Macam macam jaringan pada komputer



 Macam Jaringan Pada Komputer

Macam macam jaringan pada komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang macam-macam jaringan pada komputer atau laptope, yang menarik untuk anda pahami sebelum anda mempelajari masalah komputer lebih dalam. Perkembangan technologi di bidang elektronik seperti komputer semakin canggih dan mengagumkan, yang dulunya komputer dengan ukurannya yang sangat besar hari demi hari tahun demi tahun komputer telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dari yang awalnya berukuran besar sekarang komputer menjadi semakin kecil dan ramping namun kualitas kerjanya pun semakin tinggi.
beriringan dengan terus majunya sebuah technologi yang dulunya komputer di gunakan sebagai personal komputer untuk di gunakan sebagai diri sendiri, namun dengan pesatnya kemajuan di dunia komputer maka komputer saat ini bisa di hubungkan dengan komputer-komputer lainnya, maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membagi sebuah tutorial tentang macam-macam jaringan pada komputer.

Jaringan jaringan pada komputer

Pada umumnya ada tiga macam type sebuah jaringan komputer yang sering di gunakan yaitu Workgroup, LAN dan MAN namun pada kesempatan ini saya akan lebih meluaskan pembahasannya masalah jaringan:

1. Jaringan workgroup 

maksud dari jaringan worgroup ini adalah beberapa unit komputer yang bisa di hubungkan dengan bersamaan sehingga bisa untuk melakukan print sebuah file pada print yang sudah di hubungkan denagn unit komputer lainnya, bisa mengakses data komputer satu ke komputer lainnya selama komputer tersebut sudah di hubungkan dengan cara jaringan ini. caranya dengan menggunakan kabel BNC atau UTP dan dengan menggunakan lokal area network card. adapun kelebihan dari jaringan workgroup  ini ialah sebagai berikut:
  • Antar komputer dapat sharing atau berbagi data dengan mudah
  • Dapat menggunkan satu unit printer walaupun banyak unit komputer
  • Akses antar komputer dapat di batasi dengan pasword yang telah di berikan
  • Antar pengguna atau karyawan dapat melakukan komunikasi bersama lewat email dan  chat
  • Dapat di hubungkan ke internet walaupun hanya dengan satu modem.

2.  Jaringan LAN

jaringan yang satu ini dinamakan jaringan LAN atau kepanjangan dari "Lokal Area Network", model ini adalah suatu kumpulan beberapa unit komputer yang di sebut dengan client dengan komputer Server, antara komputer client dengan komputer server dapat saling berbagi atau sharing data dan juga dapat menggunakan satu unit printer untuk semua client dan server persis seperti model jaringan workgroup, dan kapasitas atau frekuensi hanya mencapai kira-kira 100 meter adapun cara membuatnya sangan sederhana anda tinggal siapkan kabel BNC atau UTP dan silahkan anda hubungkan antar komputer server dan komputer client, namun ada pengaturan yang harus di lakukan juga pada computer jika di terangkan disini mungkin pembahasannya lumayan panjang, sedangkan artikel ini lebih memfokuskan ke pembagian macam-macam jaringan pada komputer. adapun kelebihan dari jaringan LAN ini hampir sama dengan Kelebihan jaringan Workgroup

3. Jaringan Wireless

Jaringan Ini jaringan yang menurut saya lebih simple dan praktis untuk perkantoran karena bisa di gunakan tanpa menggunakan kable jadi tidak ribet seperti jaringan Workgroup dan jaringan LAN di atas tinggal kita pasang kemudian atur wirelessnya selesai, adapun jangkauannya kurang lebih hingga 100 Meter.

4. Jaringan MAN

Jaringan Man ini atau kepanjangan dari "Metropolitan Area Network" yaitu lebih luas dari pada jaringan LAN dan Wireless yaitu mencapai hingga 40 Km biasanya jaringan ini di gunakan oleh perusahaan yang memiliki beberapa cabang namun masih dalam ruang lingkup kota tersebut.

5. Jaringan WAN

Jaringan WAN atau kepanjangan dari "Wide Area Network" yaitu sebuah jaringan komputer yang lebih luas lagi dari pada WAN yaitu frekuensinya hingga tembus antar negara, mantab gan.

6. Jaringan Internet

Jaringan Internet atau kepanjangan dari "Interconnected Network" Wach yang ini bisa tembus ke seluruh pelosok Dunia lengkaplah sudah macam-macam jaringan pada Komputer.

    Ok deimikianlah tutorial kami kali ini yang berjudul "macam-macam jaringan pada komputer"dan dapatkan juga tutorial menarik lainnya pada posting selanjutnya, salam..

    Bagikan :
    +
    Previous
    Next Post »
    0 Komentar untuk "Macam macam jaringan pada komputer"

    Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

     
    Template By tentangwebsites
    Back To Top