Cara Membuat Formulir checklist/centang di Word



Jika anda ingin membuat sebuah formulir seperti formulir penerimaan siswa, formulir peserta lomba, formulir pendaftaran pegawai dan lain sebagainya mungkin cara ini sangat penting untuk anda ketahui, karena nantinya akan mengetahui cara membuat sebuah formulir dengan mode seklist/cebtang di microsoft word. dan langsung saja demikianlah langkah-langkahnya:

 Cara Membuat Formulir checklist di Word

  1. Silahkan anda membuat sebuah tabel, sebagai praktik silahkan anda isi jumlah tabel column/kolom dan row/baris sembarang, atau anda isikan nilai 2 saja juga tidak masalah, karena nantinya jika anda menghendaki lebh bisa di tambah juga
  2. Silahkan anda pilih developer pada menu tab kemudian pilih sub menu "control" lalu pilih "lagacy tool"
  3. Pada menu "lagacy forms" silahkan anda pilih "check box form field" jika pada menu tab tidak ada menu tab "Developer" maka anda bisa menambahkannya menu tersebut jadi silahkan anda setting terlebih dahulu agar menu "developer" muncul pada tab menu. Cara menambah tab developer pada excel 
  4. Dari sini selanjutnya kita akan setting pewarnaa, jika anda ingin menghlangkan sebuah warna silver yang terdapat pada ceck tersebut maka silahkan anda pilih pada "Form field shading" yang letaknya di sekitar "Check box form field" tadi
  5. Sekarang silahkan anda mulai untuk menambahkan sebuah chech box lainnya atau cara pintasnya anda bisa menggunakan tombol Ctrl + Y pada Keyboard untuk menambahkan sebuah tabel baris terlebih dahulu.
  6. Jika semua ceck box telah anda anggap cukup sekarang silahkan anda isi data yang anda inginkan tepat di sampingnya ceck box tersebut, misalnya masalah "sudah menikah atau belum, laki-laki atau perempuan dan lain sebagainya

Mengatur tampilan tabel ceck box

Jika anda ingin memperbaiki tabelnya misalnya anda merasa tabel terlalu besar, menghilangkan garis-garis/border pada tabel dan lain sebagainya dengan cara:
  1. Agar tampilan jarak tabel bisa sama silahkan anda arahkan kursor tepat di atas tabel kemudian klik kanan dan pilih "Auto fit" lalu pilih " Auto fit to contens"
  2. Untuk mengatur jarak antara ceck box dengan tulisan data yang anda inginkan maka bisa anda lakukan : letakkan kursort tepat di tabel lalu klik kanan dan pilih " Table properties" dan nantinya akan ada sebuah pop up yang muncul lalu pilih pada menu tab "Table" selanjutnya pilih "Options" dan nantinya akan ada sebuah pop up yang muncul lagi dan disinilah anda bisa mengatur sebuah jaraka antara ceck box dengan tulisan anda, bisa anda isikan .03 menurut selera dan terahir pilih "OK" dan nantinya akan tampil sebuah pop up
  3. Dan sekarang kita akan menghilangkan sebuah garis-garis tabel / border dengan cara silahkan letakkan kursort tepat di area tabel lalu klik kanan dan pilih "border and shading" dan pada "page border" silahkan anda pilh "NONE" pada settingan, yang artinya "kosongkan border" OK. Atau dengan cara yang lain yaitu pada menu tab "Page lay out" silahkan anda pilih "Page border" dan silahkan lakukan hal yang sama.


Cara Mengunci Data

Jika data telah terkunci anda tidak dapat mengeditnya kembali jadi pastikan data anda telah selesai dan benar-benar sempurna tanpa ada sebuah rencana untuk merubah data lagi, adapun langkah-langkah penguncian datanya adalah sebagai berikut:
  1. Periksa spelling pada list apakah ejaan anda sudah benar, dengan cara pilih menu tab "Review" dan pilih spelling & grammar
  2. Silahkan anda pilih "Protect" pada menu tab "Developer" lalu pilih "Protect dokument" dan klik "Restrict formatting and editting"
  3. Pada menu "Editting restrictions" silahkan anda klik Check box "Allow only this of editting in the dokument" kemudian pada navigasi pilih "Filling in the form"
  4. Pada menu " Start enforcement" silahkan anda pilih "Yes, start enforcing protection"  hal ini agar orang-orang tertentu yang bisa membuka sebuah dokument tersebut. dan silahkan anda masukkan "Pasword yang anda harapkan, lalu ulangai password OK. 
    Cara Membuat Formulir checklist di ms word

Cara membuka data/dokument

Jika data telah anda protection/kunci dengan menggunakan pasword maka anda tidak dapat mengeditnya walaupun telah terbuka, dan anda bisa mengeditnya kembali jika protect/penguncian anda hentikan/stop protect, adaapun caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pada menu tab "developer" silahkan pilih "Protect"
  2. Lalu pada "Protect dokument" kemudian pilih "Restrict formatting and editting" dan plih "Stop protection" dan silahkan anda masukkan kembali password yang telah anda buat sebelumnya lalu "OK" Silahkan mengeditnya kembali.

Ok demikianlah tutorial Cara Membuat Formulir checklist/centang di Word, semoga bermanfaat, sampai jumpa salam. jangan lewatkan juga Panduan microsoft word 2007 (Modul Lengkap)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Membuat Formulir checklist/centang di Word"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top