Cara menggunakan fungsi sum di ms excel

Cara menggunakan fungsi sum di ms excel

Cara menggunakan atau menerapkan fungsi sum pada program aplikasi Microsoft excel, fungsi sum adalah salah satu fungsi yang memerintah suatu penjumlahan, cara ini yakni cara penggunaan fungsi sum atau penjumlahan dalam program aplikasi Microsoft excel terbilang mudah untuk kita terapkan. Sebelum kami bahas lebih lanjut tentang cara penggunaan fungsi sum ini ada baiknya terlebih dahulu anda memahami istilah-istilah dalam program aplikasiMicrosoft excel dan juga istilah fungsi-fungsi dalam program aplikasi ms excel serta kegunaan dari fungsi-fungsi tersebut, sehingga nantinya anda akan mudah untuk mengikuti tutorial selanjutnnya.
Baca juga Cara menggunakan Fungsi Max di ms excel

Baiklah langsung saja demikianlah cara menggunkan fungsi sum pada program aplikasi Microsoft excel:

Yang pertama anda buat terlebih contoh table pada lembar kerja Microsoft excel yang berisi beberapa angka yang akana anda jumlahkan, tentunya anda membuka terlebih dahulu program aplikasi Microsoft excel tersebut, jika anda sudah membuat contoh table tersebut maka letakkan kursor tepat pada range (tempat untuk hasil suatu perintah tertentu) sedangkan sum adalah salah satu fungsi yang memerintah suatu penjumlahan, yang pada kesmpatan ini saya ambil contoh table sebagai berikut:

Cara menggunakan fungsi sum di ms excel
Pastikan pointer telah berada tepat pada tanda panah merah di atas,  kemudian anda klik Formula yang di lambangkan huruf "f" seperti yang telah saya beri tanda kolom merah pada gambar di atas sehingga nantinya akan muncul sebuah pop up sebagai berikut:

Pilih fungsi SUM lalu klik Ok sehingga akan muncul sebuah pop up sebagai berikut:

Setelah muncul sebuah pop up di atas maka anda klik saja OK, beres, sehingga akan otomatis data tersebut menjumlah data data yang ada di atas perhatikan gambar berikut:

Setelah satu data yang sudah terjumlah, data yang lain bisa anda jumlah hanya dengan menyeret pada pointer yang aktif ke arah data yang belum anda jumlah begitu juga perintah pada kolom "Total gaji" caranya pun sama dengan langkah-langkah di atas. Ok demikianlah tentang Cara menggunakan fungsi sum di microsoft excel, dan dapatkan tutorial-tutorial menarik lainnya pada posting selanjutnya. salam..



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara menggunakan fungsi sum di ms excel"

  1. Terimakasih agan artikelnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih agan artikelnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, sama-sama gan semoga artikel cara menggunakan fungsi sum di ms excel ini bisa bermanfaat..

      Delete

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar