Macam-macam atribut pada citra grafik komputer



Macam-macam atribut pada citra grafik komputer

Para pembaca yang budiman kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial tentang desain grafis yang berjudul Macam-macam atribut pada citra grafik komputer, yaitu sebagai lanjutan dari tutorial sebelumnya, setelah anda memahami tentang macam-macam tipe grafik komputer sekarang kita bahas Macam-macam atribut pada citra grafik komputer, adapun maksud dari atribut ini meliputi warna, resolusi dan tipe file. baiklah langsung saja akan saya uraikan satu per satu atribut-atribut tersebut, dan sebagai contoh tipe file Gif saya berikan sebuah gambar hasil karyaku sebagai olahan dari aplikasi desan grafis adobe photoshop.
atribut pada citra grafik komputer
yang perlu anda pahami betul adalah 3 macam atribut ini dengan cermat yang telah saya tulis di atas yaitu warna, resolusi dan tipe atau sering di sebut dengan format atau axtensi sebuah gambar. demikianlah rinciannya:
  1. Warna grafik, yaitu sebuah citra warna lengkap (color) atau hanya hitam putih (black white) dan sering di sebut dengan warna grayscale. ada beberapa model warna yang ada pada gambar yaitu, RGB yaitu kepanjangannya red, green dan blue yang artinya merah, hijau dan biru, ada juga CMYK yaitu cyan, magenta, yellow dan black, model warna RGB baik di gunakan sebagai tampilan pada layar komputer yang sangat cocok untuk presentase namun kurang baik di gunakan sebagai print out, namun sebalikny model CMY sangat cocok untuk priny out dan krang menarik untuk tampilan layar monitor pada komputer dan presentase.
  2. Resolusi Grafik, yaitu merupakan jumlah pixel yang dimiliki oleh sebuah citra, pixel merupakan ciri dari sebuah bitmap sehingga resolusi bisa menerangkan kualitas sebuah citra bitmap. jika sebuah atribut belum di proses keasliannya maka akan makin tinggi kualitasnya yang berarti semakin halus gambarnya. artribut resolusi grafik ini bisa di ketahui dalam bentuk jumlah pixel seperti 800x600, 1024x768 dan lain sebagainya.
  3. Tipe file, tipe file ini bisa saya katakan sebuah format atau extensi sebuah gambar ata photo, macam-macamnya pun sangat banyak seperti Jpg, Jpeg, tif, tiff, Png, Gif dan lain sebagainya, format yang pertama yaitu jpg tidak begitu besar dalam ruang lingup penyimpanan, sedangkan format tif atau tiff sangat cocok sebagai print out untuk citra bitmap.

 Perbandingan beberapa tipe gambar

  1. BMP, kelebihan: tidak ada data yang hilang atau lossess, didukung banyak aplikasi pengolah gambar. adapun kelemahannya adalah ukuran file yang besar,
  2. JPG, kelebihan : jumlah warna dari tipejpg hingga 32 bit, kuran photo yang kecil. adapun kelemahannya adalah: jika di kompres akan ada data yang hilang atau lossess.
  3. Gif, kelebihan: tidak ada data yang hilang atau lossess, mendukung gambar animasi, adapun kelemahannya adalah: jumlah dari warna hanya 8 bit
  4. Png, kelebihan: jumlah warna dari tipe ini hingga 64 bit, mendukung transparansi, tidak ada data yang hilang, adapun kelemahannya adalah: tidak mendukung animasi.
  5. Tiff, kelebihan : mendukung transparansi, jumlah warna dari tipe tiff ini sampai 32 bit, tidak ada data yang hilang dan mendukung vector. adapun kelemahannya adalah : tidak mendukung animasi.
Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang desain grafis yang berjudul Macam-macam atribut pada citra grafik komputer, semoga bermanfaat bagi pembaca dan bisa lebih memahami ilmu desain grafis untuk modal kita untuk melanjutkan ke tingkat lebih rumit. dan nantikan tutorial menarik lainnya pada post berikutnya, sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam-macam atribut pada citra grafik komputer"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top