Melihat lokasi bawah jembatan ampera palembang



Palembang adalah kota terbesar di pulau sumatera setelah Medan. Di kota palembang ini terkenal sebuah jembatan yang di beri nama Ampera yang mana ampera adalah kepanjangan dari Amanat Penderitaan rakyat. Sebenarnya awal rencana pembangunan jembatan ini adalah jembatan sungai musi karena memang jembatannya melintasi sungai musi. Namun pada ahirnya di beri nama jembatan soekarno Untuk mengingat perjuangan presiden pertama.

Setelah ada sebuah kekuatan yang melawan soekarno jembatan ini rubah menjadi jembatan Ampera. kemudian datang lagi sebuah usulan penamaan jembatan ampera ini dengan nama jembatan soekarno namun usulan tersebut di tolak oleh masyarakat setempat dan pemerintah dan pada ahirnya hingga ahirnya sampai sekarang bernama jembatan Ampera.

Jembatan ampera ini di bangun untuk menghubungkan antara ulu dan ilir masing-masing 7 ulu dan 16 ilir. sungai musi sebagai pemisah antara ulu dan ilir sehingga dengan adanya jembatan ampera ini kedua daerah tersebut bisa terhubung.

Jembatan ampera memiliki panjang 1117 meter dan tinggi sekitar 63 meter. Sedangkan lebarnya 22 meter. Adapun untuk tinggi dari permukaan air 11.5 meter, pada jembatan ampera ini terdapat 2 menara yang menjulang dengan jarak antara menara 75 meter. Dan untuk berat jembatan mencapai 944 ton demikian saya ambil dari wikipedia.

Pada jembatan ampera ini juga terdapat 2 bandul di antara menara untuk mengangkat jembatan yang berada ditengah agar kapal yang besar dan tinggi bisa melintasinya. Namun pada tahun 1970 an pengangkatan jembatan tersebut sudah tidak lagi dioperasikan karena dinilai sangat mengganggu jalur transpirtasi sehingga karena bandul sudah tidak dipakai lagi maka kedua bandul tersebut dilepas.

Jika anda ingin lebih dekat melihat sekitar lokasi bawah jembatan maka demikian saya bagikan photo-photo hasil jepretanku serta hasil screenshot dari vidioku:

sekitar bawah jembatan ampera palembang

Diatas adalah sebuah lokasi tepat di bawah jembat ampera palembang sebelah kiri jika dari arah masjid agung, terlihat beberapa kapal yang siap mengangkut penumpang yang membutuhkannya.

Melihat lokasi bawah jembatan ampera palembang

dan pada gambar diatas tepat pada kanannya

lokasi bawah jembatan ampera palembang

Terlihat sungai musi pada saat banjir


Dan jika yang ini terlihat dari sebrangnya tapat yang terlihat dari kiri pada gambar diatas


jika terlihat dari bawah sungai musi seperti pada gambar diatas.


Jika semakin dekat akan lebih terlihat secara jelas kegagahan jembat ampera palembang.


gambar jembat ampera terlihat sangat dekat


Dan jika anda kecapean anda bisa istirahat di cafe-cafe yang telah terdedia di sekitar jembatan seperti pada gambar diatas


Dari kantin/cafe sempat saya ambil lokasinya seperti gambar di atas


Dan inilah petualangnya sedang exist heh. Dari kanan jembatan jika anda dari arah masjid agung palembang.

Ok demikianlah sharing jalan-jalan kami saat di jembatan ampera palembang. Semoga terhibur. Jangan lewatkan juga jalan-jalan ke wisata bukit botak, bukit cogong di musi rawas

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Melihat lokasi bawah jembatan ampera palembang"

Kerenn bisa kesana.. semoga bisa ada kesempatan ngunjungi jembatan yg paling bagus di palembang

Anda sebagai "hotel di palembang" kok malah belum pernah ke ampera.. aneh kan? Heh

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top