cara cepat merubah file format ods menjadi xls



Cara cepat dan mudah convert file format ods ke xls

Para pembaca yang budiman kali ini saya akan sharing tentang tutorial yang berjudul cara cepat merubah file format ods menjadi xls, saya sharing tutorial ini karena belum lama ini saya mengalami kesulitan untuk membuka sebuah file yang berformat ods tersebut, ceritanya saat itu saya di beri data oleh kolega saya sebuah file melalui flashdis dan ketika sampai rumah saya buka menggunakaan laptope saya kaget, lo ini file apa sih, kok format atau extensi filenya agak aneh dan tidak aku kenal dan juga tidak dapat di buka, jangan-jangan ini virus? saya tidak tahu itu virus atau bukan, namun saya tidak menghapus filenya dan langsung mencari informasi tentang apa itu file yng berformt ods.

Pengertian file ods dan cara membukanya

file ods adalah singktan dari Open Dokumen Spreadsheet yaitu sebuah file hasil olahan dari aplikasi calc yang mana aplikasi calc ini bagian dari aplkasi open office, layaknya  microsoft excel adalah bagian dari Microsoft office, adapun file ods ini kegunaanya hampir sama dengan aplikasi microsoft excel yaitu untuk hitung menghitung, namun jika di komputer anda masih microsoft excel 2007 maka tidak dapat membuka file ods ini dan bisa anda membuka file tersebut dengan cara instal terlebih dahulu softwear pengolahnya yaitu open office, berbeda jika komputer anda sudah terinstal microsoft excel 2013 maka tidak perlu instal softwear open office tersebut karean pada microsoft excel 2013 sudah terbarukan dan tambah canggih. jadi bisa saja. namun nyatanya setelah saya instal softwernya ternyata juga tidak berhasil. alternatifnya adalah kita harus convert file ods ini menjadi format lain seperti xls (hasil olahan micosoft excel) atu xlsx (hasil lahan ms excel 2007) dan disini akan saya bagikan pengalaman saya merubah file ods menjadi xls atau xlsx lngsung saja demikianlah langkah langkahnya.

Langkah-langkah convert file ods ke xls atau xlsx secara online

cara yang saya berikan ini hanya dapat anda lakukan secara online jadi tidak dapat anda lakukan saat sedang offline,lagian anda juga sekarang dalam keadaan online kan? kenapa saya berikan cara yang secara online? karena jika kita secara online maka kita tidak butuh softwear yang harus kita instal terlebih dahulu, pdahal jika kita terlalu banyak instal softwear maka akibatnya adalah loading komputer anda menjadi lambat alias lemot. cara ini yang saya bagikan juga sudah terbukti cepat dan berhasil, karena saya beranikan diri untuk sharing artikel ini karena menurut pengalaman.

Jadi kasusnya adalah setelah saya cari informasi kesana kemari kebanyakan memerintahkan untuk instal softwear converter terlebih dahulu dan setelah saya coba instal softwearnya ternyata tidak berhasil, dan saya cari sofwear yang lain dan yang kedua ini sepertinya hanya add ins, namun sama saja juga tidak berhasil dan ketiga kalinya saya menemukan web penyedia convert file namun dan cara yang ini di butuhkan sebuah email yang gunanya untuk menerima hasil convertnya. dan pengirimanpun lumayan lama, saya pun belum puas prosedurnya harus menunggu pdahal data keburu di kirim, saya pun bingung dan tak karuan, namun saya tidak putus asa terus saya cari sebuh cara yang cepat dan mudah dan tidak ribet dan alhamdulillah ahirnya saya pun menemukan tempatnya, sangat cepat mudah dan terbukti, bagaimana tidak mudah kita tidak perlu email, tidak perlu menunggu lama, format apa saja sepertinya bisa tuh, dan terahir langsung downlod, wah mudah bukan dan anda pun nantinya juga bisa convert file apa saja bisa jenis text, udio, vidio dan lain sebgainya dengan cara yang sama yaitu cepat dan mudah maknyusss. biklah demikianlah langkah-langkah untuk melakukan convert file ods anda:
  1. Silahkan anda kunjungi web : http://www.convertfiles.com/  dan kira-kira akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:
    cara merubah file format ods menjadi xls
  2. Kemudian silahkan klik menu "Brows" dan nantinya akan mengarah pada pencarian file, dan silahkan cari file ods anda yang akan anda convert tadi.
  3. Lalu silhakan anda pilih format file yng kan anda convert, dalam hal ini kita akan convert file formt ods jdi silahkan pilih "openoffice ODF spredsheet (ods) seperti pada gambar di atas.
  4. Centang konfirmasi email, jika anda ingin di kirimi lewat email juga, jika tidak anda centang tidak masalah karena seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa cara ini sangat mudah tanpa email juga bisa.
  5. Selanjutnya silahkan pilih hasil yang anda harapkan apakah ingin di rubah menjadi xls atau xlsx.
  6. terahir klik "Convert"
  7. Tralala... anda pun langsung di beri link downlod secara gratis : 
    convert file format ods menjadi xls
  8. Silahkan anda klik yang telah di berikan sehingga otomatis anda mendownlod file ods tadi yang telah berubha menjadi xls, maka sekarang andapun bisa membuka file tersebut dengn menggunkan aplikasi ms excel.
Ok demikianlah cara cepat merubah file formt ods menjadi xls, semoga bermanfaat dan dapatkan juga tutorial menarik lainnya pada post berikutnya smpai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
28 Komentar untuk "cara cepat merubah file format ods menjadi xls"

makasih gan infonya. udah berhasil.

sama sama gan irwanto irwan, alhamdulillah kalau sudah berhasil.

Sangat bermanfaat

Mantap gan.. maturnuwun. Terimakasih. Membantu sekali

terimakasih mas, sangat membantu dan bermanfaat

rahma raturamis, sama-sama mas/mbak.. cara membuka file ods ini memang sebagai pengalamanku dulu, heh dan saya bagikan setelah berhasil membuka ods ini, semoga bermanfaat.

Ok sama-sama al freeze, alhamdulillah jika artikel cara membuka file ods dengan mudah ini bermanfaat bagi anda.

pertama bingung juga gan pas dapat file ods ini, pake apa ya opennya.
Ternyata cukup mudah triknya.
thanks gan

sama mas Marcodir, lihat saja mas pengalaman di atas saat saya kebingungan untuk membuka file format ods ini, setelah ketemu triknya ternyata sangat mudah.

terima kasih gan. . sangat amat bermanfaat. . 👍👍

terima kasih gan. sangat amaat bermanfaat. 👍👍😊

alhamdulillah, kalau begitu mbak silvia, kini file ods nya sudah bisa di buka dengan mudah kan.

Thanks, sangat bermanfaat mas infonya.

Ok sama-sama mas yant.. kini file ods sudah bisa di buka pada microsoft excel kan...

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top