cara menggunakan fungsi if di microsoft excel



cara menggunakan fungsi if di microsoft excel

salam semangat untuk belajar terus program aplikasi microsoft excel, kali ini saya akan sharing tentang cara menggunakan fungsi if di microsoft excel, seperti yang telah saya utarakan pada post sebelumnya yaitu IF adalah salah satu fungsi yang jenis logika, yang lain seperti AND, OR, NOT ini adalah fungsi logika, beda dengan max, min, average dan lain sebagainya jika yang ini fungsi statistik. if ini bisa kita baca dengan ungkapan "JIKA"  contohnya =IF(PERHATIAN>=80%,"CINTA",IF(PERHATIAN<=79%,"TIDAK CINTA")). ok paham kan dengan ilustrasi contoh penggunaan fungsi if di atas, jika dalam mirosoft excel nanti seperti ini =IF(B1>=65,"Tuntas",IF(B1<=64,"Tidak tuntas")) dan seterusnya. baaiklah langsung saja demikianlah cara menggunakan fungsi IF di microsoft excel

cara penggunakan fungsi if di microsoft excel

  1. silahkan anda buka data excel anda yang perlu anda olah atau anda buat data yang persis dengan data berikut:
  2. disini saya ambil contoh sebuah data anak didik atau siswa, yang mana penilaiannya apa bila siswa mendapat nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal ) maka di nyatakan "tidak tuntas" sedangkan KKM nya disini adalah 74 dan jika siswa mendapat nilai 74 atau lebih maka di nyatakan "tuntas" lantas bagaimanakah cara membuatnya? caranya adalah kita manfaatkan fungsi IF pada microsoft excel. Ok lanjutkan!
  3. untuk membuatnya yaitu silahkan anda letakkan kursor tepat pada range"KETERANGAN" kemudian ketikkan rumus seprti berikut: =IF(B2>=74,"Tuntas",IF(B2<=73,"Tidak tuntas")) sedangkan untuk kolom "HURUF" silahkan masukkan rumus : =IF(B2>=80,"A",IF(B2>=70,"B",IF(B2>=60,"C",IF(B2>=50,"D"))))
  4. untuk keterangan rumus sudah saya terangkan sebelumnya jadi tidak perlu saya bahas lagi. setelah anda selesai memasukkan rumus tersebut maka baris yang lain otomatis akan mengikuti setelah kursor anda tarik ke bawah.
  5. sehingga jika anda berhasil maka akan tampil seperti pada gambar berikut:
    Bagaimana mudah kan, jadi langsung saja di praktikkan jia anda tidak ingin lupa.
Ok demikianlah tutorial tentang cara menggunakan fungsi if di microsoft excel, semoga bermanfaat dan ikuti tutorial menarik lainnya pada share berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "cara menggunakan fungsi if di microsoft excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top