cara membuat angka terbilang di microsoft excel



cara membuat angka terbilang di microsoft excel

salam semangat untuk belajar program aplikasi microsoft excel, kali ini saya akan sharing tutorial yang berjudul cara membuat angka terbilang di microsoft excel, seperti yang telah kita ketahui pada sebuah kwitansi-kwitansi yang ada, disana di tuliskan angka dan di sampingnya ada kata-kata terbilang, misalnya besar biaya  2.500.000 terbilang : (Dua juta lima ratus ribu rupiah) yang saya beri tanda kurung inilah yang akan kita bahas. yaitu jumlah angka yang tertulis dengan huruf secara otomatis. jika kita seorang bendahara mungkin sangat penting untuk di ketahui. ok langsung saja demikianlah langkah-langkah untuk membuat angka terbilang di microsoft excel.

cara konvert angka ke huruf di microsoft excel

judul ini juga mudah untuk di pahami "konvert angka ke huruf" atau sama dengan angka yang terbilang, sebelum kita praktik membuat angka terbilang di microsoft excel, yang perlu anda lakukan aterlebih dahulu ialah:
  1. Download add in terbilang microsoft excell terlebih dahulu dan extrak karena file nya telah saya buat winrar jadi silahkan di extrak dulu, add ins adalah sebuah tool tambahan yang bisa kita pasang, dan add ins inilah nantinya yang akan bekerja untuk mengkovert dari kata menjadi huruf pada microsoft excel, add ins nya bisa anda download di sini: add ins terbilang
  2.  Menon aktifkan terlebih dahulu pengaturan "scurity macro excel" microsoft excell
Setelah anda download "add ins" terbilang di atas dan juga sudah anda extrak maka sekarang cara memasukkan add ins terbilang nya ke program aplikasi microsoft excel caranya:
  1. buka lembar kerja microsoft excel, kemudian klik "Office button" yang ada pada pojok atas kiri dan pilih perhatikan gambar berikut:
  2. setelah itu pilih pada jendela yang muncul silahkan pilih "add ins" dan klik "go" perhatikan gambar berikut:
  3. kemudian pada jendela yang muncul silhakan pilih " Browse" dan cari "add ins" nya yang telah anda downlod tadi, setelah ketemu klik file add ins nya yang telah anda extrak tadi dan setelah itu "OK"
  4. Jika anda berhasil maka add ins yang muncul akan bertambah satu tepat di bawah add in "solver add in" di atas. selesai lah sudah untuk pemasangan add ins terbilang pada ms excel. sekarang kita akan melangkah yang ke dua yaitu menon-aktifkan scurity macro excel silahkan lanjutkan.
Sedangkan untuk menonaktifkan "scurity macro excel" nya caranya adalah:
  1. sama pada langkah di atas klik "Office button" lalu pilih "excel options" dan pada jendela yang muncul silahkan pilih "trus center" di lanjutkan pada "trus center setting"
  2. Kemudian pada jendela yang muncul pilih "macro setting" setelah itu nantinya terdapat empat pilihan yaitu:
  • dissable all macros without notifikation
  • disable all macros with notification
  • dissable all macros except digitally signed macros
  • enable all macros(not recomended potensially dangerous code can run
pada pilihan di atas silahkan pilih yang paling bawah yaitu: enable all macros(not recomended potensially dangerous code can run. dan terahir "OK" selesai

cara penggunaanya rumus terbilang

Adapun cara penggunaan rumus terbilang tersebut ialah sebagi berikut:
  1. silahkan buka data excel anda yang terdapat angka-angka yang ingin di konvert ke huruf.
  2. letakkan kursort pada kolom range dan silahkan ketikkan sebuah rumus : =Terbilang(A1) enter jika anda berhasil maka akan tampak sepetrti gambar berikut ini:
    rumus di atas masih belum ada kata "rupiah" jika anda ingin memberi rupiah tinggal anda tambah rumus rupiah seperti rumus berikut:
  • =terbilang(A1)&" rupiah"enter
  • Jika anda ingin tulisan kecil semua rumusnya: =LOWER(terbilang(A1)&" rupiah" ) enter
  • jika ingin hurufnya besar atau kapital semua rumusnya: =UPPER(terbilang(A1)&" rupiah") enter. sempurna, Alhamdulillah selesai juga tutorial kami yang berjudul cara membuat angka terbilang di microsoft excel semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan dapatkan juga tutorial-tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.
Anda bisa bertanya pada kolom komentar di bawah jika memang ada sesuatu yang perlu di tanyakan, malu bertanya sesat di jalan, banyak tanya malu-maluin hehe.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "cara membuat angka terbilang di microsoft excel"

pekerjaan jadi lebih mudah sekarang
dengan adanya terbilang. terima kasih ya

mengapa jika aku menuliskan terbilang yang muncul adalah #Name? mohon bantuannya ! terima kasih

mas Jasmin Palopo.5AB21D44, masukkan add in terbilangnya kedalam ms excel dulu pak..

Triflex, Ok sama-sama mas...

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top