cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel



cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel

Cara ini berbeda dengan yang ada pada program aplikasi Microsoft word, karena untuk merubah huruf capital di Microsoft excel kita harus memasukkan rumus-rumus yang sebenarnya sudah ada dalam lembar kerja program aplikasi Microsoft excel, namun terkadang kita kesulitan untuk mencari letak rumus tersebut, daripada anda bingung maka silahkan anda ikuti  langkah-langkah yang akan saya uraikan secara detail pada pembahasan kali ini, sebelum anda mengetahui bagaimana cara merubah huruf capital di Microsoft excel ada baiknya anda tahu beberapa manfaat setelah anda mengetahui cara ini.

Manfaat mengetahui cara merubah huruf capital di Microsoft excel 

Sudah kita ketahui betapa canggihnya program aplikasi Microsoft excel ini, salah satunya yaitu kita dapat merubah type font atau model-model huruf yang ingin kita harapkan dan disini setelah anda mengetahui cara bagaimana merubah huruf kapital di Microsoft excel maka nantinya anda dapat menentukan type huruf-huruf yang di inginkan, misalnya anda seorang guru atau bahkan seorang wali kelas maka tutorial ini tentunya akan memberi manfaat bagi anda, seorang guru apa lagi seorang wali kelas terbiasa dengan pegolahan nilai siswa, dalam penilaian tersebut tentunya membutuhkan sebuah data siswa, dan disana kebetulan data siswa yang anda kelola tertulis secara tidak rapi, atau hanya tertulis dengan font huruf kecil atau juga dalam bentuk format huruf besar semua, dan setelah kita mengetahui bagaimana cara merubah huruf capital di Microsoft excel maka nantinyakita bisa melakukan apa yang kita inginkana seperti kita ingin merubah format tulisan menjadi huruf besar depannya saja, atau ingin merubah huruf capital semua dan lain sebagainya.

Langkah-langkah cara merubah huruf capital di Microsoft excel

Sebelum anda melakukan langkah-langkah berikut ini ingin saya jelaskan terlebih dahulu bahwasanya Merubah type font atau model tulisan di Microsoft excel itu ada tiga macam yaitu:
  1. lower : yaitu untuk merubah tulisan menjadi huruf kecil semua, berarti hal ini untuk data yang kebetulan tulisan dalam bentuk huruf kapital. Adapun rumusnya : =lower(b2)
  2. upper : yaitu untuk merubah tulisan menjadi huruf  besar atau huruf kapital semua, berarti ini untuk merubah data yang  tulisannya huruf kecil. Adapun rumusnya adalah : =upper(b2)
  3. proper : yaitu untuk merubaha tulisan menjadi huruf besar atau huruf kapital tapi hanya huruf yang depan, adapun rumusnya adalah:  =propper(b2)

Keterangan rumus untuk merubah huruf:

Lower, upper dan propper adalah sebuah fungsi atau perintah tertentu, sedangkan b2 maksudnya adalah sebuah cel yang akn di perintah, kemungkinan besar kode ini berbeda dengan data cel anda, kode ini bisa anda daptakan pada kolom cel pertemuan antar kolom dan baris, atau nanti anda perhatikan pada gambar di bawah.

Sedangkan pada kesempatan ini saya akan uraikan langkah-langkah untuk merubah huruf kapital hanya huruf depan berartiyang menggunakan rumus terahir yaitu =proper(b2). Ok langsung saja demikian langkah-langkah untuk merubah huruf capital di program aplikasi Microsoft excel:
1. silahkan anda buka data excel anda atau buat baru juga bisa, di sini saya ambil contoh data siswa yang mana tulisan nama-nama siwa tersebut dalam bentuk tulisan kecil semua dan ingin saya rubah menjadi huruf besar atau huruf kapital untuk huruf pertamanya:
cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel
2. Setelah itu silahkan anda letakkan pointer tepat pada di cel kosong di sampingnya atau sembarang juga bisa yang penting cel kosong, perhatikan pada gambar berikut:
cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel
3. Dan disini saya akan letakkan pada cel D3 sedangkan rumusnya adalah =propper(a3) a3 di ambil dari letak nama siswa yang bernama "alfiah azzahra" yang mana letak tersebut pertemuan antara kolom dan baris. setelah itu silahkan anda tarik pointer ke bawah hingga pada data nama siswa yang terhir atau fatimah, sehingga nantinya akan menjadi seperti pada gambar berikut:
cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel
Selesailah sudah langkah-langkah tentang cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel, Ok sekian dulu tutorial dari kami semoga tutorial cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel ini ada manfaatnya khususnya anda seorang guru, silahkan anda ikuti tutorial-tutorial menarik lainnya, sampai jumpa salam.. Baca juga cara menghapus garis baris pada microsoft excel

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "cara merubah huruf kapital atau kecil pada microsoft excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top