Macam-macam tipe grafik komputer



Macam-macam tipe grafik komputer

Para pembaca yang budiman kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial tentang desain grafis yang berjudul Macam-macam tipe grafik komputer, setelah anda mengnal tentang aplikasi desain grafis yang telah kami share sebelumnya maka sekarang kita bahas tentang Macam-macam tipe grafik komputer, yang nantinya agar anda tidak salah melangkah atau salah kamar dalam mengolah sebuah object. tipe grafik disini bukan grafik-grafik seperti grafik batang, grafik kelulusan anak didik namun maksud grafik disini adalah grafik yang menggambarkan sebuah citra visual atau tampilan sebuah gambar.

Tipe-tipe grafik pada kompute

Baiklah langsung saja demikianlah Macam-macam tipe grafik komputer:
  1. Grafik tipe vektor, tipe ini berhubungan dengan matematika karena grafik yang berformat vektor ini di bentuk oleh sebuah objet berupa kurva dan garis dan vektor akan menampilkan berdasarkan koordinat geometris sebuah gambar tersebut. biasanya bentuk vektor ini serng digunakan dalam pembuatan loggo atau teks, resolusi pada gambar bertipe vektor ini pun mudah di tentukan tanpa mengurangi kualitas dan kehalusan sebuah gambar. jadi jika anda ingin mengedit sebuah photo agar tidak berkurang kualitas gambar dan ketajamannya maka tipe vektor sangat cocok untuk digunakan, namun kurang cocok untuk mengolah sebuah gambar.
  2. Grafik tipe bitmap, tipe ini berhubungan dengan pixel yang di tempatkan pada lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna ersendiri dan keseluruhan akan membentuk sebuah tampilan gambar. tampilan gambar dari grafik bitmap ini mampu mengatur kehalusan dan gradasi sebuah gambar, jadi sangat cocok untuk di gunakan untuk mengolah sebuah photo atau gambar, namun kelemahannya adalah pixel akan berubah jika di perbesar (kotak-kotak) atau jika resolusinya di perkecil, dan hasil dari olahan grafis bitmap ini membutuhkan penyimpanan yang lumayan besar tergantung dari ukuran dan resolusi yang dimilikinya.

Perbandingan antara grafik vektor dan grafik bimap

a. Grafik vektor:
  1. sangat cocok untuk untuk gambar yang mempunyai warna sederhana artinya tidak rumit
  2. tipe ini membutuhkan ruang penyimpanan yang lumayan kecil
  3. Resolusi bisa dikatakan independen
  4. terbentuk dari garis dan kurva yang berdasarkan rumus matematika
b. Grafik Bitmap:
  1. Cocok untuk gambar yang memiliki warna atau gradasi yang rumit
  2. membutuhkan ruan penyimpanan yan lumayan besar
  3. resolusi independent 
  4. terdiri dari kumpulan pixel warna tertentu
Ok demikianlah Macam-macam tipe grafik komputer, semoga anda lebih dapat mengambil sebuah kesimpulan untuk mengembangkan lebih dalam lagi tentang ilmu desain grafis ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapatkan juga tutorial menarik lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam-macam tipe grafik komputer"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top