anti virus Kaspersky


  1. Pertama silahkan pilih pada menu Pengaturan
  2. lalu pilih "Addtional"
  3. kemudian pilih "Network Dibagian Encrypted Connections Scanning"
  4. Selanjutnya silahkan anda rubah "Scan encrypted connections upon request from protection components" menjadi "Do not scan encrypted connections"


3. Anti virus Bitdefender


  1. Pertama silahkan masuk Dasboard
  2. Klik Modules dan pilih "Web Protection"
  3. dan pada bagian "Scan SSL" silahkan kamu pilih "OFF"


4. Anti virus eset

Nah kalau pengguna anti virus eset ini caranya cukup mudah yaitu tinggal kamu hilangkan tanda ceklisk pada bagian SSL/TLS Protocol Filtering


Bagaimana jika masih tidak terselesaikan masalah tersebut?
Kemungkinan browser mozilla yang anda gunakan memang sudah kadaluarsa dan minta di update dan di instal ulang, untuk itu jika browser mozilla silahkan download pada laman web resminya. Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengatasai sambungan tidak aman mozilla firefox"

Post a Comment

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar